Home » » Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Ekonomi dan Politik

Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Ekonomi dan Politik

Indonesia merupakan salah satu anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).  Negara-negara yang terletak di Asia Tenggara bersepakat untuk membentuk sebuah organisasi yang bernama ASEAN. Organisasi ASEAN didirikan 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN bertujuan menjalin kerja sama antarnegara Asia Tenggara.

ASEAN diprakarsai oleh perwakilan lima negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), Rajaratnam (Singapura), dan Marciso Ramos (Filipina). Mereka menandatangani deklarasi pendirian ASEAN. Deklarasi itu bernama Deklarasi Bangkok. Indonesia menjalin kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama tersebut dilakukan demi kemajuan anggota. Kerja sama ASEAN tersebut diwujudkan dalam beberapa bidang berikut.
Peta ASEAN
A. Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi
Indonesia tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), yakni sebuah organisasi yang menghimpun negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN dibentuk untuk beberapa tujuan, di antaranya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan di negara-negara anggotanya. Berikut ini adalah bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi.

1. Pembukaan Pusat Promosi ASEAN
Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang yang merupakan negara yang mempunyai perkembangan cepat dalam berbagai sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang mempunyai tujuan untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.

2. Penyediaan Cadangan Pangan
Bentuk kerja sama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerja sama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat. Misalnya, ketika salah satu negara ASEAN mengalami krisis pangan karena bencana, negara lain siap menyuplai cadangan pangan untuk negara tersebut.

3. Penyelenggaraan Proyek Industri
Beberapa proyek industri ASEAN sebagai berikut.
  • ASEAN Aceh Fertilizer Project, yaitu pabrik pupuk di Aceh-Indonesia.
  • ASEAN Urea Project, pabrik pupuk di Malaysia.
  • ASEAN Copper Fabrication Project, yaitu pabrik tembaga di Filipina.
  • ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura.
  • Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.

4. Kawasan Perdagangan Bebas
Kawasan perdagangan bebas ASEAN atau AFTA (ASEAN Free Trade Area) merupakan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi. AFTA bertujuan memajukan sektor produksi lokal yang ada di seluruh negara ASEAN.

5. Koperasi ASEAN
Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) merupakan salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Dalam tujuannya, Koperasi ASEAN mempunyai keinginan untuk mengokohkan organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.

B. Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik
ASEAN dibentuk agar dapat mewujudkan suatu komunitas yang damai, stabil, terbuka dan sejahtera. Adapun beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan oleh negara ASEAN, salah satunya di bidang politik dan keamanan. ASEAN juga dibentuk dengan tujuan untuk meminimalisasi masalah yang timbul dari interaksi antarnegara dalam berbagai bidang. Beberapa bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang politik antara lain sebagai berikut.

1. Defense Ministers Meeting
ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah bentuk kerja sama di bidang politik. ADMM yang merupakan pertemuan rutin menteri keamanan negaranegara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas kerja sama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara-negara ASEAN.

2. Pengiriman Duta dan Konsulat
Pengiriman duta dan konsulat merupakan langkah yang dilakukan agar wakil negara selalu ada dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.

3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN
Perjanjian ekstradisi negara-negara ASEAN merupakan bentuk kerja sama bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN.

4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerja sama negara-negara ASEAN di bidang politik mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. Dalam Perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.

5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral
Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerja sama negaranegara di ASEAN untuk menjaga setiap negara agar tetap damai.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.