Home » » Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda dan Kecepatan Gerak Benda

Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda dan Kecepatan Gerak Benda

Pada Pembelajaran Kelas IV semester dua pada pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar. KD 4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak. Materi yang dibahas pada pembelajaran tersebut adalah pengaruh gaya terhadap gerak benda dan pengaruh gaya terhadap kecepatan gerak benda. Simak pembahasannya berikut ini.

A. Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Gaya berupa tarikan dan dorongan. Gaya dapat membuat benda diam menjadi bergerak, gaya juga dapat membuat benda bergerak menjadi diam, serta mengubah arah gerak suatu benda. Hampir semua kegiatan yang dilakukan manusia dipengaruhi oleh gaya. Pengaruh gaya terhadap gerakan benda menimbulkan suatu perubahan atau perpindahan..
Gaya  dan Gerak
Bentuk, gerak, dan kecepatan gerak benda dipengaruhi oleh gaya yang diberikan. Oleh karena itu, penggunaan gaya pada benda bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda yaitu sebagai berikut :
  1. Gaya dapat Mengubah Bentuk Benda. Misalnya, tanah liat yang diubah menjadi berbagai bentuk gerabah, misalnya seperti pot bunga, guci, asbak, dan lain-lain. Perubahan bentuk pada tanah liat ini terjadi karena karena adanya gaya.
  2. Gaya Mempengaruhi Gerak Benda menjadi Bergerak. Bersepeda termasuk salah satu contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
  3. Gaya Mempengaruhi Gerak Benda menjadi Diam. Sepeda yang melaju dan direm, maka roda sepeda akan berhenti melaju.
  4. Gaya Mempengaruhi Kecepatan Gerak Benda. Contoh pengaruh gaya terhadap gerak benda yaitu saat kita memompa ban sepeda. Semakin kuat kita memompanya, maka semakin besar pula gaya yang dihasilkan.
  5. Gaya Dapat Mengubah Arah Gerak Benda. Misalnya, gaya dapat mengubah arah gerak benda pada permainan jungkat-jungkit. Terdapat gaya dorongan pada permainan tersebut yang mengakibatkannya menjadi bergerak naik dan turun.

B. Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda
Kita bisa mengamati pengaruh gaya terhadap benda di kelas. Misalnya saja saat memindahkan meja. Saat diberi tarikan meja bergerak dari posisi awal mendekati tubuh. Saat diberi dorongan meja bergerak dari posisi awal menjuhi tubuh. Berikut ini percobaan mengenai pengaruh gaya terhadap benda.

Mendorong dan Menarik Meja
Mendorong dan Menarik Meja
Tujuan: Membedakan gaya dan gerak.
Alat yang digunakan: Meja

Langkah Kegiatan:
  1. Letakkan meja di tempat cukup luas.
  2. Doronglah meja itu.
  3. Amati yang terjadi pada meja itu.
  4. Tariklah meja itu.
  5. Amati yang terjadi pada meja itu.

Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang terjadi pada meja saat didorong?
Saat didorong, meja bergerak.
2. Ke mana arah meja saat didorong?
Saat didorong, meja bergerak ke arah depan. Terdapat perubahan kedudukan meja setelah didorong. Saat pendorong mendorong meja tanpa perpindahan posisi pendorong, meja bergerak menjauhi pendorong.
3. Apa yang terjadi pada meja saat ditarik?
Saat ditarik, meja bergerak.
4. Ke mana arah meja saat ditarik?
Saat ditarik, meja bergerak ke arah belakang. Terdapat perubahan kedudukan meja setelah ditarik. Saat pendorong menarik meja tanpa perpindahan posisi pendorong, meja bergerak menjauhi pendorong.

Perbedaan Gaya dan Gerak
Perbedaan gaya dan gerak antara lain sebagai berikut
GayaGerak
Gaya merupakan kekuatan yang menyebabkan suatu benda yang dikenai gaya menjadi bergerak, berubah kedudukannya, ataupun berubah bentuk.Sementara itu, gerak merupakan perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau tempat asal sebagai akibat benda tersebut dikenai gaya.

Sepeda pun bergerak cepat. Dengan demikian, gaya berpengaruh terhadap gerak benda. Apa kamu masih ingat tentang gaya dan gerak?
Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Sementara itu, gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya. Jadi, gaya memengaruhi gerak suatu benda.

C. Pengaruh Gaya Terhadap Kecepatan Gerak Benda
Kecepatan gerak benda juga dapat berubah karena dipengaruhi oleh gaya. Contoh pengaruh gaya terhadap gerak benda dapat diamati melalui kegiatan percobaan di bawah ini.

Ayo Mencoba
Lakukan percobaan di bawah ini secara berpasangan.

Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman
Tujuan : mengetahui perubahan gerak akibat gaya
Alat : meja

Langkah kegiatan
  1. Letakkan meja di tempat cukup luas.
  2. Doronglah meja secara sendiri dengan kekuatan penuh. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?
  3. Kemudian, doronglah meja bersama temanmu. Gunakan kekuatan penuh seperti saat mendorong sendirian. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?

Ayo Menulis
Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua?
Saat mendorong meja sendirian lebih berat jika dibandingkan saat mendorong meja berdua
2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua?
Saat didorong sendiri pergerakan meja lebih lambat jika dibandingkan saat didorong berdua
3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?
Meja yang didorong oleh seorang anak dengan kekuatan penuh dengan meja didorong oleh dua orang anak yang sama-sama menggunakan kekuatan penuh berbeda. Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong satu anak. Akibatnya, gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat. Jadi, pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda.

Demikian pembahasan mengenai Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda dan Kecepatan Gerak Benda. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 8, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.