Home » , » Soal Asesmen Teks Informasi Fase C (Kelas 5 dan 6)

Soal Asesmen Teks Informasi Fase C (Kelas 5 dan 6)

Pada tulisan kali ini saya mencoba menyajikan soal AKM Literasi Teks Informasi kelas 5 dan 6 SD. Dalam tulisan akan dijelaskan secara rinci pembahasan soal terbaru dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi teks informasi untuk siswa kelas 5 dan 6 SD MI. Diharapkan dengan adanya pembahasan pada materi AKM mengenai teks Informasi khususnya untuk kelas 5 dan 6 SD MI dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi siswa dalam mengerjakan soal asesmen kompetensi yang sesungguhnya nanti.

Beberapa soal dalam Asesmen Teks Informasi Fase C (Kelas 5 dan 6) antara lain sebagai berikut :

A. Menemukan Informasi
Mengakses dan mencari informasi dalam teks. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

B. Memahami
  1. Memahami teks secara literal. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
  2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
C. Mengevaluasi dan merefleksi
  1. Menilai format penyajian dalam teks. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.
  2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Wacana 1:
Laporan Pengamatan
Laporan Pengamatan
Soal 1. Apa fungsi garam pada percobaan es krim garam?

Pembahasan :
Garam berfungsi untuk menurunkan suhu es.
Soal 2. Apa saja bahan utama yang digunakan dalam percobaan es krim garam tersebut? Beri tanda centang (√) pada setiap jawaban yang benar.
A. Susu cair
B. Saus cokelat
C. Es batu
D. Plastik besar

Pembahasan :
Bahan yang diperlukan dalam percobaan: 250 ml susu cair, 6 sendok makan garam, es batu, plastik kecil, plastik besar, sarung tangan/handuk, mangkuk kecil, sendok
  1. Susu cair. Benar
  2. Sauscokelat. Salah
  3. Es batu. Benar
  4. Plastik besar. Benar

Soal 3. Berdasarkan laporan pengamatan tersebut, pada langkah ke berapa susu berubah menjadi es krim? Tandai satu jawaban saja.
A. Langkah 1, saat es dan garam dimasukkan ke kantong besar
B. Langkah 2, saat susu dimasukkan ke plastik kecil
C.  Langkah 3, saat plastik kecil dimasukkan ke plastik besar.
D. Langkah 4, saat plastik dikocok selama 5-10 menit

Pembahasan :
Langkah 4, saat plastik dikocok selama 5-10 menit.

Soal 4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut berdasarkan laporan pengamatan percobaan es krim garam! Pilih "Benar" atau "Salah" untuk setiap pernyataan. Tandai satu jawaban saja per baris.
PernyataanA. BenarB. Salah
1. Suhu es batu adalah 0 derajat celciusBenar
Salah
2. Es batu saja tidak bisa mengubah susu menjadi es krimBenar
Salah
3. Garam menjadikan es batu lebih dingin sehingga susu bisa membeku.Benar
Salah

Pembahasan :
  1. Suhu es batu adalah 0 derajat celcius. Benar
  2. Es batu saja tidak bisa mengubah susu menjadi es krim. Benar
  3. Garam menjadikan es batu lebih dingin sehingga susu bisa membeku. Benar

Soal 5. Setelah melakukan percobaan es krim garam, Thomas sangat senang karena ia berpikir bahwa hal tersebut memudahkannya dalam membuat es krim. Tuliskan satu alasan yang mendukung pernyataan tersebut!

Pembahasan :
  1. Tidak membutuhkan lemari pendingin/kulkas.
  2. Tidak membutuhkan listrik.
  3. Hanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk membuat es krim.
  4. Bisa dibuat di mana pun bersama teman-teman.
  5. Bisa dibuat sendiri dengan alat dan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan.

Wacana 2: 
Ibu Kota Sepeda Dunia
Amsterdam dikenal sebagai ibu kota sepeda dunia. Ibu kota Negara Belanda ini menjadi rumah bagi ratusan ribu sepeda. Jumlahnya empat kali lipat dari mobil di kota itu. Sepeda menjadi pilihan transportasi utama. Penduduk Amsterdam bersepeda ke sekolah, ke kantor, bahkan ke pesta pernikahan. Bahkan, hanya di Amsterdam kita bisa masuk ke museum sambil bersepeda. Keluarga Kerajaan Belanda pun kerap menggunakan sepeda untuk beraktivitas. Iklim Amsterdam yang cukup sejuk dan kondisi tanah yang datar mendukung budaya bersepeda di Amsterdam.

Amsterdam memiliki sejarah yang panjang hingga saat ini menjadi salah satu kota ramah sepeda terbaik di dunia. Pada awal abad ke-20, sepeda di Belanda sudah dianggap transportasi terhormat. Kemudian, penduduk Belanda beralih membeli mobil dan jalan diperlebar. Mobil dipandang sebagai kendaraan masa depan. Sayangnya, kondisi lalu lintas kota memburuk. Angka kecelakaan pun meningkat. Bahkan, sepanjang tahun 1971 korban anak-anak mencapai 400 orang. Masyarakat kota lalu memperjuangkan aturan keamanan berkendara. Mereka pun meminta pemerintah menyediakan jalur bersepeda. Bersama pemerintah mereka merencanakan tata kota yang lebih baik hingga seperti saat ini.

Soal 6. Tentukan apakah pernyataan berikut termasuk informasi utama atau informasi pendukung berdasarkan isi teks tersebut! Pilih "Informasi Utama" atau "Informasi Pendukung" untuk setiap pernyataan. Tandai satu jawaban per baris.
PernyataanA. Informasi UtamaB. Informasi Pendukung
1. Penduduk Amsterdam melakukan berbagai aktivitas dengan bersepeda.Benar
Salah
2. Amsterdam dikenal sebagai ibu kota sepeda dunia.Benar
Salah

Pembahasan :
Ide pokok adalah gagasan utama yang melandasi keseluruhan isi sebuah paragraf. Ide pendukung adalah gagasan penjelas yang mendukung ide pokok tersebut. Keduanya akan saling mendukung secara kompak membentuk sebuah paragraf yang baik.
  1. Penduduk Amsterdam melakukan berbagai aktivitas dengan bersepeda. Informasi Pendukung
  2. Amsterdam dikenal sebagai ibu kota sepeda dunia. Informasi Utama

Soal 7. Berdasarkan isi teks tersebut, terjadi perubahan peristiwa dalam sejarah bersepeda di Amsterdam. Apa saja perubahan tersebut? Beri tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar.
A. Penduduk Amsterdam sudah menganggap sepeda sebagai alat transportasi terhormat, tetapi mereka mulai beralih ke mobil
B. Penduduk Amsterdam mulai menganggap sepeda sebagai alat transportasi masa depan.
C. Pemerintah mulai merencanakan untuk membuat jalur khusus sepeda setelah angka kecelakaan meningkat.

Pembahasan :
  1. Penduduk Amsterdam sudah menganggap sepeda sebagai alat transportasi terhormat, tetapi mereka mulai beralih ke mobil. Benar
  2. Penduduk Amsterdam mulai menganggap sepeda sebagai alat transportasi masa depan. Salah
  3. Pemerintah mulai merencanakan untuk membuat jalur khusus sepeda setelah angka kecelakaan meningkat. Benar

Soal 8. Tentukan benar atau salah pernyataan-pernyataan berikut berdasarkan gambar kedua (infografis) pada teks tersebut! Pilih "Benar" atau "Salah" untuk setiap pernyataan.
Amsterdam
PernyataanA. BenarB. Salah
1. Sebagian besar sepeda yang tenggelam di kanal-kanal berhasil di ambil.Benar
Salah
2. Angka penjualan sepeda di Kota Amsterdam tergolong rendah.Benar
Salah

Pembahasan :
  1. Sebagian sepeda yang tenggelam di kanal-kanal berhasil diambil. Benar
  2. Angka penjualan sepeda di seluruh negara Belanda tergolong rendah. Salah

Wacana 3:
Belajar Mengelola Uang, Yuk!
Dion selalu menerima uang jajan setiap hari, tetapi dia selalu menghabiskannya. Oleh karena itu, dia sama sekali tidak memiliki tabungan. Ketika dia membutuhkan uang untuk membeli keperluannya, dia selalu meminta kepada orang tuanya. Hal ini sangat merepotkan orang tuanya ketika sedang tidak memiliki uang.

Untuk itu, Dion perlu belajar mengelola uang dengan bijak. Salah satu caranya adalah dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Apakah bedanya kebutuhan dan keinginan itu? Yuk kita simak satu-satu. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus terpenuhi agar bisa hidup dengan baik dan sehat, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Keinginan lebih bersifat tambahan ketika kebutuhan sudah terpenuhi. Contohnya, mainan mahal, pakaian untuk bergaya, dan rekreasi ke luar negeri.

Dalam keseharian, kadang-kadang kita bingung untuk membedakan apakah yang ingin kita penuhi itu adalah kebutuhan atau keinginan? Misalnya, tasmu sudah rusak. Kamu perlu membeli tas baru untuk mengganti tasmu yang rusak. Coba bedakan dengan kondisi ketika tasmu masih bagus namun kamu tetap membeli tas keluaran terbaru. Terlihat bukan, yang mana kebutuhan atau keinginan?

Untuk lebih memahami tentang kebutuhan dan keinginan, perhatikan tindakan pada kolom A dan kolom B dalam beberapa situasi berikut.

Soal 9. Dion tidak memiliki tabungan karena tidak bijak dalam menggunakan uang jajannya. Apa saja tindakan bijak yang seharusnya dilakukan Dion dalam menggunakan uang jajannya? Beri tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar
A.Sarapan pagi di rumah sebelum berangkat ke sekolah.
B.Saat istirahat membeli makanan ringan agar bisa dimakan di dalam kelas.
C.Jika merasa haus, cukup membeli air mineral atau membawa air dari rumah.

Pembahasan :
  1. Sarapan pagi di rumah sebelum berangkat ke sekolah. Benar
  2. Saat istirahat membeli makanan ringan agar bisa dimakan di dalam kelas. Salah
  3. Jika merasa haus, cukup membeli air mineral atau membawa air dari rumah. Benar

Soal 10. Kegiatan yang dilakukan B pada situasi saat sedang berada di toko buku tidak sesuai dengan cara mengelola uang dengan bijak. Agar lebih sesuai dengan situasi dan kebutuhan, kegiatan yang dilakukan B sebaiknya diganti dengan ….
A.Membeli pensil baru untuk persiapan mengganti pensil yang sudah pendek.
B.Membeli buku dongeng yang sudah pernah dibaca dan dimiliki..
C.Membeli buku gambar baru karena bosan dengan buku gambar lama.
D.Membeli sampul buku dengan karakter kesukaan yang lucu dan menarik.

Pembahasan
 A. Membeli pensil baru untuk persiapan mengganti pensil yang sudah pendek

Demikian pembahasan mengenai Soal Asesmen Teks Informasi Fase C (Kelas 5 dan 6). Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.