Home » » Kondisi Geografis Negara Negara Anggota Asean

Kondisi Geografis Negara Negara Anggota Asean

Pada Pembelajaran Kelas VI Tema 8 Bumiku Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. KD 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.

Kawasan Asia Tenggara
Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara berada di daerah tropis. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania.

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik.

Sebagian besar wilayah Asia Tenggara terletak di daerah tropis. Tingginya curah hujan ini juga menyebabkan kawasan Asia Tenggara banyak hutan lebat. Di kawasan Asia Tenggara, berlaku musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan yang lebat menjadikan wilayah ini subur. Salah satu daerah pertanian yang subur di Asia Tenggara adalah daerah aliran Sungai Mekong. Sungai ini melintasi Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

1. Keadaan Alam Negara Singapura
Keadaan Alam Singapura
SINGAPURA
IbukotaSingapuraLagu KebangsaanMajulah Singapura
Luas622 km²PemerintahanRepublik
Kelompok EtnisTionghoa , Melayu, India.Kepala NegaraPresiden
BahasaMelayu, Cina, Tamil, Inggris.Kepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaTao, Buddha, Islam, Kristen.Mata UangDollar Singapura
Singapura merupakan negara kepulauan. Pulau Singapura dengan ukuran panjang 41,8 km dan lebar 22,9 km merupakan pulau terbesar di negara itu. Hampir semua wilayahnya berupa dataran rendah. Suhu udara di Singapura rata-rata 26º C. Republik Singapura terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa. Selat Johor memisahkan Malaysia dan Singapura.

Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki 63 pulau kecil. Pulau-pulau itu, antara lain Pulau Tekong, Pulau Ubin, dan Pulau Sentosa. Lokasi tertinggi di Singapura berada di Bukit Timah dengan ketinggian 163,63 m. Cagar alam yang terkenal terletak di Bukit Timah Nature Reserve. Ada pula taman botani yang terkenal, yaitu Singapore Botanic Garden.

2. Keadaan Alam Negara Thailand
Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah, yaitu dataran rendah, pegunungan, pegunungan kapur, dan Tanah Genting Kra. Bagian utara dan barat wilayah Thailand merupakan pegunungan. Pohon jati banyak tumbuh di pegunungan utara. Bagian tengah wilayah Thailand berupa dataran rendah. Sungai utama di Thailand adalah Sungai Chao Phraya, Sungai Chi, dan Sungai Mun. Negara Thailand beriklim tropis.
  1. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Daerah ini merupakan daerah subur.
  2. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Gunung tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.576 m).
  3. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato.
  4. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan.
Peta Thailand dan Vietnam
THAILAND
IbukotaBangkokLagu KebangsaanPheng Chart Thai
Luas513.115 km²PemerintahanKerajaan
Kelompok EtnisThai, Tionghoa, Melayu.Kepala NegaraRaja
BahasaThai.Kepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaBuddhaMata UangBaht
Batas Negara : Sebelah utara berbatasan dengan Laos, sebelah timur dengan Kamboja, sebelah selatan dengan Malaysia, sebelah barat dan barat daya berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman.

3. Keadaan Alam Negara Vietnam
Luas Vietnam kurang lebih 331.210 km². Daerahnya terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat serta sedikit dataran rendah. Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka.
Vietnam
IbukotaHanoiLagu KebangsaanTiến Quân Ca
Luas331.210 km²PemerintahanRepublik Sosialis
Kelompok EtnisVietnam, China, Prancis, InggrisKepala NegaraPresiden
BahasaVietnamKepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaTradisional, Buddha, KristenMata UangDong
Batas Negara : Sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Laut Cina Selatan, sebelah barat berbatasan dengan Teluk Siam, Kampuchea dan Laos.

4. Keadaan Alam Negara Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas pulau-pulau besar dan kecil. Jumlah pulau yang terdapat di Indonesia adalah 16.056 pulau. Pulau-pulau besarnya antara lain Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua.

Ketampakan alam yang ada di Indonesia terdiri dari pegunungan, gunung, laut, sungai dan danau. Pegunungan tertinggi di Indonesia terdapat di Papua, yaitu Pegunungan Sudirman dengan puncaknya yang tertinggi bernama Puncak Jaya yang ketinggiannya 4.884 meter. Sungai terpanjangnya adalah Sungai Kapuas (Kalimantan) sedangkan danau yang terbesar adalah Danau Toba (Sumatra Utara). Indonesia terletak di daerah khatulistiwa sehingga iklimnya adalah tropis.
Indonesia
IbukotaJakartaLagu KebangsaanIndonesia Raya
Luas5.180.053 km²PemerintahanRepublik
Kelompok EtnisJawa, Sunda, Batak, Bugis, China, Arab, dllKepala NegaraPresiden
BahasaIndonesiaKepala PemerintahanPresiden
AgamaIslam, Buddha, Kristen, Hndu, Khonghucu, KepercayaanMata UangRupiah
Batas Negara : Sebelah Utara : Malaysia, Singapura, Filipina dan Laut Cina Selatan. Sebelah Selatan : Timor Leste, Australia, Samudra Hindia. Sebelah Barat : Samudra Hindia. Sebelah Timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik

5. Keadaan Alam Negara Malaysia
Luas Wilayah Malaysia kurang lebih 329.847 km² yang terdiri atas dua bagian, yaitu wilayah Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Wilayah Malaysia Barat terletak di semenanjung Malaka yang terdiri atas sebelas negara bagian, yaitu Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Trenggano. 

Pegunungan tertingginya bernama Gunung Tahan dengan tinggi 2.18 meter. Malaysia Timur terletak di sebelah utara Kalimantan yang terdiri atas dua negara bagian, yaitu Serawak dan Sabah. Di sini juga terdapat pegunungan tertinggi yaitu Gunung Kinabalu yang mencapai ketinggian 4.095 meter.
Malaysia
IbukotaKuala LumpurLagu KebangsaanNegaraku
Luas329.847 km²PemerintahanMonarki Konstitusional
Kelompok EtnisBumiputera, Tionghoa, IndiaKepala NegaraYang di-Pertuan Agong
BahasaMelayu, InggrisKepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaIslam, Buddha, Kristen, Hindu, KepercayaanMata UangRinggit
Batas Negara : Batas sebelah utara: Thailand, Batas sebelah selatan: Singapura dan Indonesia, Batas sebelah barat: Indonesia, Batas sebelah timur: Indonesia, Thailand, Kamboja, serta Vietnam.

6. Keadaan Alam Negara Brunei Darusalam
Luas wilayah Brunei Darussalam sekitar 5.765 km². Letaknya di Kalimantan Utara. Sebelah selatan, barat dan timurnya, berbatasan langsung dengan Serawak (negara bagian timur Malaysia), sedangkan sebelah utaranya berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Wilayah Brunei terdiri atas dua, yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah barat merupakan daerah dataran rendah dan berawa sedangkan wilayah timur merupakan daerah yang berbukit. Brunei Darussalam mempunyai gunung bernama Bukit Pagon dengan tinggi yang mencapai 1.850 meter.
Brunei Darussalam
IbukotaBandar Seri BergawanLagu KebangsaanAllah Peliharakan Sultan
Luas5.765 km²PemerintahanMonarki Absolut
Kelompok EtnisMelayu, TionghoaKepala NegaraSultan
BahasaMelayu, InggrisKepala PemerintahanSultan
AgamaIslamMata UangDollar Brunei
Batas Negara : Sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Sebelah timur, selatan, dan barat berbatasan dengan negara bagian Serawak, Malaysia.

7. Kondisi Alam Negara Philipina
Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Luas wilayah Filipina sekitar 300.000 km². Seperti halnya Indonesia, Filipina merupakan negara kepulauan. Jumlah pulaunya kurang lebih 7.641 pulau. Pulau-pulau besarnya adalah Pulau Luzon, Pulau Mindore, Palawan, Cebu, Negros, dan Pulau Mindanao.

Kepulauan Filipina termasuk daerah Pegunungan Lipatan Pasifik dan memiliki banyak gunung api yang di antaranya masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzon adalah Gunung Mayon dengan tinggi 2.463 meter, sedangkan gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo dengan ketinggian 2.954 meter. Kota pelabuhan terbesar di Filipina adalah Cavite yang terdapat di Pulau Luzon.
Philipina
IbukotaManilaLagu KebangsaanLupang Hinirang
Luas300.000 km²PemerintahanRepublik
Kelompok EtnisVisayan, Tagalog, Moro, Ilokano, Bikolano, Kapampangan, Igorot, Pangasinan, TionghoaKepala NegaraPresiden
BahasaFilipino, InggrisKepala PemerintahanPresiden
AgamaKristen, Katolik, IslamMata UangPeso
Batas Negara : Laut Cina Selatan di sebelah Barat, Samudra Pasifik di sebelah Timur, Laut Sulawesi dan Laut Sulu di Selatan

6. Keadaan Alam Negara Myanmar
Luas wilayah negara Myanmar kurang lebih 676,575 km². Iklim yang terdapat di Myanmar terbagi dua, yaitu Myanmar bagian selatan beriklim tropis, sedangkan bagian utara beriklim subtropis. Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan Myanmar dengan Thailand. Di bagian tengah berupa dataran rendah yang dialiri oleh Sungai Irawadi dan beberapa sungai lainnya.

Di bagian utara berbatasan dengan Cina dan India yang berupa pegunungan (bagian dari pegunungan Himalaya). Di bagian selatan terdapat garis pantai sepanjang Laut Andaman dan Teluk Benggala.
Myanmar
IbukotaNaypydawLagu KebangsaanKambha Ma Kye
Luas676,575 km²PemerintahanRepublik
Kelompok EtnisBamar, Shan, Karen, Rakhine, Tionghoa, India, MonKepala NegaraPresiden
BahasaBurmaKepala PemerintahanPresiden
AgamaBudha, Kristen, IslamMata UangKyat
Batas Negara : India dan Bangladesh di sebelah barat, Thailand dan Laos di sebelah timur dan China di sebelah utara dan timur laut

9. Keadaan Alam Negara Kamboja
Kamboja terletak di semenanjung Indocina. Berbatasan dengan Laos di sebelah utara, di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Vietnam sedangkan di sebelah barat dan utara berbatasan dengan Thailand.

Luas wilayah Kamboja sekitar 181.035 km². Daerah Kamboja yang dilalui oleh Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Terdapat pegunungan Cardamon sepanjang 160 km yang berbatasan dengan Thailand. Tinggi puncak pegunungan Cardamon adalah 1.813 meter. Pada umumnya negara Kamboja beriklim tropis.
Kamboja
IbukotaPhnom PenhLagu KebangsaanNokor Reach
Luas181.035 km²PemerintahanMonarki Konstitusional
Kelompok EtnisKhmer, Camp, Vietnam, TionghoaKepala NegaraRaja
BahasaKhmer, Camp, PerancisKepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaBudha, Kristen, Islam, Agama RakyatMata UangRiel
Batas Negara : Thailand di sebelah barat dan utara, Laos di timurlaut dan Vietnam di timur dan tenggara

10. Keadaan Alam Negara Laos
Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Laos terletak di semenanjung Indoncina, dengan luas wilayahnya sekitar 237.955 km². Laos beriklim musim. Wilayah Laos umumnya dikelilingi oleh hutan dan pegunungan. Di sebelah utara berbatasan dengan Cina, sebelah timur dengan Vietnam, sebelah selatan dengan Thailand dan Kamboja, dan sebelah barat berbatasan dengan Myanmar dan Thailand.

Wilayah Laos sebelah utara terdapat pegunungan dan dataran tinggi yang membentang sepanjang batas timur dengan puncaknya adalah Gunung Bia. Sungai penting di Laos adalah Sungai Mekong yang mengalir dari barat daya ke arah tenggara hingga perbatasan Thailand. Daerah sepanjang Sungai Mekong ini dijadikan daerah pertanian. Sungai Mekong juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi.
Laos
IbukotaVientianeLagu KebangsaanPheng Xat Lao
Luas237.955 km²PemerintahanRepublik Sosialis
Kelompok EtnisLao, Khmu, Hmong, Phouthay, Tai, Makong, Katong, Lue, Akha.Kepala NegaraPresiden
BahasaLaoKepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaBudha, Satsana Phi, Kristenan, IslamMata UangKip
Batas Negara : Thailand dan Myanmar, sebelah utara berbatasan dengan Cina dan Vietnam, sebelah timur dengan Vietnam, dan di selatan ada negara Kamboja

Demikian pembahasan mengenai Kondisi Geografis Negara Negara Anggota Asean. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas VI tema 8, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:18 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.