Home » » Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Pada Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan akan mempelajari tentang menjelaskan kesimpulan isi teks iklan Dengan merancang iklan media cetak bersama kelompoknya, siswa mampu menyajikan kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual. Dengan berdiskusi dalam kelompok dan merefleksi proses kerja sama dan diskusi dalam kelompok, siswa menjelaskan makna keanekaragaman. Dengan mencermati gambar, siswa menceritakan keanekaragaman adat istiadat. Dengan menyanyikan lagu “Mars Hidup Sehat dan diiringi alat musik ritmis sederhana, siswa menyanyikan lagu bertangga nada mayor dengan iringan musik. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja kerika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu Guru.

Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu dengan iklan masyarakat berikut ini? Iklan tersebut ternyata memiliki beberapa kalimat. Amatilah iklan tersebut dengan saksama. Catatlah hal-hal kecil yang menurutmu penting dan terdapat di dalam iklan tersebut.
Perilaku Hidup Bersih
Ayo Berkreasi
Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sebuah iklan dengan topik gaya hidup sehat. Pastikan kamu menuliskan poin-poin penting yang terdapat di dalam sebuah iklan. Gunakan kertas gambar A3 dan warnai dengan rapi. Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas.
gaya hidup sehat
Dayu, Lani, dan teman-teman sekelompoknya sedang bekerja mempersiapkan tugas membuat iklan dengan topik gaya hidup sehat. Bagaimana cara mereka memulai membuat tugas tersebut?Simaklah percakapan Lani, Dayu, dan teman-temannya!
Lani:“Dayu, aku mau kalimat intinya seperti ini ya!”
Dayu:“Sepertinya kurang bagus, Lan. Kalau menurutku baiknya menggunakan kalimat buatan Udin. Lebih singkat, padat, dan jelas. Tidak apa-apa, ya?”
Lani:“Yah..begitu ya? Ya, sudahlahlah, aku ikut saja bagaimana baiknya.”
Siti:“Kalau gambarnya bagaimana? Ada ide tidak, teman-teman?”
Lani:“Karena ini berkaitan dengan gaya hidup sehat dan harus sesuai dengan kalimat Udin, maka aku usul bagaimana kalau gambarnya beberapa siswa yang berolahraga?”
Udin:“Aku setuju, menurutku itu ide yang bagus.”
Siti:“Aku juga berpikir begitu, yang lain bagaimana?”
Dayu:“Aku pikir bagus, Lan. Berarti kita semua sepakat, ya? Kita akan menggunakan kalimat miliknya Udin dan gambar dari idenya Lani, ya?”
Semua teman::“Setuju!”

Ayo Berdiskusi
Diskuskan dengan kelompokmu tentang:
1. Hal-hal positif yang bisa diperoleh dari kerja kelompok.
Hal-hal positif yang diperoleh dari kerja kelompok dapat memupuk rasa kerja sama, toleransi, kekompakan, dan pekerjaan lebih cepat selesai.
2. Tantangan yang muncul saat kerja kelompok.
Beberapa tantangan dalam kerja kelompok antara lain adanya perbedaan dalam berpendapat, ada anggota yang hanya mementingkan dirinya sendiri, dan tidak semua anggota mau ikut bekerja sama.
Ceritakan pengalaman pribadimu tentang perbedaan yang kamu hadapi saat berada di dalam lingkungan sekolah atau rumah.
Beberapa perbedaan di lingkungan sekolah antara lain perbedaan agama, perbedaan status ekonomi, perbedaan asal daerah, dan masih banyak yang lainya. Sedangkan perbedaan di rumah antara lain perbedaan pendapat, perbedaan sifat masing-masing anggota keluarga, dan perbedaan minat masing-masing.

Ayo Berlatih
Ternyata perbedaan justru membuat segala sesuatunya menjadi indah. Layaknya pelangi yang beraneka warna, begitulah seharusnya kita melihat perbedaan. Bayangkan jika semua pelangi memiliki warna yang sama. Tentunya kurang menarik untuk dipandang bukan? Bayangkan pula dalam sebuah iringan lagu, hanya terdapat satu alat musik saja. Pastinya akan terkesan monoton. Sebagaimana halnya perbedaan budaya dan adat istiadat, alat musik daerah pun bisa beraneka ragam bergantung dari daerah yang bersangkutan.
Alat Musik Daerah
Gambar Nama Alat MusikAsal Daerah
AKecapiJawa Barat
BSasandoNusa Tenggara Timur
CKolintangSulawesi Utara
DAngklungJawa Barat

Apakah perbedaan alat musik A dan B?
Sasando dan kecapi sama-sama merupakan alat mysik tradisional Indonesia. Keduanya memiliki dawai dan dimainkan dengan dipetik. Namun keduanya juga memiliki perbedaan penting. Perbedaan Kecapi dengan Sasando:
  1. Daerah asal: Kecapi berasal dari suku Sunda (Provinsi Jawa Barat dan Banten), sementara Sasando berasal dari Pulau Rote di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  2. Jumlah senar atau dawai. Kecapi memiliki dawai sejumlah 15 dawai pada jenis Kecapi Rincik, dan 18 atau 20 dawai untuk jenis Kecapi Indung.
  3. Bahan tabung resonansi. Kecapi memiliki tabung resonansi di bagian bawah dawai yang terbuat dari kayu. Sementara sasando memiliki tabung bambu tempat memasang dawai sasando dan pelengkap resonansi yang terbuat dari daun lontar.
  4. Cara memetik.Kecapi dimainkan dengan meletakkan kecapi di meja atau lantai sedangkan pemain sasando akan memangku sasando sambil memegang sasando dihadapannya kemudian memetik dengan jarinya.

Apakah perbedaan alat musik C dan D?
Kolintang adalah alat musik yang terdiri dari Sulawesi Utara. Alat musik ini dimainkan dengan diiringi oleh gong tergantung yang lebih besar dan drum. Sedangkan Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Perbedaan Kolintang dengan Angklung:
  1. Daerah asal: Kolintang berasal dari Sulawesi Utara, sedangkang angklung dari Jawa Barat.
  2. Bahan pembuat : Kolintang terbuat dari kayu, sedangkan angklung terbuat dari bambu.
  3. Cara memainkan : Kolintang dimainkan dengan cara dipukul, sedangkan angklung dimainkan dengan cara digoyangkan.
  4. Bahan tabung resonansi. Kolintang memiliki tabung resonansi di bagian bawah terbuat dari kayu sedangkang angklung berupa bambu.

Apakah alat musik khas daerah tempat tinggalmu?
Saya berasal dari Jawa Tengah. Alat musik khas Jawa Tengah adalah Gamelan. Macam-macam alat musik tradisional pada gamelan antara lain kendang, bonang, demung, saron, slenthem, gambang, gender, siter, gong, kemong, dan kempul.
Ayo Berdiskusi
Pada kegiatan sebelumnya, kita telah membawakan lagu Mars Hidup Sehat dengan menggunakan alat musik ritmis sederhana. Kali ini kita akan berlatih sekali lagi menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat dengan iringan alat musik ritmis sederhana. Selanjutnya tampilkanlah lagu mars tersebut bersama teman sekelompokmu di depan kelas.

Setelah selesai, lakukanlah refleksi berikut ini.
Refleksi Kerja Kelompok
1. Apakah hal-hal positif yang dapat kuperoleh dari kegiatan kerja kelompok ini?
Hal-hal positif yang bisa diperoleh dari kerja kelompok antara lain melatih kerjasama tim, menghargai pendapat orang lain, menempatkan kepentingan bersama dibanting kepentingan pribadi, mempererat. persaudaraan. dan mengasah keemampuan berpikir kritis.
2. Apakah tantangan yang aku hadapi saat kerja kelompok?
Tantangan yang muncul saat kerja kelompok antara lain adanya beberapa perbedaan pendapat, ada anggota yang hanya mementingkan dirinya sendiri, waktu terbuang untuk pembahasan yang (mungkin) tidak penting, adanya orang yang merasa paling superior dalam kelompok dapat menghambat pekerjaan.
3. Apakah yang akan kulakukan untuk membuat kerja kelompok ini lebih baik?
Agar kerja kelompok lebih baik dilakukan dengan membangun komunikasi yang baik dengan para anggota kelompok, setiap anggota kelompok harus memiliki komitmen untuk membuat tugas kelompok ini menjadi hasil yang memuaskan, semua anggota harus ikut bertanggung jawab atas hasil kerja kelompok.

Ayo Renungkan
Setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda. Menurutmu, sikap apa yang harus dimiliki agar dapat menyatukan berbagai perbedaan yang ada?
Sikap yang harus dimiliki agar dapat menyatukan berbagai perbedaan adalah sikap toleransi dan saling menghormati. Selain itu, tidak menjadikan perbedaan itu sebagai penghalang untuk mencapai suatu keputusan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, cobalah temukan kegiatan-kegiatan yang biasa kamu lakukan di rumah yang mencerminkan kerja sama antaranggota keluarga. Apakah dalam keluargamu pernah ada perbedaan pendapat? Bagaimana keluargamu mengatasi perbedaan pendapat tersebut?
Salah satu kegiatan di rumah yang mencerminkan kerja sama adalah saat membersihkan rumah. Meski ada beberapa perbedaan pendapat dalam melakukan kegiatan membersihkan rumah, semua itu dapat teratasi dengan adanya musyawarah dan saling pengertian.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.