Home » » Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pada Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan akan mempelajari tentang menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia. mepresentasikan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia. Menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila. Menceritakan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila. Mengidentifikasi ciri-ciri cedera luka dan luka memar, serta bagaimana penanggulangannya. Mempraktikkan penanggulangan cedera luka dan luka memar saat melakukan aktifitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Tahukah kamu, siapa lagi pahlawan yang berjuang untuk mempertahankan wilayahnya? Bagaimana sifat perjuangan pahlawan tersebutTahukah Kamu?

Pangeran Diponegoro
Setelah kekalahannya dalam Peperangan era Napoleon di Eropa,pemerintah belanda yang berada dalam kesulitan ekonomi berusaha menutup kekosongan kas mereka dengan memperlakukan berbagai pajak di wilayah jajahannya,termasuk di Hindia Belanda.

Untuk memperkuat kekuasaan dan perekonomiannya,belanda mulai berusaha menguasai kerajaan kerajaan lain di Nusantara,salah satu diantaranya adalah kerajaan Yogyakarta. Pada pertengahan bulan Mei 1825, pemerintah Belanda yang awalnya memerintahkan pembangunan jalan dari Yogyakarta ke Magelang lewat Muntilan, mengubah rencanannya dan membelokkan jalan itu melewati Tegalrejo.

Pangeran Diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwono III,seoang raja Mataram di Yogyakarta. Rupanya pembangunan jalan yang dilakukan Belanda tepat melintasi makam dari leluhur pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro tersinggung karena Belanda ingin membangun jalan tapi melewati Makam leluhur dari pangeran Diponegoro.

Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825- 1830. Perang Diponegoro merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara. Peperangan ini terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa sehingga disebut Perang Jawa.

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; dari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati. Usaha ini berhasil karena disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Tulislah pertanyaan sebanyak mungkin tentang perjuangan Pangeran Diponegoro.
1. Siapakah nama asli Pangeran Diponegoro?
Pangeran Diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwono III,seoang raja Mataram di Yogyakarta.

2. Dimana tempat dan tanggal lahir Pangeran Diponegoro?
Pangeran Diponegorolahir pada 11 November 1785 di Yogyakarta

3. Bagaimana awal mula terjadinya Perang Diponegoro?
Perang Diponegoro disebabkan oleh menguatnya pengaruh Belanda di dalam tubuh keraton. Perang akhirnya terjadi pada Mei 1825 ketika Smissaert memperbaiki jalan Yogyakarta-Magelang melalui Tegalrejo. Perbaikan jalan tersebut melewati batas atau patok makam leluhur Diponegoro sehingga membangkitkan amarahnya.

4. Berapa lama Perang Diponegoro berlangsung dan bertempat di pulau mana?
Perang Diponegoro yang juga dikenal dengan sebutan Perang Jawa adalah perang besar dan berlangsung selama lima tahun (1825-1830) di Pulau Jawa, Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

5. Kapan Pangeran Diponegoro wafat dan dimanakah makam beliau?
Pangeran Diponegoro menghabiskan sisa hidupya hingga tutup usia pada 8 Januari 1855. Ia dimakamkan di Jalan Diponegoro, Makassar.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan informasi yang kamu peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro
Pangeran Diponegoro
Tukarkan peta pikiran yang telah kamu buat dengan temanmu. Minta mereka menuliskan komentar mereka tentang isi peta pikiran yang telah kamu buat.
Komentar :
Peta pikiran yang dibuat temanku sudah cukup baik dan sesuai dengan isi bacaan
Diskusikan komentar yang telah kamu buat secara berpasangan dan presentasikan peta pikiran dan komentar dari temanmu secara berkelompok.

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.

Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawbanmu.
Saya dapat meneladani keberanian dan sikap pantang menyerah melawan penjajah Pangeran Diponegoro.
Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbeda-beda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.
Dalam kehidupan sehari-hari semangat Pangeran Diponegoro dapat diterapkan, misalnya dalam memimpin warga yang berasal dari berbagai macam suku bangsa.
Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan? Tulis pengalaman bekerja sama yang pernah kamu lakukan.
Saya pernah, bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama suku dan ras itu sangat menyenangkan karena kita bisa mencapai tujuan bersama dan kita juga bisa saling menghormati teman yang berbeda agama suku dan ras.

Ayo Berlatih
Tahukah kamu para pahlawan sering mengalami cedera ketika mereka bertempur melawan penjajah. Mereka mengalami cedera, mulai dari cedera  yang ringan hingga cedera berat.

Pada bagian sebelumnya kamu telah mengetahui cara mengatasi cedera, yaitu luka memar.Sekarang, kamu akan berlatih lebih lanjut cara-cara mengatasi cedera tersebut.

Secara berpasangan, diskusikan kembali langkah-langkah dalam mengatasi  cedera memar.
Langkah mengatasi Luka Memar
  1. Kompres bagian yang memar dengan menggunakan air dingin.
  2. Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  3. Setiap tiga jam sekali, ulangi pengompresan dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin dan air hangat secara bergantian.

Gambarlah langkah-langkah dalam mengatasi cedera tersebut, mulai dari  langkah awal sampai akhir. Beri keterangan pada setiap gambar..
Pengompresan
Presentasikan dan peragakan gambar yang telah kamu buat dalam kelompok.

Ayo Renungkan
Hal-hal penting apa yang kamu pelajari dalam satu pekan ini?
Selama sepekan saya belajar tentang Teks Non fiksi, Sifat-sifat cahaya, Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya, Simbol dan makna Sila keempat Pancasila, Tinggi rendah nada, Garis, segmen garis dan sinar garis, Ciri-ciri memar dan penanggulangannya, Garis sejajar dan berpotongan
Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain, dan lingkungan?
Pembelajaran tersebut bermanfaat untuk menghargai jasa para pahlawan, mengatasi luka memar, dan menentukan tinggi rendah nada.
Sikap apa saja yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari- hari?
Sikap yang dapat saya terapkan antara lain Jujur dan Tanggung jawab
Kerja Sama dengan Orang Tua
Jelaskan dan peragakan kepada orang tuamu cara mengatasi luka memar. Minta mereka menulis komentar tentang penjelasan dan peragaanmu tersebut.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.