Home » » Rangkuman Materi PPKn Kelas 3 Tema 8 Subtema 4

Rangkuman Materi PPKn Kelas 3 Tema 8 Subtema 4

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda karana khususnya muatan pelajaran PPKn. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi matematika tematik tema 7 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan PPKn Tema 8 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Kompetensi Dasar
4.1Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

Pada pembelajaran tematik Tema 8 Subtema 4 dibahas mengenai arti lambang negara. Simak penjelasannya berikut ini.

Pembelajaran 1 Subtema 3
Pancasila adalah  dasar negara Indonesia. Hal ini berarti Pancasila dijadikan sebagai pedoman atau dasar untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Pancasila terdiri atas dua suku kata, yaitu 'panca' dan 'sila'. Panca artinya lima dan sila artinya dasar. Jadi, Pancasila adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kelima sila Pancasila tersebut mengandung nilai-nilai atau sikap yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara yang baik, harus melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila, terutama dalam kehidupan bermasyarakat. Ada banyak sikap yang merupakan pengamalan sila-sila Pancasila yang bisa diterapkan setiap warga negara Indonesia.

Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam. Sila ketiga berpesan agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia.
Garuda Pancasila

Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah.

Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan ini menunjukkan sikap pengamalan Pancasila. Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan! Tuliskan bunyi dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!
Sikap/PerilakuPengamalan dari Sila Pancasila
LambangBunyi
Berdiskusi menentukan program.Kepala BantengKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Bekerja sama mengerjakan tugasPohon BeringinPersatuan Indonesia
Memberi kesempatan semua berpendapatPadi dan KapasKeadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mengerjakan semua tugas dengan
bertanggung jawab
BintangKetuhanan yang maha esa
Membagi tugas dengan rata dan sesuai dengan keahlian.RantaiKemanusiaan yang adil dan beradab

Pembelajaran 4
Perhatikan beberapa peraturan perpustakaan berikut ini! Adakah kaitan aturan tersebut dengan sikap pengamalan sila Pancasila? Sebutkan bunyi dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan aturan tersebut! Berikan pula alasannya!

1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengembalikan buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan artinya memberi kesempatan yang sama untuk yang lain
2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengganti buku yang rusak sama dengan memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain
3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menjaga ketertiban agar anggota perpustakaan lain dapat memanfaatkan perpustakaan dan dapat memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain
4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Hal itu sesuai dengan pengamalan sila Pancasila. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia

Pembelajaran 5 Subtema 4
Mengadakan Kegiatan Amal. Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak anak-anak berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang menerima sumbangan barang bekas. Barang bekas akan digunakan untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih bisa digunakan dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.

Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau tempat yang membutuhkan.

Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang
diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.

Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik.
Kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah contoh sikap pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
NoSila PancasilaContoh Sikap
1Sila pertama
Ketuhanan yang Maha Esa
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2Sila kedua
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Menolong teman yang sedang mengalami kesusahan
3Sila ketiga
Persatuan Indonesia
Bekerja sama dan saling menolong
4Sila keempat
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Mendamaikan teman yang sedang berselisih
4Sila kelima
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Membagi tugas secara adil kepada
semua anggota kelompok

Pembelajaran 6 Subtema 4
Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya menanam pohon dan merawat tanaman. Selain itu menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut membuat lingkungan tetap nyaman dan bersih.

Jika lingkungan bersih, hidup pun akan lebih sehat. Membuang sampah pada tempatnya termasuk kegiatan menjaga lingkungan. Ajaklah selalu teman-temanmu untuk membuang sampah pada tempatnya. Ajaklah untuk mengurangi penggunaan plastik. Plastik termasuk bahan yang sulit dihancurkan tanah. Ajaklah teman-temanmu ikut serta menanam tanaman di lingkungannya. Ajak pula untuk merawat tanaman tersebut.

Mencintai lingkungan termasuk sikap pengamalan sila Pancasila. Peduli lingkungan berarti peduli dengan makhluk ciptaan Tuhan. Bergotong royong menjaga lingkungan merupakan pengamalan sila Pancasila.

Menjaga lingkungan berarti menjaga negara Indonesia. Menjaga kekayaan negara Indonesia dan menjaga rakyatnya. Selalu menjaga keutuhan negara Indonesia dari kerusakan.

Baca dan diskusikanlah bersama teman-temanmu! Tentukan sila Pancasila yang sesuai dengan perilaku tersebut! Beri tanda centang pada kolom yang sesuai! Kamu bisa memberi centang lebih dari satu di setiap perilaku!
NoPenyataanPengamalan Sila Ke
12345
1Merawat tanaman dengan rutin.---
2Bersama-sama dengan teman melaksanakan kegiatan penghijauan---
3Selalu membuang sampah pada tempatnya---
4Berbagi dengan teman yang membutuhkan---
5Peduli kepada teman yang sedang sedih.---

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Materi PPKn Kelas 3 Tema 8 Subtema 4. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:08 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.