Home » » Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Pada Pembelajaran Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. KD 4.3Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

A.Listrik Statis dan Listrik Dinamis
Energi listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik. Listrik memiliki dua muatan yaitu muatan negatif dan muatan positif.

1. Listrik Statis
Listrik statis adalah muatan listrik yang tidak mengalir pada suatu benda. Listrik statis akan hilang jika ketika kedua benda memiliki muatan yang sama. Oleh karena itu kemunculan listrik statis hanya terjadi sementara. Salah satu contoh fenomena listrik statis adalah saat menggosok pengaris dan menempelkan pada potongan kertas.

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
Listrik Statis
  1. Siapkan penggaris plastik.
  2. Potonglah kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja.
  3. Dekatkan penggaris plastik pada potonganpotongan kertas.
  4. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  5. Gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas.
  6. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  7. Ulangi kegiatan di atas beberapa kali.

Setiap benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama. Saat penggaris plastik digosok-gosokkan pada rambut kering, elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif.

Ketika penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potonganpotongan kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang dekat penggaris menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh penggaris plastik.

Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik.

Contoh Gejala Listrik Statis antara lain sebagai berikut :
  • Listrik statis terjadi ketika terbentuknya petir saat hujan
  • Gosokan kain sutra dengan kaca
  • Gosokan batang plastik dengan kain wol
  • Tangan didekatkan dengan layar Televisi
  • Saat menyisir rambut akan terbawa berdiri sendiri seiring dengan gerakan sisir
  • Debu yang tertempel pada layar tv
  • Penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil

2. Listrik Dinamis
Listrik dinamis adalah muatan listrik yang dapat bergerak. Energi listrik bergerak dari kutub positif menuju kutub negatif. Salah satu contoh listrik dinamis adalah pada rangkaian baterai. Baterai memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. Jika kutub positif dan negatif dihubungkan dengan kabel maka akan terjadi aliran listrik. Aliran listrik dapat diputus jika penghubung antarkutub diputus menggunakan sakelar.
Baterai
Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

C. Perubahan Bentuk Energi Listrik
Perubahan energi adalah suatu perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Contoh perubahan energi seperti listrik, mekanik, elektromagnetik, suara, kimia, dan termal. Terdapat berbagai contoh perubahan energi yang ada di sekitar kita yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Energi listrik merupakan bentuk energi yang paling banyak mengalami perubahan bentuk yang dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, misalnya:
  1. Perubahan dari energi listrik menjadi energi panas misalnya pada setrika listrik, kompor listrik, dan solder listrik.
  2. Perubahan energi listrik menjadi energi suara misalnya pada radio, tape, dan televisi.
  3. Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya misalnya pada lampu.
  4. Perubahan energi listrik menjadi energi gerak, misal pada kipas angin, dan mesin cuci.
  5. Perubahan energi listrik menjadi energi panas, misalnya pada rice cooker dan hairdryer. 

Perhatikan gambar beberapa alat elektronik berikut.
Peralatan Listrik
1. Apa yang menyebabkan lampu senter dapat menyala?
Energi listrik yang berasal dari baterai mengalir melewati bohlam, sehingga bohlam pada senter dapat menyala.
2. Apa yang menyebabkan kipas angin dapat berputar?
Energi listrik yang mengalir akan menggerakan motor di dalam kipas, sehingga menjadikan bilah-bilah kipas angin berputar.
3. Apa yang menyebabkan setrika menjadi panas?
Energi listrik yang mengalir melewati elemen pemanas di dalam setrika akan membuat elemen memanas, sehingga setrika menjadi panas.
4. Apa yang menyebabkan air dapat membeku di dalam lemari pendingin?
Energi listrik yang mengalir melewati mesin pada lemari pendingin akan membuat bahan pendingin bekerja, sehingga air dapat membeku.

Peralatan elektronik dapat bekerja karena ada aliran arus listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain. 
  1. Saat arus listrik mengalir melewati bohlam, bohlam akan menyala. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya.
  2. Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak. Saat arus listrik mengalir melewati motor di dalam kipas angin, motor akan berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin.
  3. Saat arus listrik melewati elemen pemanas di dalam setrika, elemen akan menjadi panas. Energi listrik berubah menjadi energi panas.
  4. Pada lemari pendingin, arus listrik akan memutar motor pada mesin lemari pendingin dan membuat bahan pendingin bekerja.

Saat ini alat elektronik menjadi kebutuhan manusia untuk memempermudah kehidupan. Di rumah dan di sekolahmu, tentu kamu menggunakan berbagai alat elektronik. 

Tuliskan peralatan elektronik yang kamu ketahui beserta fungsinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
No.Nama Alat ElektronikFungsi
1.LampuPenerangan
2.TelevisiMedia informasi dan hiburan
3.RadioMedia informasi dan hiburan
4.Telepon genggamAlat komunikasi dan hiburan
5.KulkasAlat pendingin makanan dan minuman
6.ACAlat pendingin ruangan
7.Kipas anginAlat penyejuk ruangan
8.Vacum cleanerAlat pembersih debu dan kotoran
9.SetrikaAlat merapikan pakaian
10.BlenderAlat menghaluskan bahan makanan

Demikian pembahasan mengenai Listrik Statis dan Listrik Dinamis. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 7, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.