Home » » Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Sebagai bangsa Indonesia, setiap warga negara harus memahami makna yang terkandung dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Meskipun berbeda-beda, setiap warga negara harus tetap kerja sama bersatu padu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan bangsa untuk mewujudkan cita-cita nasional yakni negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Arti penting kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam pergaulan di masyarakat, setiap warga negara harus menjauhkan diri dari perilaku eksklusivisme. Sikap eksklusivisme dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa karena membuat kelompok sendiri tanpa mau melakukan kerja sama dengan warga negara lainnya dalam berbagai bidang kehidupan untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Perilaku yang menunjukkan mencintai persatuan dan kesatuan harus tampak dalam kehidupan kita sehari-hari. ”Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” merupakan suatu ungkapan yang menyatakan betapa besarnya arti persatuan dan kesatuan. Apabila bersatu padu, kita tidak hanya teguh dalam arti lebih kuat dalam menghadapi permasalahan, tetapi juga mampu menyelesaikan persoalan yang tidak dapat kita selesaikan sendiri.

Berikut ini adalah wujud kerjasama dalam berbagai lingkungan , yaitu antara lain:

Kerjasama dalam Kehidupan Sekolah
  1. Melaksanakan tugas piket kelompok.
  2. Menjadi petugas upacara dengan teman sekelas.
  3. Bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah.
  4. Mengerjakan tugas kelompok 

Kerjasama dalam Kehidupan Masyarakat
  1. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.
  2. Perayaan hari-hari besar keagamaan.
  3. Melaksanakan kegiatan ronda malam untuk menjaga keamanan lingkungan.
  4. Saling membantu saat anggota masyarakat ada yang mengadakan acara.

Kerjasama dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
  1. Warga negara bekerjasama dengan pemerintah dalam pembangunan nasional melalui pembayaran pajak.
  2. Menyelenggarakan hari besar keagamaan dan hari besar nasional yang diatur pemerintah.
  3. Berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program-program dari pemerintah.

Kehidupan sosial yang tertib dan tentram hanya dapat dicapai melalui kerja sama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan. Keluarga yang utuh terbentuk karena adanya kerja sama antaranggota keluarga untuk bersatu padu mewujudkan keharmonisan. Hubungan dan ikatan keluarga akan terjalin utuh apabila kita semua menjadi bagian tak terpisahkan didalamnya. Keluarga yang menjunjung persatuan dan kesatuan akan menciptakan rasa aman, tentram, dan damai.
Gotong Royong
Dalam kehidupan masyarakat, semangat persatuan dan kesatuan sangat diperlukan. Kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat akan melahirkan kehidupan masyarakat yang bersatu dalam kerukunan dan keharmonisan bersama. Meskipun masyarakat terdiri atas orang-orang yang beragam, dalam masyarakat kita menjadi bagian keluarga besar yang memiliki semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam hidup bermasyarakat.

Selain memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, arti penting kerja sama dalam berbagai kehidupan di negara Indonesia bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara diantaranya sebagai berikut.
  1. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan.
  3. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.
  4. Menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat di selesaikan.
  5. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam bekerja

Aktivitas 5.2
Lakukanlah wawancara dengan tokoh masyarakat di lingkungan tempat tinggal kalian tentang pelaksanaan gotong royong yang masih berlaku di masyarakat. Gunakan format wawancara yang telah kalian siapkan. Mulailah dengan mengamati bentuk gotong royong yang ada di masyarakat, tentukan tokoh masyarakat yang akan menjadi narasumber, susunlah daftar pertanyaan, lakukan wawancara dengan narasumber, susun hasil wawancara dalam bentuk laporan wawancara, serta sajikan di depan kelas. Tugas ini dilakukan secara kelompok. Buatlah laporan hasil wawancara kalian secara lengkap dan menarik. Kumpulkan pada guru kalian.

Laporan Tugas Wawancara Pelaksanaan Gotong Royong
Kelompok:Kelompok 3
Anggota:Udin, Beni, Lani, Siti
Narasumber:Bapak Haris Sarnoto (Ketua RW)
Tempat Wawancara:Desa Lumbir
Tanggal Wawancara:10 Maret 2022
Pertanyaan:
  1. Apa arti gotong royong ?
  2. Apa manfaat gotong royong bagi masyarakat?
  3. Apa tujuan diadakan gotong royong?
  4. Berapa kali masyarakat di sekitar ini melakukan gotong royong ?
  5. Apakah masyarakat disekitar sini melakukan gotong royong dengan tingkat kesadaran yang tinggi ?
  6. Bagimana cara bapak membangun semangat gotong royong masyarakat didaerah ini ?
  7. Apakah pendapat warga disekitar sini tentang dadakannya gotong royong ?
  8. Apakah kegiatan gotong royong bermanfaat bagi masyarakat di sekitar sini ?
  9. Bagimana kiat bapak dalam mempertahankan kegiatan ini ?
  10. Kegiatan apa saja yang dilakukan masyarakat dalam bergotong royong ?
Jawaban:
  1. Menurut beliau gotong royong adalah kerja sama yang dilakukan sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan.
  2. Manfaat gotong royong bagi masyarakat adalah untuk meringankan pekerjaan serta mempererat persatuan dan kesatuan warga.
  3. Tujuan utama melakukan gotong royong adalah emperkuat dan menjalin persaudaraan, menumbuhkan sikap saling tolong menolong, dan mempererat rasa persatuan.
  4. Menurut beliau warga masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong sesuai dengan kebutuhan. Bisa saja dalam satu bulan mereka melakukan lebih dari satu kali kegiatan gotong royong.
  5. Menurut beliau warga desa Lumbir melaksanakan kegiatan gotong royong dengan kesadaran yang tinggi. Setiap kegiatan selalu dihadiri oleh warga.
  6. Cara membangun semangat gotong royong dalam masyarakat adalah dengan menjadi suri tauladan, yaitu dengan selalu hadir pada kegiatan tersebut.
  7. Menurut warga kegiatan gotong royong sangat bermanfaat dan perlu terus dilestarikan akan kerukunan antar warga tetap terjaga.
  8. Untuk melestarikan kegiatan gotong royong dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya kegiatan gotong royong.
  9. Kegiatan yang dilakukan warga dengan gotong royong antara lain membersihkan tempat-tempat umum seperti jalan, tempat ibadah, serta kegiatan hajatan.

Demikian pembahasan mengenai Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:08 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.