Home » » Karyaku Prestasiku Proyek 6 Bertanyalah kepada Ahlinya

Karyaku Prestasiku Proyek 6 Bertanyalah kepada Ahlinya

Pada kegiatan ini Siswa akan berperan menjadi seorang ahli yang membagikan informasi tentang sebuah topik kepada temannya. Siswa memilih salah satu topik yang disediakan dan mengingat kembali yang sudah dipelajari tentang topik tersebut. Siswa memilih pasangan teman dan membagikan informasi yang ia ketahui tentang topik tersebut. Siswa memberikan kesempatan kepada temannya untuk memberikan pertanyaan–pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang ia pilih. Secara bergantian siswa saling menanya.

Ingatlah kembali topik-topik yang telah kamu pelajari dalam satu tema ini. Pilihlah satu topik yang paling kamu kuasai, topik itu bisa tentang :
  1. Iklan media cetak
  2. Iklan media elektronik
  3. Organ pencernaam manusia
  4. Gangguan pada organ pencernaan manusia
  5. Organ pencernaan sapi
  6. Interaksi manusia dengan lingkungan alam dan ligkungan sosial
  7. Manfaat keanekaragaman dalam kehidupan masyarakat
Anak bertanya
Lakukan Kegiatan Berikut :
  1. Bacalah kembali catatan dan informasi tentang topik yang kamu pilih
  2. Tuliskan apa saja yang kamu pahami tentang topik yang kamu pilih
  3. Carilah pasangan teman yang memilih topik yang berbeda denganmu
  4. Berperanlah sebagai seorang ahli yang membagkan informasi tentang topik yang dipilih kepada temanmu
  5. Mintalah temanmu untuk mengajukan pertanyaan–pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang kamu pilih.
  6. Begitu juga sebaliknya, ajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang dipilih oleh temanmu.

1. Muatan Bahasa Indonesia
Iklan adalah informasi yang berisi membujuk orang banyak agar tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.

Unsur unsur iklan antara lain:
  1. Kalimat deskriptif , yaitu kalimat yang berguna untuk menguraikan spesifikasi dari sebuah barang atau jasa yang diiklankan.
  2. Kalimat persuasif, yaitu kalimat yang berguna untuk membujuk seseorang untuk membeli atau memakai produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Perhatian (attention), iklan seharusnya dapat menarik perhatian pembaca atau pemirsa.
  4. Minat (interest), yakni setelah iklan dapat menarik perhatian maka harus dapat menjadi minat seseorang untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.
  5. Keinginan (desire), yaitu suatu cara untuk menggerakan dan menggugah keinginan calon konsumen akan produk yang ditawarkan
  6. Rasa percaya, untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen tentu iklan harus dibuat semenarik mungkin dan bukti dari iklan yang ditawarkan.
  7. Action (tindakan) yaitu tindakan calon konsumen membeli atau memakai produk dan jasa yang diiklankan.

Iklan yang baik seharusnya memiliki unsur unsur sebagai berikut
  1. Nama produk
  2. Gambar yang menarik
  3. Kalimat iklan yang pesuasif
  4. Harga dan keunggulan dari yang diiklankan
  5. Alamat pengiklan

Kata kunci dalam iklan adalah kata atau serangkaian kata yang menerangkan isi dari sebuah iklan yang ditawarkan. Ciri ciri kata kunci dalam iklan antara lain:
  1. Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk sebuah frase kata.
  2. Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah iklan.
  3. Mewakili sebagain besar/keseluruhan topik/konsep/informasi dari sebuah iklan

Berdasarkan medianya, iklan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
  1. Iklan media cetak, contohnya: koran, majalah, tabloid, surat kabar, buletin.
  2. Iklan media elektronik, contohnya: internet, radio, televisi, aplikasi android.

Kalimat iklan seharusnya menarik, singkat dan jelas serta mengajak pembaca mengikuti yang ditulis atau diiklankan. Ciri iklan yang baik antara lain:
  1. Gambarnya menarik dan pewarnaannya juga bagus
  2. Kalimatnya bersifat mengajak atau persuasif.
  3. Terdapat kata kunci di dalamnya
  4. Bersifat komunikatif.

Untuk mengetahui isi dari sebuah iklan kita harus mencari kata kuncinya terlebih dulu. Tujuan pembuatan iklan antara lain:
  1. Mengajak masyarakat mau membeli produk yang diiklankan
  2. Memberitahu masyarakat tentang produk yang diiklankan

Keunggulan Iklan Elektronik
Iklan bertujuan menarik minat masyarakat untuk membeli atau menggunakan barang dan jasa yang kita tawarkan. Keunggulan dari iklan elektronik yaitu:
  1. Isi informasi yang disampaikan lebih mudah diterima.
  2. Lebih menarik.
  3. Menyebut keunggulan produk didalam iklan

Untuk membuat iklan pada media elektronik juga harus mempersiapkan hal – hal berikut:
  1. Sketsa gambar berdasarkan naskah yang kita buat.
  2. Pemeran dengan karakter yang sesuai.

Langkah – langkah yang perlu dipersiapkan dalam membuat iklan diantaranya:
  1. Memeriksa kembali naskah yang telah dibuat.
  2. Menyiapkan perlengkapan pendukung iklan sesuai dengan naskah yang telah dibuat.
  3. Menyiapkan pemeran yang telah sesuai dengan tokoh pada naskah.
  4. Berlatih sesuai dengan naskah yang telah dibuat.

Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang dan menampilkan iklan:
  1. Iklan yang akan dipasang harus tepat sasaran.
  2. Memilih media yang paling cocok untuk iklan tang telah dibuat.
  3. Memilih waktu pemasangan yang paling tepat.
  4. Membuat perhitungan biaya yang teliti.

Perbedaan Iklan Media cetak dan Media Elektronik
Iklan media elektronik menyajikan gambar yang bisa bergerak dan biasanya dilengkapi audio. Sedangkan  iklan media cetak hanya berisi gambar. tulisan, dan tidak ada audio atau suara

Perbedaan dan persamaan kata kunci iklan media cetak dan iklan media elektronik
1. Media Cetak
  • Penggunaan kata kunci dibatasi ukuran halaman iklan.
  • Bahasa iklan formal
  • Bisa menjelaskan iklan secara rinci dan pakai gambar

2. Media Elektronik
  • Kata kunci dibatasi detik atau durasi
  • Bahasa yang digunakan lugas atau sederhana
  • Menggunakan bahasa tidak formal

3. Persamaan
Sama-sama menggunakan kata kunci yang bertujuan menarik konsumen.

2. Muatan IPA
Organ pencernaan hewan ruminansia antara lain:
  1. Rongga Mulut. Dalam rongga mulut hewan ruminansia umumnya terdiri dari gigi, lidah dan saliva. Jenis gigi yang dimiliki oleh hewan ruminansia adalah gigi seri dan gigi geraham. Gigi seri hewan ruminansia berguna untuk memotong makanan. Sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan sebelum ditelan. Lidah pada hewan ruminansia berguna untuk merenggut rumput dan mendorong makanan agar bisa masuk ke lambung. Saliva adalah enzim khusus yang dihasilakn oleh kelenjar khusus pada hewan ruminansia yang berguna untuk membantu proses pencernaan, khususnya pencernaan kimiawi.
  2. Lambung. Organ pencernaan hewan ruminansia khususnya sapi yang paling memiliki peranan penting adalah lambung. lambung sapi dibagi menjadi 4 bagian yakni: rumen, retikulum, omasum dan abomasum.
  3. Rumen atau perut besar. Rumen merupakan organ pencernaan yang berguna untuk tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan dari mikroba atau bakteri. Pada saat istirahat hewan ruminansia akan memuntahkan kembali makanan yang telah dikunyahnya lalu dikunyah untuk kedua kalinya. Setelah itu ditelan dan masuk ke perut jala atau retikulum.
  4. Retikulum atau perut jala. Retikulum merupakan bagian dari organ pencernaan hewan ruminansia yang berguna mencerna makanan dengan proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa.
  5. Omasum atau perut kitab. Di bagian Omasum makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan dan selanjutnya masuk ke perut asam.
  6. Abomasum atau perut asam. Pada bagian inilah yang disebut organ lambung yang sebenarnya. Makanan yang ada di dalam abomasum dicerna dengan bantuan enzim pepsin. Setelah makanan melewati abomasum maka makanan tersebut akan masuk ke usus halus yang panjangnya mencapai 40 meter (pada sapi), setelah itu bergerak menuju usus besar dan berakhir di anus.

Sistem Pencernaan Pada Manusia.
Pencernaan manusia dibedakan menjadi 2 macam, yaitu: pencernakan mekanik dan kimiawi.. Pencernaan mekanik dan mekanis terjadi pada organ rongga mulut dan lambung. Sistem pencernaan pada manusia sedikit beda dengan yang ada pada hewan ruminansia. Berikut ini organ pencernaan pada manusia, antara lain:
  1. Rongga Mulut. Dalam rongga mulut manusia terjadi 2 jenis pencernaan, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanik dibantu oleh gigi dan lidah. Sedangkan pencernaan kimiawi dibantu dengan sebuah enzim. Enzim yang ada di rongga mulut manusi berupa enzim ptialin yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula. Dalam pencernaan mekanik di rongga mulut dibantu oleh gigi dan lidah. Secara umum gigi manusia dibedakan menjadi 3 macam, yaitu: a. gigi seri berguna untuk memotong makanan. b. gigi taring berguna untuk merobek makanan. c. dan gigi geraham berguna untuk mengunyah atau menghaluskan makanan. Selain dengan gigi, pencernaan mekanik di rongga mulut manusia dibantu dengan lidah. Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan lidah pada sistem pencernaan manusia, antara lain: a. sebagai indra pengecap b. membantu mengatur letak makanan c. membantu menelan makanan ke lambung.
  2. Kerongkongan. Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Di kerongkongan ini terjadi gerak peristalik yang membantu makanan masuk ke dalam lambung. Gerak peristaltik adalah gerak meremas remas dan mencekik pada dinding kerongkongan.
  3. Lambung. Lambung berguna untuk mengaduk makanan. Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanik dan juga kimiawi. Pencernan mekanik pada lambung dibantu oleh otot pada dinding lambung. Sedangkan pencernaan kimiawi pada lambung dibantu oleh enzim, yang di antaranya: enzim pepsin, renin dan asam klorida atau HCl. a. Enzin pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amini. b. Renin berguna untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein. c. enzim HCl atau asam klorida berguna untuk membunuh kuman penyakit yang masuk bersama makanan.
  4. Usus Halus. Usus halus manusia terdiri dari 3 bagian yaitu: usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerap. Di dalam usus dua belas jari terjadi pencernaan kimiawi yang dibantu oleh getah empedu dan getah pankreas. Getah empedu berguna untuk dihasilkan oleh hati. Sedangkan getah pankreas menghasilkan enzim berikut ini:a. Amilase, enzim yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula.b. tripsin, enzim yang berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino.c. lipase, enzim yang berguna untuk mengubah lemak menjadi lemak. Usus halus juga berguna untuk menyerap sari sari makanan yang nantinya diedarkan ke seluruh tubuh.
  5. Usus Besar. Usus besar manusia berguna menyerap air dan garam garam mineral. Selain itu usus besar juga berguna untuk membusukkan sisa sisa makanan dengan bantuan bakteri E. colli.

Berikut ini adalah proses pencernaan makanan pada manusia.
No.OrganKeterangan
1.MulutIngesti: proses memasukkan makanan melalui mulut.
Mastikasi: proses pengunyahan makanan menggunakan gigi.
2.KerongkonganDeglutisi: proses menelan makanan di kerongkongan.
3.LambungDigesti: proses pemecahan makanan dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang ada di lambung.
4.Usus HalusAbsorpsi: proses penyerapan sari–sari makanan yang terjadi di usus halus
5.Usus BesarPenyerapan air dan pembetukkan feses.
6.AnusDefekasi: proses pengeluaran sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.

Gangguan Pada Organ Pencernaan
Sistem pencernaan manusia dapat mengalami gangguan, beberapa faktor dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan antara lain:
  1. Kurangnya asupan makanan berserat
  2. Pola makan yang tidak teratur

Contoh Gangguan Pencernaan Manusia
1. Mag
Nama GanguanKeterangan
MagPenjelasanMag merupakan gangguan akibat peradangan pada lambung
PenyebabLuka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori.
GejalaGejala berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah.
Organ yang terserangLambung
Cara MengataiPenanganan tergantung pada penyebabnya. Antibiotik dan antasida dapat membantu.

2. Diare
Nama GanguanKeterangan
DiarePenjelasanDiare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus. 
PenyebabInfeksi virus pada usus besar dan alergi makanan.
GejalaGejala berupa diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah.
Organ yang terserangUsus halus
Cara MengataiBiasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi..

3. Kolera
Nama GanguanKeterangan
KoleraPenjelasanKolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae.
PenyebabPenyebab infeksi kolera adalah bakteri bernama Vibrio cholerae.
GejalaGejala ini bisa muncul secara tiba-tiba. mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi. 
Organ yang terserangUsus
Cara MengataiPemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus).

4. Konstipasi
Nama GanguanKeterangan
KonstipasiPenjelasanKonstipasi atau “sembelit” adalah gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan.
PenyebabSembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan yang berlebihan.
GejalaHarus mengejan saat buang air besar., Proses buang air besar terasa tidak tuntas., Tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal.
Organ yang diserangUsus besar
Cara MengataiBanyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum banyak air dapat mencegah gangguan ini.

5. Gastritis
Nama GanguanKeterangan
GastritisPenjelasanGastritis merupakan penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan
PenyebabGangguan ini disebabkan karena kadar asam klorida atau Hcl terlalu tinggi. Selain itu, Gastritis juga dapat disebabkan karena penderita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kuman penyebab penyakit
GejalaNyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung, Hilang nafsu makan, Cepat merasa kenyang saat makan, Perut kembung, Cegukan, Mual, Muntah, dan Sakit perut
Organ yang terserangLambung
Cara MengataiMembagi porsi makan Anda ke jadwal makan baru dan hindari makanan berminyak, asam, atau pedas.

6. Apendistis

Nama GanguanKeterangan
ApendistisPenjelasanApendisitis merupakan gangguan sistem pencernaan yang mana umbai cacing atau usus buntu mengalami peradangan.
PenyebabApendisitis ini biasanya terjadi ketika ada sisa-sisa makanan yang terjebak serta tidak bisa keluar di umbai cacing.
GejalaNyeri perut di sekitar pusar, Nyeri di sisi kanan bawah, demam, Gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, mual, dan muntah, Nafsu makan berkurang, dan Perut kembung.
Organ yang terseranUsus besar
Cara MengataiPenyakit usus buntu dapat ditangani dengan operasi pengangkatan usus buntu yang disebut apendektomi. Makan makanan berserat, Mengonsumsi makanan probiotik, Mencukupi asupan air putih dalam tubuh

Cara menjaga organ pencernaan manusia, antara lain:
  1. Makan makanan yang bergizi
  2. Menghindari makanan terlalu pedas dan asam
  3. Jangan telat makan
  4. Makan makanan yang mengandung cukup serat

Makanan yang sehat bagi sistem pencernaan
Makanan yang kita makan haruslah bersih dari bakteri, selain itu makanan yang kita konsumsi harus memiliki kandungan Gizi yang berimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Berikut contoh makanan yang menyehatkan bagi organ pencernaan:
  1. Buah – buahan. Buah mengandung banyak vitamin dan antioksidan untuk mencegah penyakit.
  2. Sayuran. Sayur mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.
  3. Biji – bijian. Biji – bijian banyak mengandung asam laktat dan serat yang dapat meningkatkan bakteri baik didalam usus.

3. Muatan IPS
Interaksi Manusia dengan Lingkungan
Interaksi sosial adalah hubungan hubungan sosial yang menyangkut hunungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami.
  1. Manusia mengolah tanah pertanian untuk mendapatkan hasil pertanian, seperti padi, palawija dan holtikultura.
  2. Manusia menanam pohon dihutan selain sebagai paru paru dunia juga untuk bahan baku industri.

Pembangunan Sosial Budaya di Indonesia
Pembangunan sosial budaya adalah pembangunan yang mencakup kehidupan sosial dan budaya di masyarakat yang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada didalamnya.

Keragaman Sosial Budaya Indonesia dan maanfaatnya
Indonesia memiliki banyak sekali keragaman, mulai dari suku, ras, agama, pekerjaan, pakaian adat, rumah adat yang berbeda. Keragaman bukanlah sebagai pemecah persatuan melainkan menjadi modal pembangunan nasional.
  1. Manfaat keragaman sosial budaya Indonesia
  2. Menumbuhkan rasa nasionalisme.
  3. Sebagai identitas bangsa dimata Internasional.
  4. Memupuk rasa toleransi sehingga persatuan tetap terjaga
  5. Sebagai ikon/maskot pariwisata sehingga menambah pendapatan nasional.
  6. Sebagai sumber pengetahuan.

4. Muatan PPKN
Keragaman di Indonesia
Keragaman selalu kita temui dalam kehidupan sehari – hari misalnya pada kelas, organisasi. Organisasi merupakan suatu pola hubungan antarindividu atau anggota yang memiliki tujuan yang sama. Tujuan ini yang menjadi pemersatu antar anggota karena dilaksanakan dengan semangat kebersamaan. Keragaman antaranggota juga dapat menjadi kekuatan dalam menyelesaikan permasdalahan organisasi.
Contoh keragaman adat istiadat
Nama TemanAsal DaerahAdat Istiadat yang Biasa Dilakukan
Siti MaemunahNADPeusijuk merupakan tradisi pada saat upacara kelahiran, pernikahan, menempati rumah baru, naik haji, dll.
HannahRiauBalimau merupakan upacara tradisional bagi masyarakat Kampar di Propinsi Riau untuk menyambut bulan suci.
KhamidinSumatera BaratPerayaan Tabuik merupakan tradisi untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husain.
Bonar SiraitSumatera UtaraMangokkal Holi merupakan tradisi mengambil tulang berulang dari leluhur mereka dari dalam kubur, lalu ditempatkan didalam peti dan diletakkan dalam buah bangunan tugu khusus untuk menyimpan tulang berulang leluhur.
SopiahSubang, Jawa BaratSisingaan, tradisi mengarak anak sehari sebelum dikhitan dengan menggunakan tandu berbentuk singa
TuginoBanyumas, Jawa TengahBegalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu si Kabupaten Banyumas.

Perbedaan Bekerja Seorang Diri dan Kelompok
Saat kita berada disekolah, seringkali kita diminta untuk berkelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Didalam kelompok kita seringkali menemui perbedaan diantaranya perbedaan suku dan budaya. Perbedaan yang muncul dari keberagaman memiliki beberapa manfaat. Misalnya:
  1. Setiap anggota kelompok dapat saling bertukar pikiran dan pendapatnya mengenai berbagai hal yang dibahas.
  2. Saling toleransi dalam menghargai pendapat oranglain.
  3. Jika terjadi permasalahan diharapkan kita mampu menyelesaikan dengan kebersamaan.

5. Muatan SBDP
Properti tari merupakan bagian dari perlengkapan tari yang dipergunakan untuk meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian dan untuk memperdalam makna yang terkandung dalam sebuah tarian. Beberapa tarian dan propertinya antara lain sebagai berikut
Nama TarianAsal DaerahProperti Tari
Tari ReogPonorogo, Jawa TimurTopeng reog
Tari Kuda LumpingJawa TengahKuda lumping
Tari JaipongJawa BaratSelendang
Tari Baksa KembangKalimantan SelatanRangkaian Bunga
Tari Serampang DuabelasRiauSaputangan
Tari MerakBaliBokor
Tari Topeng CirebonJawa BaratTopeng

Karya seni rupa di nusantara sangatlah banyak, salah satunya adalah “Batik”. Hampir seluruh daerah dinusantara mengenal karya seni yang satu ini. Batik adalah kain bergambar yangdibuat khusus menggunakan malam (sejenis lilin khusus) dan pengolahannya diproses dengan cara tertentu sesuai ciri khas daerah masing – masing. Alat yang digunakan untuk membatik (membuat batik) adalah “canting”. Batik dibagi menjadi dua yaitu batik Tradisional dan batik Modern

Ciri – ciri batik tradisional
  1. Coraknya memiliki makna simbolik
  2. Umumnya memiliki motif berupa ular, pagoda, geometris, barong.
  3. Warna yang digunakan cenderung warna gelap.
  4. Memiliki motif sesuai dengan cirikhas daerah asal.

Ciri – ciri batik modern
  1. Coraknya tidak memiliki makna khusus.
  2. Umumnya memliki motif bunga atau tumbuhan.
  3. Warna yang digunakan beraneka macam
  4. Motif yang digunakan bukan ciri khas daerah asal.
  5. Tekhnik dalam membuat batik dibagi menjadi 3, yaitu: Batik tulis, Batik cap, Batik Sablon/cetak

Alat serta bahan yang dipergunakan untuk membuat batik antara lain :
Malam (lilin atau parafin), Kain, Canting, Kuas, Kompor Minyak Tanah, Wajan, GawanganNampan, Panci, Sarung Tangan, Sendok dan Mangkuk
Macam-macam motif batik Nusantara antara lain :
Motif kawung, Motif tiga negeri, Motif jombang, Motif mega mendung, Motif sulur anggrek, Motif beasan, Motif lasem, Motif sekar jagad, Motif Palembang, dan Motif papua.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.