Home » » Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Pada Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan akan mempelajari tentang mendefinisikan organ pencernaan manusia dan fungsinya. Dengan mengamati gambar iklan media cetak, siswa menjelaskan kesimpulan isi iklan media cetak. Dengan berlatih dalam kelompok, siswa bernyanyi dan memainkan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Suatu pagi, Dayu mengeluh sakit perut saat ia sedang berbaris dan bersiap masuk ke kelas. Setelah dicari tahu, ternyata Dayu tidak sarapan. Malam sebelumnya, ia juga terlambat makan malam. Akhirnya, sakit magnya pun kambuh.
Dayu Sakit
Banyak orang berpikir bahwa penyakit mag hanya bisa diderita oleh orang dewasa.Ternyata anak-anak pun bisa terkena mag.Apa penyebabnya?Apakah gejala mag yang dialami anakanak sama dengan yang dialami orang dewasa?

Pada anak-anak yang mudah memproduksi gas pada lambungnya, memiliki pantangan makanan. Misalnya, tidak boleh makan pedas dan asam. Mereka harus banyak makan sayur dan buah, serta tidak boleh terlalu banyak makan mie instan.

Oleh sebab itu, anak-anak perlu terus diingatkan untuk selalu menjaga apa yang mereka makan. Fungsi alat pencernaan kita adalah untuk memproses pemecahan makanan menjadi sari-sari makanan sehingga dapat digunakan oleh tubuh.Untuk mencerna makanan, diperlukan organ pencernaan. Bahan makanan yang kita makan tidak langsung diserap oleh sel-sel tubuh. Sebelum diserap, bahan makanan harus dicerna melalui proses pencernaan.

Ayo Berlatih
Masih ingatkah kamu tentang pelajaran sistem pencernaan pada manusia? Sistem pencernaan kita terdiri atas berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi. Jadi, apa itu pencernaan?
Proses pencernaan makanan adalah serangkaian kerja tubuh untuk mengubah makanan yang dimakan menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga dapat diserap di usus halus.
Untuk mengenal lebih baik lagi sistem pencernaan, coba kamu lengkapi diagram berikut ini.
Pencernaan Manusia
Ayo Mencoba
Alat-alat pencernaan kita terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Bersama dengan kelompokmu, lengkapilah informasi tentang organ-organ pencernaan di bawah ini!
Organ PencernaanFungsi
Mulut
Fungsi utama mulut adalah untuk menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup lebih kecil untuk dapat ditelan ke dalam perut.

Di dalam mulut terdapat alat-alat yang membantu dalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (air liur). Di dalam rongga mulut terjadi proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi.
Kerongkongan
Fungsi kerongkongan adalah sebagai saluran untuk memindahkan makanan dari mulut ke lambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikit ke dalam lambung
Lambung
Fungsi lambung adalah sebagai penghasil pepsinogen. Pepsinogen adalah bentuk yang belum aktif dari pepsin. Enzim pepsin ini berfungsi dalam mengubah molekul protein menjadi potongan-potongan protein (pepton). 
Usus HalusUsus halus ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum (usus duabelas jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (usus penyerapan). Sebagian besar, proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan terjadi di dalam usus halus.

Pencernaan makanan terjadi duodenum dan jejunum, sedangkan ileum menjadi tempat penyerapan nutrisi makanan. Namun pada usus halus hanya terjadi pencernaan kimiawi saja.
Usus Besar
Fungsi usus besar adalah untuk mengabsorpsi air dan mineral, tempat pembentukan vitamin K (dengan batuan bakteri Escherichia coli), serta melakukan gerak peristaltik untuk mendorong tinja menuju anus. nya akan dikeluarkan dalam bentuk feses atau tinja

Tahukah kamu bahwa panjang saluran pencernaan pada orang dewasa bisa mencapai 30 m. Dengan mengetahui dan mengerti tentang sistem pencernaan dan proses pencernaan makanan, maka kamu dapat lebih memahami cara menjaganya agar tetap sehat.

Amatilah iklan berikut
Perilaku Hidup Bersih
Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan.

Ayo Mengamati
Simpulkan isi yang tertera di dalam iklan tersebut berdasarkan:
  1. Kata kunci : Perilaku hidup bersih dan sehat
  2. Gambar iklan : Gambar menjelaskan pesan yang disampaikan oleh iklan
  3. Target iklan : Iklan ditujukan bagi warga masyarakat

Menurutku, iklan tersebut di atas
Iklan di atas cukup mudah dipahami.
Iklan ini menurutku efektif/tidak efektif karena
Iklan tersebut di atas menurut saya sangat efektif mudah dipahami
Untuk membuat iklan yang lebih baik, aku akan
Untuk membuat iklan yang lebih baik aku akan menggunakan kata-kata yang menarik dan mudah dipahami seperti pada iklan di atas.
Apakah fungsi dari iklan tersebut di atas?
Iklan di atas berfungsi sebagai himbauan agar menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup
Ayo Berkreasi
Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sebuah iklan dengan topik gaya hidup sehat. Pastikan kamu menuliskan poin-poin penting yang terdapat di dalam sebuah iklan. Gunakan kertas gambar A3 dan warnai dengan rapi. Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas.
Hidup Sehat
Selain pola makan yang baik, pola hidup sehat juga perlu didukung oleh olahraga yang cukup. Memiliki hidup yang sehat serta tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Tak hanya untuk menunjang penampilan, tetapi juga untuk menjauhkan diri dari berbagai penyakit

Masih ingatkah kamu tentang Mars Hidup Sehat dalam pertemuan sebelumnya? Nyanyikanlah lagu tersebut secara berkelompok. Bagilah kelompokmu menjadi dua kelompok kecil. Kelompok pertama menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat, sedangkan kelompok yang lainnya menjadi pengiring lagu. Apa sajakah yang dapat kita pergunakan sebagai alat pengiring musik sederhana.

Amatilah sekelilingmu. Carilah tempat pensil, pensil, batu kerikil, dan botol plastik. Kreasikanlah alat musik ritmis sederhana dari benda-benda yang ada di sekelilingmu sebagai pengiring lagu Mars Hidup Sehat. Pastikan lagu dibawakan dengan ketukan atau ritme yang baik dan konstan. Perhatikan keharmonisasian antara lagu yang dibawakan dengan alat musik ritmis sederhana tersebut. Selamat berlatih!

Ayo Renungkan
Menurutmu apakah organ-organ pencernaan manusia bisa bekerja sendiri? Apakah organ yang satu membutuhkan organ yang lainnya? Apa hubungan organ pencernaan dengan sistem pencernaan? 
Organ manusia tidak bisa bekerja sendiri, organ pencernaan sangat membutuhkan organ pencernaan yang lain. Jika tidak ada organ pencernaan maka tidak akan terjadi sistem penernaan karena sistem pencernaan membutuhkan proses yang dilakukan oleh organ pencernaan.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, buatlah kartu informasi. Gambarlah organ pencernaan pada sisi depan kartu dan tulislah informasi yang kamu ketahui tentang organ tersebut pada sisi belakangnya. Buatlah kartu untuk: 
  • Mulut
  • Kerongkongan
  • Lambung
  • Usus halus
  • Usus besar
Kartu Organ Pencernaan
Gunakan kartu informasi tersebut untuk mengingat kembali apa yang sudah kamu pelajari sebelumnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:31 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.