Home » » Manfaat Gaya Magnet, Gaya Gravitasi, dan Gaya Gesek

Manfaat Gaya Magnet, Gaya Gravitasi, dan Gaya Gesek

Pada Pembelajaran Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. KD 4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

A. Gaya Magnet
Gaya magnet adalah bentuk gaya yang memiliki kemampuan menarik benda berbahan khusus yang ditimbulkan akibat adanya magnet di dalamnya. Benda yang dapat ditarik magnet dengan kuat disebut benda feromagnetik, misalnya besi, baja, dan nikel. Benda yang ditarik dengan lemah oleh magnet disebut benda paramagnetik, misalnya aluminium, kaca, dan kayu.

Sifat-sifat Gaya Magnet
Gaya magnet memiliki sifat-sifat yang menandai gejala gaya magnet. Berikut ini sifat-sifat gaya magnet yang perlu Grameds ketahui:
  1. Memiliki Medan Magnet. Medan magnet yang merupakan daerah sekitar sumber magnet yang masih terpengaruh gaya magnet benda tersebut. Kekuatan yang dimiliki gaya magnet pada medan magnet tidaklah sama karena semakin ke luar medan magnet akan semakin lemah.
  2. Dapat Menembus Benda. Gaya yang dihasilkan magnet dapat menembus partikel benda non magnetik meskipun terhalang oleh benda lain. Misalnya magnet yang menarik paku dibalik kertas
  3. Memiliki Gaya Tolak dan Gaya Tarik. Magnet memiliki memiliki dua kutub, yakni kutub utara dan selatan. Jika kutub kedua didekatkan yang sama maka akan tolak menolak, sebaliknya jika didekatkan dengan kutub yang berbeda maka akan saling Tarik menarik.
  4. Hanya Menarik Benda Tertentu Disekitarnya. Magnet hanya bisa menarik benda-benda yang ada di sekitarnya saja. Jarak magnet dapat menarik benda lain juga bergantung pada besar medan magnet.
  5. Sifat Kemagnetan Dapat Melemah. Gaya magnet juga bisa melemah karena memiliki medan magnet dan memiliki kekuatan magnet tertentu. Medan magnet akan semakin rapat jika didekatkan ke magnet, sebaliknya medan magnet akan memudar jika semakin dijauhkan dari magnet tersebut.

Magnet dapat dibedakan menjadi beberapa macam bentuk seperti berikut ini:
Bentuk Magnet
  1. Magnet batang berbentuk seperti batangan atau balok atau kubus
  2. Magnet silinder berbentuk seperti tabung panjang
  3. Magnet jarum berbentuk seperti jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub magnet yang lebih runcing.
  4. Magnet ladam dikenal juga dengan nama magnet tapal kuda. Hal ini karena bentuknya menyerupai tapal yang digunakan sebagai alas kaki kuda.
  5. Magnet U berbentuk seperti bentuk huruf U.
  6. Magnet cincin berbentuk bulat seperti cincin
  7. Magnet keping berbentuk seperti kepingan logam

Manfaat Gaya Magnet
Manfaat gaya magnet dapat dijumpai dalam kegiatan sehari-sehari. Berikut ini manfaat gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Menarik Benda Lain. Magnet dapat menarik benda lain terutama benda-benda yang memang berbahan khusus, seperti baja dan besi. Gaya magnet dimanfaatkan untuk industri besi untuk memudahkan besi dari satu ke tempat lain menggunakan katrol besi.
  2. Pembangkit Tenaga Listrik. Magnet dapat digunakan untuk mendukung pembangkitan tenaga listrik. Misalnya saja membangkitkan tenaga listrik dalam skala kecil pada dinamo sepeda.
  3. Penunjuk Arah. Magnet dapat dimanfaatkan untuk petunjuk arah misalnya pada kompas yang akan mengarahkan jarum jam arah kutub magnet.
  4. Sebagai Pengubah Getaran Menjadi Suara. Magnet juga dapat bermanfaat sebagai pengubah getaran listrik menjadi getaran suara misalnya pada alat-alat pengeras suara seperti speaker atau headset.
  5. Sebagai Parekat Pada Mekanisme Penutupan. Magnet dapat bekerja untuk perekat pada mekanisme penutupan seperti pada penutup tas atau dompet dan pada penutup pintu kulkas.
  6. Alat Ukur Listrik. Magnet dapat diterapkan dalam alat ukur listrik seperti amperemeter atau voltmeter.
  7. Produk Motor Listrik. Magnet juga dapat bermanfaat untuk produk teknologi seperti motor listrik yang menggunakan energy listrik yang kemudian diubah menjadi gerak.
  8. Untuk Menemukan Jarum. Magnet bisa manfaatkan untuk menemukan jarum yang mungkin saja jatuh di tempat yang susah untuk dijangkau.
  9. Kereta Api Maglev. Kereta api maglev atau magnetic levitation menggunakan gaya magnet sehingga kereta dapat berjalan di atas rel magnet dengan kecepatan yang lebih daripada kecepatan kereta biasanya.

Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
  1. Sediakan magnet batang atau magnet mainan (yang biasa ditempelkan pada pintu lemari pendingin).
  2. Sediakan benda-benda kecil, seperti jarum pentul, peniti, pensil, kerikil, dan daun. Letakkan di atas meja.
  3. Dekatkan magnet pada benda-benda kecil tersebut.
  4. Catatlah hasil pengamatan kalian.
  5. Ingat, berhati-hatilah saat bekerja dengan jarum pentul dan peniti. Pastikan tidak ada jarum pentul yang terjatuh di lantai. Pastikan juga peniti tidak terbuka. Setelah selesai digunakan, bereskan dan masukkan kembali jarum pentul dan peniti ke tempatnya.

Hasil Pengamatan :
Dari kegiatan yang telah dilakukan ternyata jarum pentul dan peniti dapat ditarik oleh magnet. Sementara pensil, kerikil, dan daun tidak dapat ditarik oleh magnet. Jarum pentul dan peniti dapat ditarik oleh magnet karena terbuat dari bahan logam.

Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
Magnet
  1. Sediakan dua buah magnet batang, misalnya magnet I dan magnet II.
  2. Tandai ujung dari setiap batang magnet, misalnya A dan B.
  3. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
  4. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung B dari magnet II. Apa yang terjadi?
  5. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
  6. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung B magnet II. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel seperti berikut, lalu jelaskan kepada Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
No.PerlakuanHasil
1.Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung A magnet IIKedua ujung magnet saling menolak
2Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung B magnet IIKedua ujung magnet saling menarik
3.Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung A magnet IIKedua ujung magnet saling menarik
4.Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung B magnet IIKedua ujung magnet saling menolak

Hasil Pengamatan :
Dari kegiatan yang telah dilakukan saya mengamati bahwa dua ujung magnet yang senama akan tolak menolak, sementara dua ujung magnet yang tidak senama akan tarik menarik.

B. Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi adalah kekuatan bumi untuk benda menarik dilain ke bawah. Bila kita melempar benda keatas. Baik dari kertas, pensil atau benda lain maka semua benda itu akan jatuh kebawah. Berbeda bila diluar angkasa para astronot tidak merasakan gravitasi, akibatnya mereka akan melayang-layang bila berada diluar angkasa.

Sifat Gaya Garvitasi
Sifat gaya gravitasi bumi antara lain membuat benda-benda jatuh. Benda sebenarnya bukan jatuh ke bawah, melainkan jatuh ke permukaan bumi. Ini karena adanya gaya gravitasi yang menarik benda-benda ke pusat bumi.

Manfaat Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi tidak bisa dilihat, tapi bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya gravitasi memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaatnya:
  1. Mempermudah kegiatan manusia sehari-hari seperti berjalan kaki, berlari, mengendarai mobil, dan membuang sampah
  2. Membuat semua benda yang ada di Bumi berada pada tempatnya karena benda memiliki berat atau massa.
  3. Sebagai prinsip dasar ilmu penerbangan misalnya pesawat dibuat dengan cara menghitung gaya gravitasi dengan daya yang harus dihasilkan agar pesawat dapat melayang.
  4. Sebagai olahraga dan juga hiburan seperti terjun payung, paralayang, bungee jumping, dan loncat indah
  5. Menjaga satelit buatan dan bulan supaya berapa pada orbitnya.
  6. Sebagai sumber energi misalnya aliran dari sungai akibat gravitasi yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air

Ayo Mencoba
  1. Siapkan sebuah uang logam.
  2. Keluarlah dari dalam kelas menuju halaman sekolah atau lapangan yang lebih luas.
  3. Pegang uang logam yang telah kamu persiapkan lalu lemparkan kuat-kuat ke atas. Perhatikan arah lemparan agar tidak mengenai teman atau bangunan yang dekat dengan kamu.
  4. Apa yang terjadi setelah kamu melempar uang logam itu? Catatlah hasil dari kegiatanmu.
  5. Ulangi sebanyak lima kali.
Melempar Uang
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu hasil dari kegiatanmu melempar uang logam atas.
  1. Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas?
  2. Mengapa hal itu bisa terjadi?
  3. Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas?
  4. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Hasil Diskusi :
Ketika uang logam dilempar ke atas maka uang tersebut akan jatuh kembali ke bawah. Uang jatuh kembali ke bawah karena adanya gaya gravitasi bumi. Semua benda yang dilemparkan ke atas akan jatuh kembali ke tanah, misalnya saja bola, pensil, penghapus dan kertas akan jatuh ke tanah setelah dilemparkan ke atas.

Uang logam yang dilempar kuat-kuat ke atas akan kembali ke bumi. Bayangkan jika uang itu tidak kembali lagi ke bumi dan terus terbang jauh ke angkasa. Kamu akan kehilangan uang logam itu.

Uang logam dan benda apa pun yang kamu lemparkan ke atas akan kembali lagi ke bumi karena adanya gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi.

Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kamu lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang di angkasa. Bahkan, diri kamu sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu, gaya gravitasi sangat bermanfaat karena dapat menahan benda-benda agar tetap berada di bumi.

Contoh peristiwa sehari-hari menunjukkan gaya gravitasi adalah jatuhnya buah yang sudah matang dari dahan pohon ke tanah.

C. Gaya Gesek
Dua benda yang saling bergesekan akan menimbulkan gaya gesek. Gaya gesek adalah gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh satu benda ke benda lain, yang dipengaruhi oleh permukaan benda. Permukaan benda ada yang kasar dan licin.

Secara umum, ada dua macam tekstur permukaan benda yaitu kasar dan halus. Setiap jenis tekstur memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung peruntukannya. Kaca yang bertekstur halus bermanfaat supaya dapat memantulkan cahaya lebih baik. Sebaliknya, ban kendaraan bertekstur kasar.

Sifat Gaya Gesek
Gaya gesek memiliki arah yang selalu berlawanan. Arah gaya gesek akan berlawanan dengan arah benda tersebut bergerak. Adapun besar atau kecilnya gaya gesek akan ditentukan oleh permukaan benda. Seperti halusnya atau kasarnya permukaan benda.

Manfaat Gaya Gesek
Gaya gesek dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa pemanfaatan gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.
  1. Membantu benda berjalan akan tidak terpeleset. Misalnya gaya gesek yang timbul antara kaki dan lantai saat kita berjalan bermanfaat membuat kita tidak terpeleset.
  2. Menghentikan benda yang sedang bergerak. Misalnya gaya gesek yang timbul antara rem dan cakram bermanfaat untuk membuat kendaraan melambat atau berhenti.
  3. Menghasilkan panas. Misalnya gaya gesek yang timbul ketika kita menggosokkan kedua tangan akan menghangatkan badan.
  4. Mengikis benda. Misalnya gaya gesek yang timbul dari amplas terhadap kayu dapat membuat kayu menjadi halus.
  5. Menghasilkan bunyi. Misalnya gaya gesek yang timbul antara tongkat cello dan senar bermanfaat membunyikan alat musik cello.

Ayo Mencoba
  1. Siapkan beberapa pulpen atau pensil. Kumpulkan benda itu sebanyak-banyaknya dari teman-temanmu.
  2. Setelah terkumpul, rabalah permukaan setiap benda itu, kemudian peganglah satu per satu. Peganglah dengan cara yang sama.
  3. Bandingkan hubungan kelicinan permukaan benda dengan kemudahan memegang benda tersebut. 
  4. Catatlah hasil kegiatanmu.

Semakin licin permukaan suatu benda, semakin sulit benda tersebut untuk dipegang. Sebaliknya, benda mempunyai permukaan kasar semakin mudah untuk dipegang.

Kekasaran dan kelicinan permukaan benda memengaruhi nilai gaya gesek yang dihasilkan. Gaya gesek adalah gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh satu benda ke benda lain dipengaruhi oleh permukaan benda. Contoh gaya gesek misalnya gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai saat kita melangkah.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan jawaban pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain. 

1. Apa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya bagi manusia? 
Manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari-bagi manusia antara lain :
  • Membantu makhluk hidup dan benda-benda bergerak tanpa tergelincir
  • Menghentikan kendaraan yang sedang bergerak
  • Menciptakan panas seperti pada korek api

2. Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar?
Ban mobil yang dibuat kasar dan beralur agar ban tidak slip dan tergelincir saat melaju. Selain itu gaya gesek juga akan membuat mobil dapat berjalan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Gaya Magnet Gravitasi dan Gesek. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 7, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:18 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.