Home » » Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 2

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 2

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Subtema 2
Kompetensi Dasar
3.9Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9
Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) besertaartinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

Pembelajaran 1
Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca
Aku Anak Mandiri
Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.

Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.

Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan bacaan !
  1. Apa yang dimaksud dengan anak mandiri ? (Anak mandiri adalah anak yang selalu berusaha mengerjakan semua kegiatan tanpa bantuan orang lain)
  2. Apa saja kegiatan yang dapat aku lakukan secara mandiri?(Kegiatan yang sudah dapat dilakukan secara mandiri adalah menyiapkan peralatan pramuka, mengenakan pakaian, dan menyiapkan peralatan sekolah.)
  3. Apa saja nama-nama kelengkapan seragam pramuka?( Nama-nama kelengkapan seragam pramuka adalah baju atasan, rok atau celana, tutup kepala, setangan leher, ikat pinggang, kaus kaki, sepatu, dan tanda pengenal)
  4. Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?

Berilah tanda centang (√) pada kolom yang tepat !
No.KegiatanDilakukan secara Mandiri
YaTidak
1.Memakai baju-
2.Memakai kaos kaki-
3.Memakai sepatu-
4.Mengikat tali sepatu-
5.Mengenakan ikat pinggang-
6.Menyiapkan peralatan sekolah-
7.Merapikan kamar-

Apa saja persamaan seragam sekolah dengan seragam pramuka?
Apa saja perbedaan seragam sekolah dengan seragam pramuka?
PersamaanPerbedaan
Memiliki badge nama peserta didikWarna dasar seragam sekolah merah putih, sedangkan pramuka coklat muda dan coklat tua
Memiliki lambang/logoSeragam pramuka memiliki badge daerah dan jabatan, seragam sekolah tidak memiliki.
Memiliki kelengkapan penutup kepalaPenutup kepala seragam sekolah berupa topi, penutup kepala pramuka berupa baret
Bagian bawah seragam berupa rok dan celanaRok dan celana seragam sekolah berwarna merah hati, rok dan celana seragam pramuka berwarna cokelat tua.
Memiliki kelengkapan pada bagian leherSeragam sekolah menggunakan dasi, seragam pramuka menggunakan setangan leher

Pembelajaran 2 Subtema 2
Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
Anggota pramuka harus mengenal tanda pramuka. Anggota pramuka harus mengetahui letak tanda pramuka. Anggota pramuka berlatih mengenal tanda pramuka melalui kegiatan berdiskusi. Buatlah cerita berdasarkan gambar tersebut!
Pramuka siaga SD Cerdas sedang berlatih mengenal tanda pramuka. Seluruh anggota barung mengamati seragam pramuka siaga. Setelah mengamati mereka berdiskusi mengenai letak tanda pramuka. Pengetahuan tentang letak tanda pramuka sangat penting bagi pramuka siaga.

Tanda Pandu Dunia (WOSM); Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sedang untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.

Tanda Pelantikan; Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sedang untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

Papan Nama; Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

Tanda Lokasi Kwarcab; Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.

Tanda Gugusdepan; Memuat nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri, nomor gudepnya genap dan untuk putri nomornya ganjil.

Lencana / Badge Daerah; Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga; Berbentuk segitiga terbalik. Baik pada putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan (selendang) TKK.

Tanda Jabatan; Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. baik pada putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.

Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga; Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Pembelajaran 3 Subtema 2
Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca
Mandiri Mengerjakan Pekerjaan Rumah
Udin anggota pramuka yang rajin dan mandiri. Udin selalu merapikan kamar tidur sendiri. Udin mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.

Udin juga menyiapkan peralatan sekolah secara mandiri. Udin juga rajin membantu orang tua. Udin sudah dapat membersihkan rumah. Udin juga suka membantu pekerjaan Ibu di dapur. Udin juga sudah dapat menjahit atribut pramuka dengan bantuan Ibu. Udin cakap dan mandiri melakukan berbagai kegiatan.

Udin mendapat tanda khusus karena cakap dalam berbagai bidang. Tanda kecakapan khusus merupakan salah satu tanda pengenal pramuka. Selain tanda khusus, ada juga tanda umum. Tanda umum digunakan oleh seluruh anggota pramuka.

Tanda umum pramuka diantaranya; tanda tutup kepala dan tanda pelantikan. Ada juga setangan leher, tanda harian, tanda WOSM atau tanda pramuka sedunia.

Ada berbagai macam tanda kecakapan khusus (TKK). Tanda kecakapan khusus wajib sepuluh buah. Berikut ini sepuluh tanda kecakapan khusus
TKK
Tanda kecakapan khusus diberikan untuk menambah semangat anggota pramuka. Tanda kecakapan khusus bertujuan untuk melatih keterampilan serta kemandirian.

Perhatikan kembali bacaan di atas.
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan bacaan!

1. Lingkari tanda kecakapan khusus yang sudah dimiliki Udin!
TKK
2. Lingkari gambar yang termasuk tanda kecakapan khusus!
TKK KHUSUS
3. Lingkari gambar yang termasuk tanda kecakapan umum!
TKU
Sekarang perhatikan gambar Siti berikut!

Pembelajaran 4 Subtema 2
Menulis manfaat pohon kelapa
Anggota pramuka harus menjadi orang yang taat terhadap Tuhan. Taat beribadah termasuk sikap pengamalan sila pertama Pancasila. Mencintai dan menjaga makhluk ciptaan Tuhan juga pengamalan sila pertama Pancasila.

Memanfaatkan tanaman dengan cara yang baik termasuk menjaga makhluk ciptaan Tuhan. Misalkan memanfaatkan pohon kelapa. Beberapa manfaat pohon kelapa adalah sebagai berikut.
Manfaat Tanaman Kelapa
Pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Batang pohon kelapa tinggi dan daunnya lebar. Daunnya melambai-lambai ditiup angin. 

Pembelajaran 5 Subtema 2
Mengidentifikasi informasi pada bacaan
Siti berlatih agar dapat menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.

Edo berlatih agar dapat membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan rumah bersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan kaca meja.

Lani berlatih agar dapat memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani memperhatikan cara ibu memasak.

Udin berlatih agar dapat menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank. Semua anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semua anak menjadi orang yang mandiri.

Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri.
Siti dan Lani
Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas! Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?

Tanda pengenal anda pengenal yang ada pada seragam pramuka yang dikenakan Lani dan Siti adalah tanda jabatan, tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.

Apa saja persamaan dan perbedaannya?
Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!
PersamaanPerbedaan
Tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.Perbedaan: tanda jabatan

Pembelajaran 6 Subtema 2
Mengidentifikasi informasi pada bacaan
Perhatikan gambar berikut!
Berkemah
Beri tanda centang (✔) pada tanda pramuka yang dapat kamu temukan pada gambar sebelumnya!
Beri tanda centang (✔) pada tanda kecakapan khusus yang bisa diterima anggota pramuka pada gambar sebelumnya!

Buatlah cerita singkat berdasarkan gambar tersebut!
Pramuka siaga SD Cendekia akan mengadakan kegiatan berkemah. Semua anggota barung mengerjakan tugasnya masing-masing. Beberapa orang anggota mendirikan tenda dengan bantuan Yanda dan Bunda. Anggota barung perempuan membantu yanda menyiapkan makanan. Mereka saling bekerja sama sehingga kegiatan berjalan dengan lancar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.