Home » » Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama Manusia dalam kehidupannya selalu bekerjasama dengan orang lain. Disadari atau tidak, hidup manusia akan berjalan apabila ada kerjasama satu sama lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kerjasama sering diartikan dengan gotong royong. Gotong royong sendiri berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Aktivitas gotong royong ini terdapat unsur kerjasama yang dapat dilaksanakan dalam berbagai lingkungan kehidupan, mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat.

A. Kerjasama dalam Kehidupan Sekolah
Kehidupan di sekolah merupakan bentuk miniatur dalam kehidupan bermasyarakat, oleh sebab itu nilai-nilai yang berkembang di sekolah pun banyak yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dibentuk dan berjalan karena adanya kerjasama semua pihak.

Di sekolah kerjasama dilaksanakan didasarkan rasa saling membantu dan saling menyayangi. Mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staf, komite sekolah, dan tentu saja peserta didik saling membantu dan saling menyayangi. Cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah, dapat dilaksanakan, dengan cara sebagai berikut.
  1. Tentukan visi dan misi sebagai tujuan bersama sebuah sekolah. Semua warga sekolah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan bersama tersebut.
  2. Berpartisipasi secara aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah.
  3. Laksanakan aturan sekolah sehingga membentuk sekolah tersebut menjadi sekolah yang tertib.
  4. Selalu bekerjasamadengan peserta didik lain.
  5. Tidak membuat masalah di kelas.
  6. Saling percaya sehingga terhindar dari konflik.
  7. Saling menghargai dan memberikan penghargaan. Kehidupan di sekolah akan semakin baik apabila seluruh peserta didik dapat saling menghargai.
  8. Mengucapkan terimakasih ataupun memuji teman akan meningkatkan rasa pertemanan di sekolah.

B. Kerjasama dalam Kehidupan Masyarakat
Bentuk-bentuk hubungan kerja sama dalam lingkungan masyarakat, yaitu diantaranya peserta didik ikut serta dalam kegiatan masyarakat, misalnya dalam kegiatan kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi, dan sebagainya.
Bazar Sekolah
Sekolah secara khusus juga dapat melakukan kerjasama dengan masyarakat misalnya dalam bentuk adanya program baksos (bakti sosial) untuk masyarakat yang kurang mampu ataupun yang terkena musibah/ bencana, kegiatan bazar sekolah dengan memamerkan hasil karya peserta didik, termasuk pementasan karya tulis, karya seni dan karya keterampilan pada saat HUT RI dengan melibatkan masyarakat.

C. Kerjasama dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Dalam lingkungan berbangsa dan bernegara banyak sekali kegiatan yang memerlukan kerjasama agar kegiatan itu dapat berjalan lancar, terasa lebih mudah serta berhasil. Mewujudkan kerjasama antarsesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
  1. Warga negara bekerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan nasional dengan membayar pajak.
  2. Menyelenggarakan peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional yang diatur oleh pemerintah.
  3. Berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program-program dari pemerintah.

Aktivitas 5.3
Kerjasama dalam pergaulan remaja pada saat ini sangat beragam bentuknya. Termasuk dalam media sosial seperti facebook dan twitter. Jelaskan di depan kelas oleh kalian bagaimana etika dan aturan dalam penggunaan media sosial agar memperkuat rasa persatuan diantara kalian semua. Mintalah tanggapan dari teman kalian.

Etika dan aturan bermedia sosial yang baik dan benar antara lain sebagai berikut :
  1. Menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif seperi menulis artikel yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan..
  2. Menghindari menggunakan media sosial untuk menyebarkan fitnah atau menyebarkan berita bohong.
  3. Menyaring berita di medial sosial agar tidak terhasut berita yang salah.
  4. Mengecek kebenaran berita sebelum menyebarkan kepada pengguna media sosial lainnya
  5. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat berkomunikasi.
  6. Menggunakan bahasa yang sopan, dan tidak menyinggung orang lain.
  7. Mengajak teman untuk tetap mencintai tanah air Indonesia.
  8. Jangan terburu-buru untuk menghujat atau mengejek orang lain sebelum tahu kebenarannya.
  9. Menghindari menggunakan kata kasar, provokatif, porno ataupun SARA;
  10. Memberikan komentar yang relevan dan wajar pada postingan teman

Aktivitas 5.4
Tuliskan bentuk-bentuk kerjasama dan gotong royong yang telah kalian lakukan di sekolah, lingkungan pergaulan dan di masyarakat.
No.Bentuk kerja Sama/Gotong RoyongMakna Buat PribadiMakna Buat Kelompok/Masyarakat
1.Membersihkan selokan/gorong-gorongKepuasan batin telah mampu berbagi untuk sesamaSaluran air di lingkungan masyarakat lancar sehingga tidak ada banjir.
2.Membersihkan ruangan kelasKita akan merasakan kepuasan batin ketika melihat kebersihan dan keindahan ruang kelasSemua siswa merasa nyaman belajar dan akan lebih mudah memahami materi
3.Mengerjakan tugas kelompokMendapat kepuasan pribadi dapat berperan dalam mengerjakan tugas kelompokMasing-masing anggota kelompok saling mengasah wawasan dengan bertukar pikiran dalam kelompok
4.Menjaga keamanan lingkungan sekitar (RT/RW)Merasa bangga dapat berperan menjaga lingkungan sekitarMeningkatkan rasa kewaspadaan, solidaritas dan rasa kekeluargaan warga masyarakat
5.Membayar PajakMerasa puas dapat berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.Pembangunan nasional dapat berjalan dengan baik dan merata.

Demikian pembahasan mengenai Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.