Home » » Laporan Percobaan Campuran Homogen dan Heterogen

Laporan Percobaan Campuran Homogen dan Heterogen

Pada Pembelajaran Kelas V semester dua pada pembelajaran Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran). KD 4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari. Materi yang dibahas pada pembelajaran tersebut adalah zat tunggal dan zat campuran. Simak pembahasannya berikut ini.

Amatilah gambar hasil karya Udin, Siti, dan Edo berikut ini!
Minuman
1. Air mineral dalam kemasan botol yang digambar Udin.
Air mineral merupakan materi berbentuk cairan. Air mineral termasuk zat tunggal yang berupa senyawa. Air mineral tidak memiliki rasa dan bau. Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia membutuhkan 8 liter air mineral dalam satu hari satu malam. Air mineral “AQUADA” membantu kita mencukupi kebutuhan tubuh akan 8 liter air.

2. Minuman ringan manis yang digambar Siti.
Minuman ringan manis sama dengan air mineral. Minuman ringan manis adalah materi yang berbentuk cairan. Akan tetapi, minuman ringan manis bukan zat tunggal, minuman ringan manis merupakan zat campuran homogen.

3. Secangkir Kopi tumbuk yang digambar Edo.
Secangkir kopi sama dengan minuman ringan. Secangkir kopi adalah materi yang berbentuk cairan dan merupakan zat campuran. Akan tetapi, secangkir kopi tumbuk bukan zat campuran homogen seperti minuman ringan manis, melainkan zat campuran heterogen.

Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.

1. Zat Tunggal
Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
  1. Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.
  2. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. Contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.

2. Zat Campuran
Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.
  1. Zat Campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. Contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).
  2. Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. Contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.

Buatlah kesimpulan tentang materi berdasarkan uraian di atas. Buatlah kesimpulan dalam bentuk bagan tentang materi lengkap dengan jenis materi berdasarkan komponen penyusunnya beserta contohnya. Bentuk bagan seperti contoh berikut.
Peta Pikiran Klasifikasi Materi
Coba sekarang lakukan percobaan di bawah ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil percobaanmu tuliskan perbedaan perbedaan antara zat campuran homogen dan campuran heterogen. Setiap kelompok membuat dua percobaan. Untuk melakukan dua percobaan, anggota kelompok dibagi dua. Dua percobaan yang harus dilakukan setiap kelompok yaitu membuat larutan air gula dan air kopi. Adapun bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

1. Peralatan
a. Gelas plastik transparan
b. Sendok plastik

2. Bahan
a. Air
b. Gula putih
c. Kopi bubuk

Langkah-langkah percobaan sebagai berikut.
  1. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk gula hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  2. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk kopi hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  3. Bandingkan hasil kedua larutan bersama teman satu kelompokmu.
  4. Buat laporan hasil percobaanmu dengan menuliskan hal-hal berikut. a. Nama anggota kelompok, b. Percobaan yang dilakukan., c. Alat dan bahan yang digunakan., d. Hasil percobaan.
  5. Presentasikan laporan yang kalian buat di depan kelompok lain. Kemudian, kumpulkan hasil laporan kepada Bapak/Ibu Guru.
Laporan Kegiatan Percobaan Campuran Homogen dan heterogen
Anggota Kelompok:Udin, Lani, Dayu, Edo, Siti, Beni, dan Melli
Tujuan Percobaan:Mengetahui perbedaan campuran homogen dan heterogen
Alat dan bahan:
  1. Gelas plastik transparan
  2. Sendok plastik
  3. Air
  4. Gula putih
  5. Kopi bubuk
Langkah-langkah:Langkah-langkah Percobaan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan.
  3. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air.
  4. Aduk gula hingga larut dalam air.
  5. Diamkan beberapa saat.
  6. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan.
  7. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air.
  8. Aduk kopi hingga larut dalam air.
  9. Diamkan beberapa saat.
  10. Amatilah yang terjadi pada kedua gelas tersebut!
Hasil Percobaan:Dari percobaan pertama dan kedua terdapat perbedaan antara larutan gula dan larutan kopi :
  1. Sifat larutan gula: tercampur sempurna dan tidak mengendap setelah didiamkan beberapa saat.
  2. Sifat larutan kopi: tidak tercampur sempurna dan mengendap setelah didiamkan beberapa saat.
Kesimpulan:Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa Larutan gula merupakan zat campuran homogen, sedangkan larutan kopi merupakan zat campuran heterogen

Sementara itu, Siti sibuk menyiapkan berbagai minuman. Inilah minuman yang dibuat Siti.
Campuran


  1. Air dalam gelas pada gambar hanya terdiri atas satu zat, yaitu air mineral. Air dalam gelas tersebut tidak berubah rasa dan tidak berubah bentuk. Oleh karena itu, air putih dalam gelas tersebut merupakan zat tunggal.
  2. Segelas es teh yang dibuat Siti merupakan zat campuran heterogen. Contoh campuran heterogen adalah teh dengan air. Selain itu, ada perasan jeruk nipis dan es.
  3. Segelas kopi yang dibuat Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi, yaitu air, gula putih, dan bubuk kopi. Perhatikan dasar gelas pada adonan kopi tersebut. Dalam dasar gelas tampak adanya endapan kopi yang tidak larut sempurna dengan air dan gula. Berdasarkan ciri adonan kopi tersebut dapat kamu pahami bahwa air kopi termasuk zat campuran heterogen.
  4. Segelas teh manis yang dibuat Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi yaitu air, teh, dan gula putih. Perpaduan antara air, gula, dan teh pada gelas tampak tercampur merata atau sempurna. Materi (air, teh, dan gula putih) tidak memisah. Berdasarkan ciri teh manis tersebut dapat kamu pahami bahwa teh manis termasuk zat campuran homogen.

Diskusikan dengan teman satu kelompokmu untuk mencari contoh lain materi yang termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, dan zat campuran heterogen. Berikan alasan mengapa materi tersebut termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, atau zat campuran heterogen. Setiap kelompok minimal membuat lima contoh materi. Buatlah laporan hasil diskusi kelompokmu.

Laporan Hasil Diskusi
Anggota Kelompok:Wawan, Siti, Dayu, Iwan, Made, Budi
Hasil diskusi:
Materi:
1, Zat Tunggal
Contoh zat tunggal diantaranya : Tembaga, Berlian, Gula murni, Garam dapur, Baking soda, Besi, Air, Emas murni (24 karat), Sulfur (Belerang), dan Timah.

Alasan :
Karena komposisinya konstan/tetap dan memiliki sifat yang sama (konsisten) di seluruh bagiannya

2. Zat Campuran Homogen
Contoh zat campuran homogen antara lain :Kuningan, Stainless stell, Tenol, Cuka, Baja, Air garam, Sirop, Udara Perunggu.

Alasan :
Karena tidak terlihat lagi batas-batas antara zat-zat yang dicampurkan

3. Zat Campuran Heterogen
Contoh zat campuran heterogen diantanya : Campuran kapur dan pasir, Adonan cor beton, Pizza<, Air kapur, Air Kopi, Es dawet, Es campur.

Alasan :
Karena masih terlihat bidang batas antara zat-zat yang tercampur tersebut

Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.
Air Sirop
  1. Air sirop merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan campuran ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak dapat dipisahpisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Jadi, air sirop termasuk materi campuran homogen.
  2. Air kopi bubuk merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Jadi, air kopi termasuk materi campuran heterogen.

Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
  1. Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
  2. Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
  3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
  4. Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya

Pada dasarnya, komponen penyusun campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa. Ketika membuat minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi, campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut. Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
No.Jenis CampuranKomponen Penyusun CampuranSifat Campuran
1.Air Sirop (homogen)Air mineral, gula, dan sari buahCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
2.Air Kopi (Heterogen)Air, Gula, dan KopiCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
3.Air Teh Manis (Heterogen)Air, Gula, dan TehCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
4.Es Krim (Homogen)Air, Susu, dan GulaCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.

Demikian pembahasan mengenai Laporan Percobaan Campuran Homogen dan Heterogen. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas V Tema 9, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:28 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.