Home » » Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 1

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 1

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 7 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Subtema 1
Kompetensi Dasar
3.9Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9
Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) besertaartinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

Pembelajaran 1
Mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar
Praja Muda Karana disingkat menjadi Pramuka. Pramuka memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Anggota pramuka berusia 7-10 tahun dinamakan pramuka siaga.

Anggota pramuka dilatih untuk mencitai negara Indonesia. Anggota pramuka dikenalkan dengan bendera dan lambang negara Indonesia. Anggota pramuka juga dilatih untuk lebih mengenal pramuka. Anggota pramuka juga dikenalkan dengan lambang gerakan pramuka.

Tuliskan apa yang kamu ketahui dari kata-kata berikut ini !
No.IdentitasPenjelasan
1.Bahasa IndonesiaBahasa persatuan bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia
2.Indonesia RayaLagu kebangsaan Indonesaia adalah lagu Indonesia Raya
3.Merah PutihBendera Indonesia adalah sang saka merah putih
4.Garuda PancasilaLambang negara republik Indonesia adalah burung Garuda Pancasila
5.Tunas KelapaLambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa
Lambang digunakan sebagai identitas.

Pembelajaran 2
Menceritakan kembali informasi terkait lambang negara dengan benar
Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi negara.

Lambang burung Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara kita juga harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat.

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher, syap dan ekor memiliki sejumlah bulu. Garuda mencengkeram pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika.

Tuliskan kembali informasi tentang lambang negara berdasarkan bacaan tersebut !
Garuda Pancasila

Pembelajaran 3
Menceritakan kembali informasi terkait lambang negara dengan benar
Syair lagu Garuda Pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot artinya siap berjuang dan rela berkorban untuk negara.

Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu bangsa Indonesia harus terus maju dan pantang mundur.

Temukan arti dari syair lagu Garuda Pancasila dan tuliskan
Syair LaguArtinya
Garuda pancasila, akulah pendukungmuWarga negara Indonesia mencintai negara dan mengenal baik lambang negaranya
Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmuWarga negara Indonesia siap membela/ menegakkan/ melindungi ideologi pancasila.
Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosaMengakui Pancasila sebagai dasar negara dan siap melaksanakan nilai-nilai Pancasila untuk menjadikan rakyat Indonesia hidup makmur sentosa.
Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju majuSebagai warga negara Indonesia akan terus maju dan tidak mudah menyerah.

Pembelajaran 4
Mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar
Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila, Masing-masing warna memiliki arti tertentu.
  1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
  2. Warna hitam memiliki arti keabadian.
  3. Warna merah memiliki arti keberanian.
  4. Warna hijau memiliki arti kesuburan dan kemakmuran.
  5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran.

Setiap warna pada lambang negara mempunyai arti khusus. Arti dari suatu lambang menunjukkan cita-cita dan ciri-ciri tertentu.

Pembelajaran 5
Mengindentifikasi informasi terkait lambang pramuka dengan benar
Sekarang coba kalian perhatikan gambar-gambar di bawah ini!
Lambang Pramuka
Gambar tersebut merupakan lambang pramuka beberapa daerah di Indonesia. Gambar lambang pramuka setiap daerah berbeda-beda. Keberagaman tersebut sesui dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki setiap daerah. Meskipun demikian tujuan semua anggota pramuka di Indonesia sama.

Keberagaman lambang pramuka ini sesuai dengan semboyan negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata "tunggal berarti "satu". Kata ika berarti juga. Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah "Berbeda-beda tetapi tetap satu juga."

Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan bacaan sebelumnya !
  1. Semboyan negara Indonesia adalah (Bhinneka Tunggal Ika)
  2. Semboyang tersebut dapat kita lihat di ( pita yang dicengkeram burung garuda pada lambang negara Garuda Pancasila)
  3. Arti kata Bhinneka adalah (beraneka ragam)
  4. Arti kata Tunggal adalah (satu)
  5. Arti kata Ika adalah (juga)
  6. Arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah ( Berbeda-beda tetapi tetap satu juga)

Pembelajaran 6
Mengindentifikasi informasi terkait lambang pramuka dengan benar

Penggunaan Tanda/Atribut Pramuka Siaga Putri
Tanda Barung Putri
Berikut ini informasi berdasarkan gambar mengenai atribut seragam siaga putri :
  1. Tanda Tutup Kepala; Berbentuk lingkaran (putri) dan jajargenjang (putra) dengan warna dasar hijau. Dipasang di topi pramuka bagian depan.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM); Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sedang untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.
  3. Tanda Pelantikan; Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sedang untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama; Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi Kwarcab; Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.
  6. Tanda Gugusdepan; Memuat nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri, nomor gudepnya genap dan untuk putri nomornya ganjil.
  7. Lencana / Badge Daerah; Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga; Berbentuk segitiga terbalik. Baik pada putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan (selendang) TKK.
  9. Tanda Jabatan; Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. baik pada putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
  11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga; Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Perhatikan kembali lambang negara Garuda Pancasila ! Amati bagian yang memiliki warna merah, kuning, hijau, dan hitam. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini !
No.WarnaBagian
1.MerahBagian kanan atas dan kiri bawah perisai
2.PutihBagian kiri atas dan kanan bawah perisai dan pada pita yang dicengkeram burung Garuda
3.KuningBagian kepala, lambang bintang, lambang rantai, sayap, kaki dan Ekor burung Garuda
4.HijauBagian lambang pohon beringin
4.HitamGambar kepala banteng dan dasar bagian tengah perisai.

Demikian penjelasan mengenai Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 1. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.