Home » » Karyaku Prestasiku Proyek 5 Penyuluh Kesehatan

Karyaku Prestasiku Proyek 5 Penyuluh Kesehatan

Pada kegiatan ini, siswa sksn bekerja sama dengan kelompoknya yang terdiri dari 3 orang dan berperan menjadi penyuluh kesehatan yang akan memberikan penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan gangguan perncernaan. Siswa mengikuti petunjuk penugasan seperti memilih salah satu gangguan/penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia. Mencari informasi tentang definisi dari gangguan/penyakit tersebut, gejala yang ditimbulkan, cara pencegahan dan cara penanggulangannya. Membuat naskah iklan elektronik singkat yang memaparkan jasa penyuluhan yang disediakan oleh kelompokmu.

Lakukan penyuluhan kesehatan kepada teman-teman yang mengunjungi kelompok. Bekerjalah dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang. Kamu akan menjadi penyuluh kesehatan yang memberikan penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan gangguan organ pencernaan. Ikuti langkah kerja berikut ini :
  1. Pilihlah salah satu gangguan /penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia.
  2. Carilah informasi tentang definisi dari gangguan/penyakit tersebut, gejala-gejala yang ditimbulkannya, cara pencegahan, dan cara penanggulangannya.
  3. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk buku kecil atau poster atau kartu informasi yang nantinya akan kamu gunakan untuk kegiatan penyuluhan.
  4. Buatlah sebuah naskah iklan elektronik singkat yang memasarkan jasa penyuluhan yang disediakan oleh kelompok kamu.
  5. Pastikan bahwa dalam iklan tersebut kamu menyebutkan keunggulan dari jasa penyuluhan yang kamu sediakan.
  6. Tawarkan jasa penyuluhan kamu dengan mempresentasikan iklan di depan kelas
  7. Lakukan penyuluhan kesehatan kepada teman-teman yang mengunjungi kelompok kamu
  8. Jelaskan dengan lengkap dan menarik tentang informasi-informasi yang kamu miliki.

Informasi Gangguan Pencernaan Konstipasi
Konstipasi atau sembelit adalah penyakit yang sangat sering menyerang orang di berbagai usia. Konstipasi sebaiknya tidak dibiarkan berlama-lama karena tentu saja cukup menyiksa. Konstipasi atau sembelit adalah frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Beberapa orang bisa mengalami konstipasi kronis yang berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan lebih lama.
Konstipasi
1. Apa penyebab konstipasi?
Konstipasi atau sembelit adalah gangguan pencernaan yang dilatarbelakangi banyak kemungkinan penyebab. Meski begitu, faktor utamanya adalah karena otot usus besar yang lambat berkontraksi untuk memindahkan makanan sehingga akan menyerap terlalu banyak air dari sisa makanan. Hal ini mengakibatkan tekstur feses kering dan padat mengeras, serta bergerak lambat untuk menuju anus.

Nah, masalah pergerakan usus yang melambat ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti:

a. Kurang asupan serat
Sembelit adalah gangguan pencernaan yang paling sering disebabkan oleh kurang asupan serat. Serat dari makanan penting untuk membantu merangsang usus bergerak lebih aktif dan melunakkan tekstur feses agar lebih lancar dibuang.

b. Minimnya aktivitas fisik
Konstipasi adalah penyakit yang bisa muncul karena Anda kurang aktif bergerak, atau bahkan malas berolahraga rutin. Sembelit juga umum dialami orang tua yang hanya sudah tidak lagi kuat untuk banyak bergerak.

c. Efek samping obat-obatan tertentu
Nyatanya, efek samping obat tertentu yang Anda konsumsi dapat menyebabkan efek samping berupa sembelit. 

d. Kurang minum air
Kurang minum air membuat feses lebih padat dan sulit untuk dikeluarkan. Oleh karenanya, disarankan untuk minum air putih kurang lebih 8 gelas per hari agar BAB selalu lancar.

2. Apa saja gejala konstipasi?
Gejala utama sembelit adalah sulit buang air besar meski sudah mengejan keras dan lama. Ini karena feses sudah mengeras dan mengendap di usus sehingga tidak bisa keluar semuanya. Adapun berbagai gejala lain yang biasa muncul yaitu:
  • Feses keras
  • Sakit perut
  • Kram perut
  • Perut terasa kembung dan mual
  • Nafsu makan menurun
  • Muncul sensasi anus seperti tersumbat sehingga sulit mengeluarkan feses
  • Muncul sensasi seolah-olah Anda tidak bisa sepenuhnya mengosongkan feses dari dubur

Sembelit atau konstipasi sudah dianggap kronis ketika Anda mengalami dua atau lebih gejala-gejala ini dalam tiga bulan terakhir.

3. Bagaimana cara mengatasi konstipasi?
Untuk mengatasi sembelit, dokter biasanya menyarankan Anda untuk mengubah gaya hidup pemicunya terlebih dahulu. Setelah itu, barulah obat-obatan diresepkan jika kondisi Anda tetap tidak membaik. Berikut pilihan cara mengatasi konstipasi:

a. Makan banyak serat
Makan banyak serat membantu memperlancar perjalanan feses saat melalui usus. Untuk itu, mulailah makan lebih banyak buah dan sayuran serta kacang dan biji-bijian setiap hari.

b. Minum banyak air
Asupan air yang cukup membantu membuat feses melunak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Oleh sebab itu, jangan malas untuk minum air putih atau cairan lainnya, semisal jus buah, setiap hari agar konstipasi Anda segera mereda.

c. Rutin berolahraga
Olahraga membantu meningkatkan aktivitas otot usus untuk memindahkan feses hingga ke ujung rektum. Anda disarankan untuk rutin berolahraga 30 menit setiap hari agar menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari risiko sembelit.

d. Jangan menunda hasrat BAB
Anda termasuk sering menunda-nunda "ke belakang" karena alasan tertentu? Jika iya, mulai sekarang hindari kebiasaan ini. Segera pergi ke kamar mandi begitu perut mulai terasa mulas dan biarkan semua feses keluar tanpa diburu-buru waktu.

e. Minum obat pencahar
Obat pencahar adalah solusi ketika semua perubahan gaya hidup di atas tidak juga mampu menghilangkan sembelit. Anda bisa membelinya di apotek tanpa perlu resep dokter. Namun, ketika konstipasi tak kunjung sembuh setelah tiga minggu atau lebih, segera periksakan diri ke dokter.

Naskah Iklan Elektronik
Siswa 1:“Aduh!” (meringis sambil memegangi perutnya)
Siswa 2:“Sudah 2 hari saya belum buang air besar, membuat perut jadi tidak enak!” 
Siswa 3:“Sembelit ya?.Makanya ikuti jasa penyuluhan  kesehatan pencernaan kelompok kami !”
Siswa 2:“Kami akan melaksanakan penyuluhan tentang konstipasi pada hari sabtu 25 Maret 2021. Hadiriliah, gratis, tidak menyita waktu anda, memberikan banyak manfaat !”.
Siswa 3:“Ayo, hadiriliah beramai-ramai!”
Siawa 2:“Jangan lupa hari dan tanggalnya, ajak teman-teman anda semua!”
Siswa 1:“Iya, saya akan hadir dan mengajak teman-teman yang lain”
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.