Home » » Contoh Kegiatan Ekonomi di Berbagai Bidang

Contoh Kegiatan Ekonomi di Berbagai Bidang

Pada Pembelajaran Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat dibidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang kd 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Manusia akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Kegiatan ekonomi hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas. Kegiatan ekonomi adalah setiap gerak-gerik manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga kegiatan ini merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan dan ketiganya saling mempengaruhi antar satu sama lain. 

A. Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.

1. Produksi
Produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan.

Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup. Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi
Kegiatan Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.

Dari uraian di atas kamu mengetahui kegiatan ekonomi dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan ekonomi dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
  1. Apa yang dimaksud produksi? Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.
  2. Apa manfaat kegiatan produksi? Kegiatan produksi akan meningkatkan kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi dapat berupa sumber daya alam atau sumber daya manusia.
  3. Apa yang dimaksud distribusi? Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen.
  4. Apa manfaat kegiatan distribusi? Kegiatan distribusi menjadikan hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi
  5. Apa yang dimaksud konsumsi? Konsumsi diartikan kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  6. Apa manfaat kegiatan konsumsi? Bagi konsumen, konsumsi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagi produsen dan distributor, kegiatan konsumsiakan menghasilkan pendapatan.

Contoh Kegiatan Ekonomi di Berbagai Bidang
Kegiatan ekonomi terdiri atas kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan ekonomi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berikut ini beberapa contoh kegiatan ekonomi dalam beberapa bidang kehidupan masyarakat Indonesia.

a. Contoh kegiatan ekonomi di bidang pertanian : 
  1. Kegiatan produksi: petani menanam padi dan menghasilkan beras.
  2. Kegiatan distribusi: beras yang sudah dibersihkan didistribusikan ke pasar, supermarket atau toko.
  3. Kegiatan konsumsi: masyarakat membeli beras untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

b. Contoh kegiatan ekonomi di bidang peternakan Contohnya yaitu: 
  1. Kegiatan produksi: peternak memelihara ayam dalam jumlah banyak untuk diambil daging dan telurnya.
  2. Kegiatan distribusi: daging dan telur ayam didistribusikan ke pasar, toko, dan supermarket. 
  3. Kegiatan konsumsi: masyarakat membeli daging serta telur ayam untuk dijadikan bahan makanan.

c. Contoh kegiatan ekonomi di bidang perikanan
  1. Kegiatan produksi: nelayan menangkap ikan di laut atau membudidayakan tambak ikan.
  2. Kegiatan distribusi: ikan segar didistribusikan ke toko, pasar atau supermarket.
  3. Kegiatan konsumsi: masyarakat membeli ikan untuk dikonsumsi.

d. Contoh kegiatan ekonomi di bidang industri
  1. Kegiatan produksi: sebuah pabrik memproduksi obat-obatan.
  2. Kegiatan distribusi: obat didistribusikan ke apotek.
  3. Kegiatan konsumsi: masyarakat yang membutuhkan bisa membeli dan mengonsumsi obat.

e. Contoh kegiatan ekonomi di bidang jasa 
  1. Kegiatan produksi: sebuah perusahaan membuka jasa transportasi udara dan laut.
  2. Kegiatan distribusi: jasanya didistribusikan lewat penjualan tiket, baik secara langsung atau online.
  3. Kegiatan konsumsi: masyarakat yang membutuhkan membeli tiket untuk bepergian.

Berbagai kegiatan produksi dan distribusi ada di lingkungan sekitarmu. Identifikasilah orang-orang yang diuntungkan dari setiap usaha tersebut. Tulislah hasil pengamatan kalian dalam tabel berikut.
KegiatanJenisOrang yang DiuntungkanKeuntungan yang Diperoleh
Pabrik kerupukProduksiMasyarakat yang suka makan kerupukMakan menjadi lebih lahap
Menjual pasirDistribusiMasyarakat yang sedang membangun rumahPembangunan rumah lancar
Menjual alat tulisDistribusiSiswa-siswi di sekolahKebutuhan alat tulis terpenuhi
Membeli makanan cepat sajiKonsumsiPembeli pembeli makanan cepat sajiKebutuhan makanan terpenuhi
NelayanProduksiMasyarakat yang membutuhkan ikanKebutuhan makanan trpenuhi

B. Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain
Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.
Keragaman Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. 

Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi.

Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.

Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana proses produksi pakaian? Untuk menghasilkan pakaian dibutuhkan waktu yang lama. Pada mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan baku kain dan benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi kain. Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit. Itulah proses panjang produksi pakaian.

Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.
  1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
  2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
  3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.

Produksi pakaian melibatkan peran banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Namun, mereka juga mendapatkan keuntungan. Identifikasikan peran dan keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Diskusikan bersama kelompokmu, lalu tulislah dalam bentuk tabel berikut.
No.Jenis UsahaPeranKeuntungan yang Diperoleh
1.Petani KapasMenghasilkan buah kapasMemperoleh uang dari penjualan kapas
2.Pemintal BenangMengubah serat kapas menjadi benangMemperoleh jasa dari pekerjaannya
3.Pemilik pabrik tekstilMengubah benang menjadi kainMemperoleh keuntungan dari penjualan kain
4.Pegawai pabrik tekstilMelakukan proses produksi kainMemperoleh jasa dari pemilik pabrik tekstil
5.PenjahitMengubah kain menjadi pakainMemperoleh jasa dari pemesan baju

Demikian pembahasan mengenai Contoh Kegiatan Ekonomi di Berbagai Bidang. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas V Tema 8, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.