Home » » Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pada Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan akan mempelajari tentang menjelaskan perjuangan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman Hindu Buddha. Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menceritakan perjuangan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman Hindu Buddha. Setelah mempelajari mengenal notasi dan mengamati contoh lagu yang diberikan guru, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dan tempo pada lagu "Maju Tak Gentar" dengan benar. Setelah mempelajari mengenal notasi dan mengamati contoh lagu yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar" dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat. Sebagai catatan tulisan ni hanya sebagai panduan saja saat mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Siapa lagi tokoh yang terkenal pada zaman Hindu, Buddha, dan  Islam? Pada akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu!
Gajah Mada
Bersama kelompokmu, diskusikan hubungan antargambar tersebut! Tuliskan  hasilnya pada kolom berikut!
Gajah Mada adalah Patih tertinggi pada saat pemerintahan Hayam Wuruk sebagai raja Majapahit. Kerajaan Majapahit menguasai sebagaian besar Nusantara hingga ke luar negeri. Salah satu peninggalan kerajaan Majapahit adalah Candi Panataran,
Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Mahapatih Gajah Mada
1. Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara.

2. Oleh karena kecakapannya, pada tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Patih Kediri.

3. Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya terlebih dahulu kepada Kerajaan Majapahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng. GajahMada akhirnya diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng.

4. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara.

5. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh Kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tetangga.

Berdasarkan cerita sesuai urutan arah panah pada halaman sebelumnya,  tuliskan kembali dengan singkat mengenai Gajah Mada!
Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Akibat kecakapannya, di tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai masa keemasannya.

Ayo Berdiskusi
Bersama teman satu kelompok, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut. 
Tulis jawabanmu pada kertas lain.
1. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?
Tujuan Gajah Mada mengucapkan sumpah Palapa adalah untuk menyatukan Nusantara
2. Apa yang diperjuangkan Gajah Mada?
Mempersatukan nusantara dibawah Kekuasaan Kerajaan Majapahit
3. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan dan berikan contoh!
Gajah Mada memang hampir berhasil menaklukkan Nusantara. Semangat Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dijadikan semangat bangsa Indonesia dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

4. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari Gajah Mada?
Beliau adalah orang yang menyatukan seluruh Nusantara, hingga mencapai Filipina. Gajah Mada telah mengajarkan arti dari persatuan dan kesatuan untuk menjadi sebuah bangsa yang besar. Oleh karena itu untuk menjadi bangsa yang besar dan kuat persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

5. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan! 
Mahapatih Gajahmada adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Gajah Mada dapat menyatukan Nusantara.
Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain!

Perjuangan Gajah Mada sampai saat ini tetap dikenang. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya nama Gajah Mada sebagai nama jalan utama di Indonesia. Kebesaran nama dan kejayaan Majapahit pun dapat pula dilihat dari peninggalannya berupa candi. Untuk mengetahui cerita tentang candi peninggalan Kerajaan Majapahit lebih lanjut, baca informasi di bawah ini!

Ayo Membaca
Kompleks Candi Penataran
Kemegahan dan kebesaran kompleks candi Penataran membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh di masa Kerajaan Majapahit. Candi Penataran dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan dipergunakan pada masa Kerajaan Majapahit.

Di dalam kompleks candi, terdapat arca, bangunan yang disebut Bale Agung, prasasti (batu tulis) dan beberapa candi, di antaranya candi Naga yang berukuran lebar 4,83 meter, panjang 6,57 meter, dan tinggi 4,70 meter. Selain itu, terdapat candi yang dianggap paling suci, yaitu candi Induk. Candi Induk terdiri atas tiga teras bersusun dengan tinggi seluruhnya 7,19 meter.

Tulis pendapatmu tentang candi Panataran!
Candi Panataran membuktikan peranan dan perjuangan tokoh masa Kerajaan Majapahit. Dalam candi tersebut terdapat arca dan prasasti. Candi Panataran sangat indah dan harus dijaga kelestariannya.

Diskusikan pendapat tersebut secara berpasangan!

Gajah Mada adalah tokoh yang memiliki jiwa kepahlawanan yang luar biasa. Tokoh yang pantang menyerah dan tak pernah gentar. Untuk memaknai semangat Gajah Madah yang pantang menyerah, marilah menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.

Ayo Bernyanyi
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggugah semangat kepahlawanan. Salah satu cara tersebut adalah melalui lagu.Sebelumnya, kamu telah belajar membaca notasi lagu “Maju Tak Gentar”. Perhatikan kembali lagu tersebut dan nyanyikan syairnya. Perhatikan terlebih dahulu cara gurumu menyanyikan dengan benar lagu tersebut.
Maju Tak Gentar

1. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu di atas? Jelaskan jawabanmu!
Merasa bangga dan bersemangat untuk membela bangsa.
2. Jelaskan tentang nada dan tempo dalam lagu tersebut. Nilai baik apa yang terkandung dari lagu di atas?
Lagu Maju Tak Gentar termasuk lagu perjuangan. Karya C. Simandjuntak, dengan tanda birama 4/4. Apa fungsi tanda birama? Setiap birama terdapat 4 Ketukan dan masing- masing ketuk bernilai 1/4. Nilai baik dari lagu maju tak gentar adalah pantang menyerah dan cinta tanah air.
3. Apakah ada lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan para pahlawan? Jika ada, tuliskan judul dan makna lagu tersebut!
Ya, di daerah saya terdapat lagu daerah yang menggambarkan perjuangan para pahlawan. Judul lagu tersebut adalah Caping Gunung. Makna lagu Caping Gunung adalah kerinduan dari sang ayah untuk anaknya yang pergi berjuang demi mewujudkan kemerdekaan.

Ayo Renungkan
Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Jelaskan.
Bagian yang saya sukai adalah menyanyikan lagu Maju Tak Gentar karena menimbulkan semangat membela tanah air.
Bagian mana yang belum kamu pahami?
Bagian yang belum saya pahami adalah mengenai tokoh masa Hindu, Budha dan Islam.
Apakah materi yang telah kamu pelajari tersebut bermanfaat dalam  kehidupan sehari-hari?
Materi yang saya pelajari sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal cinta tanah air.
Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Saya merasa sangat senang dan bersemangat.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan kepada orang tuamu tentang perjuangan Gajah Mada. Minta orang  tuamu menuliskan komentar tentang ceritamu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:15 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.