Home » » Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekitarnya

Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekitarnya

Pada Pembelajaran Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. KD 4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya. Salah satu materi yang dibahas dalam subtema 2 adalah manfaat makhluk hidup bagi manusia dan lingkungan.

A. Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita
Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati. Keberadaannya akan terus-menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuat punah. Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi. Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.

Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya? Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara. Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam. Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia.

1. Manfaat Tumbuhan
Tumbuhan memiliki manfaat yang sangat penting bagi manusia dan lingkungan di sekitar. Keberadaan tumbuhan menjadi sumber daya yang penting, seperti untuk obat-obatan, iklim, penyejuk, dan lain sebagainya. Secara umum, berikut ini merupakan manfaat tumbuhan bagi kehudipan manusia, antara lain:
Manfaat Tumbuhan
  1. Sebagai Penahan Air Hujan. Tumbuhan menahan air hujan yang turun sehingga tidak terjadi erosi. 
  2. Sebagai Pelindung Tanah. Tanah yang miring tidak mudah longsor jika diatasnya tumbuh tumbuhan pelindung tanah. 
  3. Penghasil Oksigen. Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yaitu sebagai penyedia oksigen secara gratis yang dapat dinikmati oleh manusia, hewan, dan makhluk hidup lain.
  4. Mengatur Siklus Air. Tanaman bisa menyerap air kemudian diolah menjadi uap air melalui proses transpirasi.
  5. Penyerap Karbondioksida. Saat melakukan fotosintesis tumbuhan menyerap karbondioksida sehingga dapat mengurangi polusi udara.
  6. Sumber Pangan. Sebagian besar tumbuhan menjadi sumber pangan baik untuk manusia maupun hewan. Tumbuhan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan bagi tubuh.
  7. Sebagai Bahan Obat. Tumbuhan juga bisa menjadi obat bagi manusia atau hewan. Tanaman seperti jahe, temulawak, cengkeh, dan rempah lainnya sering dimanfaatkan sebagai obat herbal.
  8. Bahan Sandang. Banyak tumbuhan yang menghasilkan serat untuk pembuatan bahan sandang. Tumbuhan yang biasanya digunakan sebagai bahan sandang antara lain; rami, kapas, linen, bambu, dan lain sebagainya.
  9. Material Membuat Bangunan. Tumbuhan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan papan atau tempat tinggal. Misalnya pohon jati yang batangnya digunakan sebagai bahan bangunan.
  10. Bahan Kosmetik. Banyak tumbuhan yang biasanya digunakan untuk membuat produk kecantikan seperti lulur, masker kecantikan, krim, sampo, sabun, dan lain sebagainya.
  11. Bahan Baku Industri. Banyak tumbuhan yang menjadi bahan baku utama dalam sebuah perusahaan. Misalnya perusahaan karet, yang menjadikan pohon karet sebagai komoditas utama. Atau perusahaan minyak sawit yang menjadikan kepala sawit sebagai bahan baku utama.

2. Manfaat Hewan
Hewan tidak hanya dapat dijadikan sebagai peliharaan saja. Beberapa jenis hewan dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan hidup manusia dan lingkungannya. Secara umum, berikut ini merupakan manfaat hewan bagi kehudipan manusia, antara lain:
  1. Sebagai Pengurai. Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara.
  2. Membantu Proses Penyerbukan Bunga. Hewan seperti kupu-kupu, burung, dan lebah merupakan hewan yang dapat membantu penyerbukan tanaman.
  3. Sebagai Penghasil Pupuk Organik. Hewan dapat bermanfaat sebagai penghasil pupuk organik. Kotoran hewan secara alami digunakan sebagai pupuk oleh tumbuhan.
  4. Sebagai Konsumen Rantai Makanan. Hewan merupakan konsumen yang memakan tumbuhan bahkan hewan lainnya dalam rantai makanan.
  5. Menghasilkan Bahan Sandang (pakaian). Hewan seperti ulat sutera, ular, kulit kambing, dan lain-lain dapat dimanfaatkan sebagai bahan sandang.
  6. Membantu Pekerjaan Manusia. Beberapa hewan seperti kuda, sapi, dan kerbau dimanfaatkan tenaganya untuk meringankan pekerjaan manusia.
  7. Bahan Obat-obatan. Hewan bisa sebagai bahan obat, misalnya cacing, biawak, ular, badak.
  8. Bahan pangan. Hewan sebagai bahan pangan (makanan) misalnya untuk diambil susu, daging atau telurnya.
  9. Mendukung penelitian dalam dunia hewan. Beberapa hewan dimanfaatkan sebagai objek penelitian untuk ilmu pengetahuan.
  10. Bahan kerajinan. Bagian-bagian tubuh hewan tertentu seperti kulit dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan. Salah satu contoh kerajinan Indonesia yang terbuat dari bahan kulit hewan adalah wayang kulit.
  11. Sebagai hewan peliharaan. Hewan peliharaan seperti kucing dan kelinci bermanfaat sebagai teman bermain yang menyenangkan.

B. Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan Di Rumah dan Sekolah
Hewan dan tumbuhan juga dimanfaatkan oleh manusia baik di rumah maupun di sekolah. Berikut ini beberapa pemanfaatan hewan dan tumbuhan baik di sekolah maupun di rumah.

Di Rumah
Nama TumbuhanManfaatNama HewanManfaat
JaheBahan obat dan BumbuSapiBahan makanan dan tenaganya
MawarHiasan rumahKelinciBahan makanan
Jambu bijiBahan makanan dan obatKucingPenjaga rumah
ManggaBahan makanan dan peneduhAyamBahan makanan
PalemPenghias dan PenyejukIkanBahan makanan
AnggrekTanaman hiasKambingBahan makanan

Di Sekolah
Nama TumbuhanManfaatNama HewanManfaat
MelatiTanaman hiasIkanBahan percobaan
MawarTanaman hiasKelinciBahan percobaan
KetapangPenyejuk halamanCacingBahan percobaan
FeliciumPenyejuk halamanBelalangBahan percobaan
PalemPenghias dan PenyejukKatakBahan percobaan
KambojaTanaman hiasSeranggaBahan percobaan

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekitarnya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 7, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.