Home » » Peta Persebaran Sumber Daya Alam

Peta Persebaran Sumber Daya Alam

Pada Pembelajaran Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. KD 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya.Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya alam itu digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa batuan dan bahan tambang. Batuan dapat berupa pasir, tanah liat dan semen. Bahan tambang berupa emas, besi, batu bara, dan minyak bumi.

Sumber daya alam hayati berupa tumbuhan dan hewan yang menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, tumbuhan dan hewan berperan untuk menjaga keseimbangan alam.Bencana alam yang terjadi salah satunya karena keseimbangan alam terganggu. Banjir di Jakarta karena sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan tempat pembuangan sampah.Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar. Baik bagi manusia maupun bagi makhluk hidup lainnya.

A. Peta Persebaran SDA Tumbuhan dan Hewan
Sumber daya alam yang berupa aneka macam tumbuhan, berjenis- jenis hewan, dan barang-barang tambang tersebar di beberapa daerah. Persebaran sumber daya alam dapat diketahui melalui peta tematik. Perhatikanlah peta persebaran sumber daya alam hayati di Indonesia berikut.
SDA Hayati
Peta di atas disebut peta tematik, yaitu peta yang berisi informasi khusus. Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas menunjukkan daerah-daerah yang memiliki sumber daya tumbuhan untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Sumber daya alam tumbuhan di antaranya adalah tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan.

Tanaman pangan terdiri atas tanaman padi, palawija, sayuran, dan buahbuahan. Sedangkan tanaman industri berupa tanaman tebu, karet, kopi, teh, kelapa sawit, tembakau, dan kopra. Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta perlindungan hewan.

Sumber daya alam berupa hewan terdiri atas hewan liar dan hewan ternak. Hewan liar tinggal di hutan dan taman-taman nasional untuk dilindungi dari kepunahan. Contoh hewan liar tersebut yaitu harimau, kera, orang utan, gajah, badak, banteng, dan anoa.

Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh hewan ternak yaitu ayam, itik, sapi, udang, dan domba.

a. Persebaran hasil pertanian
Hasil pertanian negara kita antara lain padi (beras), jagung, ubi kayu, kedelai, dan kacang tanah.  
  1. Padi (beras), Daerah penghasil padi (beras) antara lain Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Barat. 
  2. Jagung, Daerah penghasil jagung antara lain Jawa Tengah (Wonosobo, Semarang, Jepara, dan Rembang); Jawa Timur (Besuki, Madura); serta Sulawesi (Minahasa dan sekitar danau Tempe).
  3. Ubi kayu (singkong), Daerah penghasil singkong adalah Sumatera Selatan, Lampung, Madura, Jawa Tengah (Wonogiri), dan Yogyakarta (Wonosari).
  4. Kedelai, Daerah penghasil kedelai adalah Jawa Tengah (Kedu, Surakarta, Pekalongan, Tegal, Jepara, Rembang), D.I. Yogyakarta, Jawa Timur (Jember).
  5. Kacang tanah, Daerah penghasil kacang tanah ialah Sumatera Timur, Sumatera Barat, Jawa Tengah (Surakarta, Semarang, Jepara, Rembang, Pati), Jawa Barat (Cirebon, Priangan), Bali, dan Nusa Tenggara Barat (Lombok). 

b. Persebaran hasil perkebunan
Hasil perkebunan negara kita antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, karet, kelapa (kopra), kelapa sawit, cokelat, pala, cengkeh, lada, dan vanili.  
  1. Tebu, Daerah penghasil tebu, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera (Nangroe Aceh Darussalam).
  2. Tembakau, Daerah penghasil tembakau ialah Sumatera Utara (Deli), Sumatera Barat (Payakumbuh), Bengkulu, Sumatera Selatan (Palembang), Jawa Tengah (Surakarta, Klaten, Dieng, Kedu, Temanggung, Parakan, Wonosobo), dan Jawa Timur (Bojonegoro, Besuki).
  3. Teh, Daerah penghasil teh, yaitu Jawa Barat (Bogor, Sukabumi, Garut), Jawa Tengah (Pegunungan Dieng, Wonosobo, Temanggung, Pekalongan), Sumatera Utara (Pematang Siantar), dan Sumatera Barat.
  4. Kopi, Daerah penghasil kopi, yaitu Jawa Barat (Bogor, Priangan), Jawa Timur (Kediri, Besuki), Sumatera Selatan (Palembang), Bengkulu (Bukit Barisan), Sumatera Utara (Deli, Tapanuli), Lampung (Liwa), Sulawesi (Pegunungan Verbeek), Flores (Manggarai).
  5. Karet, Daerah penghasil karet, yaitu D.I. Aceh (Tanah gayo, Alas), Sumatera Utara (Kisaran, Deli, Serdang), Bengkulu (Rejang Lebong), Jawa Barat (Sukabumi, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas, Batang), Jawa Timur (Kawi, Kelud), dan Kalimantan Selatan ( pegunungan Meratus).
  6. Kelapa (kopra), Daerah penghasil kelapa, yaitu Jawa Barat (Banten, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas), D.I. Yogyakarta, Jawa Timur (Kediri), Sulawesi Utara (Minahasa, Sangihe, Talaud, Gorontalo), dan Kalimantan Selatan (pegunungan Meratus).
  7. Kelapa Sawit, Daerah penghasil kelapa sawit ialah D.I. Aceh (Pulau Simelue), Sumatera Utara (Pulau Nias, Pulau Prayan,Medan, Pematang Siantar).
  8. Cokelat, Daerah penghasil cokelat ialah Jawa Tengah (Salatiga) dan Sulawesi Tenggara.
  9. Pala, Daerah penghasil pala ialah Jawa Barat dan Maluku. 
  10. Cengkeh, Daerah penghasil cengkeh ialah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara (Tapanuli), Jawa Barat (Banten, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas), Sulawesi Utara (Minahasa), dan Maluku.
  11. Lada, Daerah penghasil lada ialah Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan (Palembang, Pulau Bangka), dan Kalimantan Barat.
  12. Vanili Dihasilkan di daerah Flores (Manggarai, Bajawa), Papua, dan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

c. Persebaran hasil kehutanan
Hasil kehutanan negara kita antara lain kayu dan rotan. Jenis kayu yang dihasilkan antara lain keruing, meranti, agathis, jati, cendana, akasia, dan rasamala. 
  1. Kayu keruing, kayu meranti, dan kayu agathis terutama dihasilkan di daerah-daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
  2. Kayu jati dihasilkan di daerah Jawa Tengah.
  3. Kayu cendana banyak dihasilkan di Nusa Tenggara Timur.
  4. Akasia dan rasamala dihasilkan di daerah Jawa Barat.
  5. Rotan dihasilkan dari daerah Kalimantan, Sumatera Barat, Sumatera Utara.
  6. d. Persebaran hasil peternakan
  7. Hasil peternakan negara kita antara lain sapi, kerbau, kuda, dan babi. Berikut ini pesebaran hasil peternakan di Indonesia.
  8. Ternak sapi. Daerah penghasil ternak sapi adalah Sumatera (Aceh), Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat (Lombok dan Sumbawa).
  9. Ternak kerbau. Daerah penghasil kerbau adalah Aceh, Sulawesi, dan Jawa.
  10. Ternak kuda. Daerah penghasil kuda adalah Nusa Tenggara Timur (Pulau Sumba) dan Sumatera Barat.
  11. Ternak babi. Daerah penghasil ternak babi adalah Bali, Maluku, Sulawesi Utara (Minahasa), Sumatera Utara (Tapanuli), Jawa Barat (Karawang)

e. Persebaran hasil perikanan
Budi daya udang dan bandeng, terdapat di pantai utara Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
  1. Daerah penangkapan ikan (nelayan tradisional dan modern) antara lain Sumatera Timur (Bagan Siapi-api), Bengkalis untuk jenis ikan terubuk. Sedangkan ikan tenggiri, cumi-cumi, udang, rumput laut, dan ikan layang-layang ditangkap dari daerah Laut Jawa, Selat Sunda, Pantai Selatan (Cilacap), Selat Bali, Selat Flores, dan Selat Makasar. Kepulauan Maluku (Ambon) menghasilkan tiram, mutiara, dan tongkol.
  2. Budidaya ikan di darat. Budidaya ikan di darat itu ada bermacam- macam, antara lain di tambak/empang, waduk/bendungan, sawah (minapadi), sungai (sistem keramba), dan di danau.

Persebaran Fauna Di Indonesia
No.PulauJenis Fauna
1.SumateraKera, Rangkong Papan, Siamang, Harimau Sumatera,  Badak Sumatera Kambing Hutan, Babi, Orang Utan Sumatera, Kerbau, Bokoi, Beruang Madu,  Gajah, dan Kuskus
2.Jawa dan BaliGajah, Penyu Hijau, Badak Jawa, Rusa Bawean, Owa Jawa, Banteng, Tapir, Macan Tutul, dan Jalak Bali
3.Nusa TenggaraBabi, Komodo, Kera
4.KalimantanMacan Dahan, Owa Kalempiau, Kucing Merah, Orang Utan, Bekantan dan Beruang Madu
5.SulawesiBabi, Babirusa, Kuskus Beruang, Anoa, Burung Maleo, Monyet Hantu, dan Monyet Hitam
6.MalukuKuskus dan Kasuari Gelambir Tunggal
7.PapauCenderawasih, Kuskus, Kasuari Kerdil, Kanguru Pohon, Nuri Sayap Hitam, dan Wallaby

Ayo Mencoba
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
  1. Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.
  2. Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
  3. Mintalah peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu kepada gurumu.
  4. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.
  5. Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan tertentu.
  6. Lakukan hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.
  7. Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
  8. Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang paling banyak dihasilkan di daerahmu.
  9. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.
pERSEBARAN tERNAK
Kesimpulan :
Hewan yang banyak dipelihara warga banyumas adalah sapi dan kambing. Hewan-hewan tersebut dimanfaatkan dagingnya sebagai sumber makanan.

B. Peta Persebaran SDA Bahan Tambang
Barang tambang tergolong ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Perhatikan peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang berikut!
Peta Persebaran Tambang
Berdasarkan peta sumber daya alam bahan tambang di atas, terdapat berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan belerang.

Berikut ini persebaran sumber daya alam bahan tambang di Indonesia
No.Bahan TambangDaerah Penghasil
1.Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara
  1. Batubara: Cilegon (Bantena) dan Tulung Agung (Jawa Timur)
  2. Semen: Sukabumi (Jawa barat), Gresik (Jawa Timur)
  3. Fosfat: Pangandaran (Jawa Barat) , Bojonegoro (Jawa Timur), Cirebon (Jawa Barat), Gunung Ijen (Jawa Timur), dan Banyumas (Jawa Tengah).
  4. Gipsum: Cirebon (Jawa Barat), Sumbawa (NTB)
  5. Mangan: Kliripan (DIY), Karang Nunggal (sebelah selatan Tasikmalaya Jawa Barat)
  6. Marmer: Tulung Agung (Jawa Timur), Kulon Progo (DIY), Trenggalek (Jawa Timur.) dan Bayat (Jawa Tengah).
  7. Granit: Flores (NTT), Gunung Kidul (DIY)
  8. Emas: Cikotok (Jawa Barat), Batu hijau (Nusa Tenggara Barat), Tasikmalaya dan Jampang (Jawa Barat)
  9. Pasir Kuarsa: Rembang (Jawa tengah)
  10. Belerang: Gunung Patuha (Jawa Barat), Gunung Welirang (Jawa Timur), Gunung Talaga Bodas (Garut Jawa Barat ), Dieng (Jawa Tengah).
  11. Tembaga: Cikotok (Jawa Barat), Wonogiri (Jawa tengah)
  12. Kapur: Gombong (Jawa Tengah), Jepara (Jawa tengah)
  13. Aspal: Cilacap (Jawa tengah), Wonokromo (Jawa Timur) 
  14. Minyak Bumi: Majalengka (Jawa Barat) , Cepu (Jawa Tengah)
  15. Garam: Madura ( Jawa Timur)
2.Sumatera
  1. Minyak Bumi: Lhokseumawe dan Peureulak (Aceh), Tanjung Pura (Sumatera Utara), Sungai Pakning dan Dumai (Riau), serta Plaju, Sungai Gerong, dan Muara Enim (Sumatera Selatan), Kepulauan Natuna (Kepulauan Riau)
  2. Gas Alam: Lhokseumawe (NAD), Kabupaten Musi Banyuasin (Sumatera Selatan)
  3. Batu Bara: Meulaboh (NAD), Sawahlunto (Sumatera Barat), dan Tanjung Enim (Sumatera Selatan)
  4. Emas & Perak: Tapanuli (Sumatra Utara), Simau (Bengkulu), Logos (Riau), Meulaboh (NAD)
  5. Bauksit: Pulau Bintan (Kepulauan Riau), Sigembir di Pulau Bangka (Bangka Belitung), Kota Pinang (Sumatera Utara)
  6. Garam: Payah Kumbuh Singkarak
  7. Marmer: Kabupaten Lima Puluh Kota, Agam dan Sawahlunto (Sumatera Barat), Rejang lebong (Bengkulu)
  8. Semen: Aceh Besar (NAD), Indarung (Sumatera Barat)
  9. Timah: Bangka Belitung
  10. Granit: Payahkumbuh dan Singkarak(Sumatra Barat)
  11. Wolfram : Pulau Singkep (Kepulauan Riau).
3.Kalimantan
  1. Bauksit: Mempawah (Kalimantan Barat), Tayan (Kalimantan Barat), Kabupaten Ketapang (Kalimantan Barat),  
  2. Intan: Martapura (Kalimantan Selatan), Banjar Baru (Kalimantan Selatan), Sungai Landak (Kalimantan Barat)
  3. Gas Alam: Bontang (Kalimantan Timur)
  4. Emas dan Perak: Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Hulu Sungai Tengah (Kalimantan Selatan)
  5. Bijih Besi: Pulau Sebuku, Kotabaru, Tanah Laut, Tapin, Tanah Bumbu dan Balangan (Kalimantan Selatan)
  6. Bataubara: Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru (Kalimantan Selatan 
  7. Minyak Bumi: Balikpapan, Pulau Tarakan (Kalimantan Timur), Pulau Bunyu Kalimantan Timur serta Amuntai, Tanjung, dan Rantau (Kalimantan Selatan) 
  8. Nikel:  Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
  9. Semen: Kabupaten Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur)
  10. Platina (emas putih) : Pegunungan Verbeek, Kalimantan
4.Sulawesi
  1. Nikel: Kolaka (Sulawesi Tenggara), Luwu Timur (Sulawesi Selatan), Morowali (Sulawesi tengah).
  2. Batubara: Baraka, Enrekang (Sulawesi Selatan)
  3. Mika: Pulau Peleng (Sulawesi Selatan) dan Donggala (Sulawesi Tengah)
  4. Semen: Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep dan Semen Bosowa di Maros (Sulawesi Selatan) 
  5. Gips: Minahasa Utara (Sulawesi Utara), Polewali Mandar (Sulawesi Barat)
  6. Tembaga: Toli Toli ( Sulawesi Tengah), Muara Sipeng (Sulawesi) dan  Bone (Sulawesi Selatan)
  7. Aspal: Pulau Buton (Sulawesi Tenggara)
  8. Kapur: Kabupaten Muna (Sulawesi Tenggara)
  9. Pasir Kuarsa: Maros (Sulawesi Selatan)
  10. Mangan: Kabupaten Mamuju (Sulawesi Barat)
  11. Emas dan Perak: Kabupaten Luwu (Sulawesi Selatan) dan  Manado (Sulawesi Utara)
5.Kepulauan Maluku dan Pulau Sekitarnya
  1. Minyak Bumi: Pulau Seram (Maluku
  2. Mangan: Pulau Halmahera
  3. Nikel: Halmahera Timur (Maluku Utara)
  4. Mangan : P. Doi, Halmahera Utara (Maluku Utara)
  5. Asbes : Halmahera (Maluku Utara)
6.Papua
  1. Batu Bara : Sorong (Papua Barat)
  2. Emas : Mimika (Papua)
  3. Minyak Bumi Irian Jaya (Klamono, Sorong, dan Babo)
  4. Tembaga : Tembagapura, Mimika (Papua)

Manfaat Bahan Tambang
Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!
No.Bahan TambangManfaat
1.Minyak BumiSebagai Bahan Bakar, Sumber Gas Cair, Bahan Industri Kimia, Sumber Produksi Polimer (plastik), dan  Produksi Bahan Serat
2.Batu BaraPembangkit Listik Tenaga Uap, Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Industri Metalurgi (Industri Baja), Bahan bakar Rumah Tangga, dan Bahan Industri Kimia
3.NikelPembuatan Stainless Steel dan Koin, Campuran pada Besi Baja, Pembuatan Rangka Otomotif, Baterai Isi Ulang, Pembuatan Kawat, dan Pelapis Antikarat
4.TimahSebagai Lapisan Produk Baja, Penyambung Logam dengan Solder, Menjadi Komponen Pasta Gigi, Sebagai Komponen Industri Otomotif, dan Sebagai Bahan Produksi Kaca.
5.EmasBahan perhiasan, Konduktor dalam Smartphone, Pemantul Radiasi Sinar Matahari dalam Kaca, Mengisi Tambalan Gigi, dan Sebagai Pelapis Bangunan
6.PerakSebagai perhiasan selain emas, Sebagai Investasi, Sebagai ornament dan hiasan, Sebagai peralatan makan, dan Sebagai penghantar listrik, pengganti kawat tembaga
7.PlatinaPerawatan Gigi, Pembuatan alat pacu jantung, Treatment patah tulang, Mencegah pertumbuhan sel kanker, dan sebagai katalis utama dari logam mulia
8.TembagaBahan Kerajinan (Kriya), Bahan Elektronik, Bahan alat Kesehatan, Bahan Konstruksi, dan Bahan alat Transportasi
9.BesiBahan Peralatan Rumah Tangga, Bahan Konstruksi Bangunan, Bahan Mesin Berat, Dijadikan Pagar dan Kawat Pembatas, dan Menjadi Bahan Perkakas pertukangan
10.BauksitBahan utama pembuatan wajan, Pembuatan lapisan luar panci, bahan paling luar pada kaleng makanan, Pembuatan badan pesawat terbang, dan Pembuatan atap sebuah pabrik atau rumah.

Demikian pembahasan mengenai Peta Persebaran Sumber Daya Alam. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 6, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.