Home » » Manfaat Gaya Otot dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Gaya Otot dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada Pembelajaran Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di NegerikuSubtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. KD 4.3Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

A. Macam Macam Gaya
Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak di sebut gaya. Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan mempengaruhi benda tersebut. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda yang semula diam menjadi bergerak, menyebabkan benda yang semula bergerak menjadi berhenti atau berubah arah, atau merubah bentuk benda. 

Pada saat kita menendang bola maka bola akan bergerak dan berubah arah. Sedangkan contoh perubahan bentuk benda karena pengaruh gaya adalah ketika kamu bermain dengan plastisin. Kamu dapat membuat berbagai macam bentuk.
Macam Gaya
Berdasarkan penyebabnya, gaya dapat dibedakan dalam berbagai macam. Macam-macam gaya tersebut sebagai berikut.
  1. Gaya Otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot-otot tubuh kita. Misalnya ketika kita menendang bola, maka kita mengerahkan gaya otot kaki kita. Gaya otot sangat fleksibel karena dikendalikan oleh koordinasi biologis pada manusia. Oleh karena itu, gaya otot bisa mendorong dan menarik.
  2. Gaya Magnet adalah gaya yang diakibatkan oleh magnet. Misalnya ketika kita mendekatkan magnet batang pada paku besi. Paku besi akan tertarik dan menempel pada magnet batang. Gaya magnet bersifat menarik benda-benda yang terbuat dari besi.
  3. Gaya Gravitasi Bumi adalah gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik Bumi terhadap segala benda di permukaan Bumi. Adanya gaya gravitasi menyebabkan kita tetap dapat berdiri di atas permukaan Bumi dan tidak melayang-layang di udara.
  4. Gaya Mesin adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin. Gaya mesin sangat membantu aktivitas kita. Misalnya gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin derek dan kerja motor pada mesin kendaraan.
  5. Gaya Listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh muatan-muatan listrik. Gaya listrik misalnya terdapat pada sisir dan penggaris plastik yang telah digosok dengan rambut kering, sehingga dapat menarik sobekan kertas-kertas kecil. Sisir atau penggaris plastik yang telah digosok dengan rambut kering akan memiliki muatan listrik karena kelebihan elektron. Gaya listrik juga terjadi ketika batang kaca digosok-gosok dengan kain sutera kering karena kekurangan elektraon.
  6. Gaya Pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja benda elastis. Contoh gaya pegas terdapat pada ketapel dan busur panah. Karet elastis pada ketapel dapat digunakan untuk melontarkan batu kecil. Tali pada busur panah dapat digunakan untuk melesatkan anak panah.
  7. Gaya gesek adalah gaya gesek adalah gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan benda saling bersentuhan. Misal gaya gesek pada alas sepatu yang bergesekkan dengan lantai.

Contoh peristiwa yang menunjukkan gaya dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut
  1. Gaya otot pada saat menyapu lantai.
  2. Gaya magnet pada pintu kulkas.
  3. Gaya gesekan sepatu atau sendal dengan jalanan.
  4. Gaya pegas pada pulpen.
  5. Gaya gravitasi pada buku yang jatuh ke lantai.
  6. Gaya tarik/dorong pada mesin sepeda motor.

B. Pengaruh Gaya Terhadap Benda
Peristiwa gerakan benda berhubungan erat dengan gaya. Tanpa campur tangan gaya, suatu benda tidak akan bisa berpindah tempat, bergerak atau berhenti. Berikut ini beberapa pengaruh gaya terhadap benda.
  1. Gaya dapat membuat benda diam jadi bergerak contohnya ketika bola ditendang, bola akan menggelinding atau melayang
  2. Gaya dapat membuat benda bergerak jadi diam contohnya ketika bola datang dan kaki menendang bola dengan kekuatan yang cukup, bola akan menggelinding ke arah sebaliknya
  3. Gaya dapat memengaruhi arah gerak benda contohnya bola yang dilempar ke arah tembok berubah arah setelah membentur tembok.
  4. Gaya dapat memengaruhi kecepatan gerak benda contohnya mobil bisa jalan, dan melaju lebih cepat karena adanya gaya yang bekerja di dalam mesin
  5. Gaya dapat mengubah bentuk benda contohnya kaleng minuman kosong menjadi penyok setelah diinjak

Sekarang, perhatikan gambargambar berikut. Lalu, jawablah pertanyaan pada setiap gambar.
Contoh Gaya
  1. Mobil pada gambar dapat bergerak karena didorong menggunakan kekuatan otot.
  2. Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik.
  3. Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
  4. Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi
  5. Kursi mudah dipindahkan karena menggunakan roda. Roda dapat menghilangkan gaya gesek kaki kursi dengan lantai.
Gaya mempunyai banyak jenis sesuai dengan sumber yang melakukan gaya. Macam-macam gaya antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek.

C. Manfaat Gaya Otot dalam Kehidupan Sehari-hari
Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baik manusia atau hewan. Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan manusia dapat terbantu dengan adanya gaya otot. Otot merupakan jaringan tubuh manusia atau hewan yang memiliki fungsi sebagai alat gerak. Otot bisa berkontraksi (memendek dan menebal) atau berelaksasi (memanjang dan menipis), sehingga tulang dan sendinya bergerak hingg menghasilkan gerakan pada tubuh.

Beberapa manfaat gaya otot dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :
  1. Memindahkan Suatu Benda. Salah satu pemanfaatan gaya otot adalah memindahkan suatu benda. Contoh dari pemanfaatan gaya otot seperti untuk memindahakan suatu benda, seperti: mengangkat meja dan menendang bola
  2. Menekan Benda. Gaya menekan pada suatu benda baik itu keras maupun lentur merupakan gaya otot. Salah satu contoh pemanfaatan gaya ini dalam kehidupan sehari-hari adalah menekan keyboard yang ada pada ponsel.
  3. Menggerakkan Benda yang Diam. Gaya otot dapat memberi percepatan pada benda yang sedang diam. Contohnya adalah ketika menendang bola yang diam di lantai, maka bola akan melesat sesuai dengan kecepatan yang diberikan untuk tendangan tersebut.
  4. Bisa Membentuk Postur Tubuh. Postur tubuh dipengaruhi oleh otot, tulang, dan rangka manusa. Misalnya saja saat otot punggung bisa memberikan postur, menjaga postur tubuh agar bisa tetap tegap saat melakukan banyak gerakan.
  5. Membantu Melakukan Aktivitas Sehari-hari. Saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, gaya otot merupakan bagian yang sangat penting. Gaya ini membantu manusia untuk bisa mengangkat, menekan, mendorong, atau menarik benda. 
  6. Membantu Makhluk Hidup untuk Bergerak. Pemanfaatan gaya otot selanjutnya adalah untuk membantu pergerakan atau mobilitas sehari-hari seperti berjalan dan berlari.
  7. Mengubah Bentuk Benda. Gaya otot bisa mengubah bentuk suatu benda Moms dengan gaya yang diberikan. Contohnya, gaya otot juga bisa membuat patung dari tanah liat, menghancurkan barang, atau mengempeskan bola.

Gaya otot dimanfaatkan pada beberapa kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan contoh kegiatan menggunakan gaya otot berikut
Aneka Gaya Otot
Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.
  1. Apa yang dimaksud gaya otot?
  2. Perhatikan gambar contoh-contoh gaya otot di depan. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda yang dikenai gaya pada setiap gambar?

Tuliskan hasil diskusi kelompokmu, bacakan di depan kelompok lain, lalu serahkan kepada Bapak/Ibu guru.
Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baik manusia atau hewan. Pengaruh gaya otot terhadap benda: benda berpindah tempat atau berubah bentuk.

Contoh Pemanfaatan Gaya Otot
Tuliskan contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut ini. 
Pemanfaatan Gaya Otot
No.ManfaatContoh Kegiatan
1.Memindahkan bendaSapi menarik pedati dan mendorong meja
2.Menggerakan tubuhBerlari dan berjalan
3.Melakukan pekerjaanMenyapu halaman dan menimba air
4.Melatih dan membentuk tubuhSit up, Pull up, dan Split
5.Membawa perlengkapan sekolahMembawa tas sekolah

Demikian pembehasan mengenai Manfaat Gaya Otot dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 7, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.