Home » » Karyaku Prestasiku Membuat Cerita Berdasarkan Komik

Karyaku Prestasiku Membuat Cerita Berdasarkan Komik

Pernahkah kamu membaca komik? Mengasyikan, bukan? Komik merupakan cerita bergambar yang disajikan secara menarik. Sebagian besar isi cerita dalam komik disajikan dalam bentuk gambar. Meskipun demikian dalam komik juga disajikan bahasa tulis dalam bentuk narasi pengantar amupun bahasa langsung.Nah, sekarang caba buatlah komik yang menceritakan tentanga aktivitas anak saat bermain bola (bola besar atau kecil). Tonjolkan gambar-gambar yang menunjukkan gerakan-gerakan, seperti berlari, melompat, dan gerakan-gerakan lainnya.

Kegiatan 1
Membuat Komik
Buatlah komik anak saat bermain bola. Tonjolkan gambar-gambar tentang gerakan-gerakan anak saat bermain bola. Ceritakan di depan guru dan teman-temanmu.”

Langkah Kerja
  1. Tentukan tema dan judul komik
  2. Siapkan kertas gambar, pensil, penghapus, penggaris, pewarna
  3. Buatlah gambar sedetail mungkin sesuai dengan ide ceritamu
  4. Sajikan bahasa pengantar yang sederhana dan jelas
  5. Warnailah dengan warna yang sesuai
  6. Ceritakan di depan guru dan teman-temanmu.

Kriteria Keberhasilan
  1. Mandiri dalam mengerjakan tugas,
  2. Gambar yang menarik,
  3. Kesesuaian antara gambar, pengantar, dan narasi ceritanya, serta
  4. Percaya diri dalam bercerita di depan guru dan teman-teman

Tema : Olah Raga

Judul :
Bermain Bola Melawan Tim Kampung Sebelah
Bermain Bola
Selamat ya, kamu telah berhasil membuat komik yang menarik. Teruslah berlatih agar kemampuan membuat komikmu semakin meningkat. Berdasarkan komik yang telah kamu buat tersebut, coba buatlah tuliasan atau bacaannya. Jadikan narasi pengantar atau gambar-gambar komikmu sebagai ide pokok bacaan. Kembangkan ide-ide pokok bacaan tersebut menjadi sebuah bacaan yang menarik.

Kegiatan 2
Membuat Bacaan Berdasarkan Komik
Buatlah tulisan berdasarkan komik yang telah dibuat. Jadikan narasi pengantar atau gambar komik sebagai ide pokok bacaan.

Langkah Kerja
  1. Siapkan kertas dan pulpen untuk menulis cerita.Tentukan ide pokok berdasarkan komik.
  2. Mengembangkan cerita berdasarkan ide pokok
  3. Bacakan cerita yang telah kamu tulis di depan teman-teman.

Kriteria Keberhasilan
  1. Dapat menuliskan cerita berdasarkan komik,
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil tulisannya dengan bercerita, serta
  3. Dapat berbicara dengan sopan dan santun pada saat bercerita.
Ide Pokok Paragraf
ParagrafIde Pokok
1Pada suatu sore yang cerah Udin dan teman-teman bermain bola di lapangan.
2Pertandingan berjalan sangat seru
3Saat perjalanan pulang Edo berbicara dengan Udin mengenai pertandingan tadi.
4Sementara teman-teman yang lain menjadi bingung karena kedua sahabat itu bertengkar.

Bermain Bola Melawan Tim Kampung Sebelah
Pada suatu sore yang cerah Udin dan teman-teman bermain bola di lapangan. Udin, Edo, Wawan, dan Budi menjadi satu tim. Merekan bermain bola melawan tim dari kampung sebelah. Pertandingan tersebut merupakan pertandingan persahabatan untuk mengisi waktu luang di sore hari.

Pertandingan berjalan sangat seru. Kedua tim saling menyerang satu sama lain. Pertandingan berjalan berimbang. Pada saat menyerang Udin dan Edo tinggal berhadapan dengan penjaga gawang lawan. Edo berteriak agar Udin segera memasukkan bola ke gawang lawan. Namun apa hendak dikata ternyata tendangan udin terlalu lemah sehingga dapat ditangkap oleh penjaga gawang lawan. Pertandingan akhirnya berakhir imbang.

Saat perjalanan pulang Edo berbicara dengan Udin mengenai pertandingan tadi. Edo berpendapat jika Udin menembak bola dengan tepat tentu skor akhir pertandingan akan berbeda. Menurutnya jika Udin bisa mencetak gol tentu timnya akan memenangkan pertandingan. "Kamu payah, harusnya tadi iru jadi gol ! kata Edo kepada Udin. "Tapi mau bagaimana lagi, Do pertandingan sudah berakhir. "Harusnya kamu tadi memberikan bola padaku Din! kata Edo.. Keduanya terlibat dalam percakapan serius.

Sementara teman-teman yang lain menjadi bingung karena kedua sahabat itu bertengkar. "Bagaimana ini? tanya Budi. "Aku juga tidak tahu" jawab Wawan. Akhirnya Wawan dan Budi mendekati Udin dan Edo yang sedang bertengkar. "Begini saja, sudahlah yang namanya permainan pasti selalu ada kesalahan" kata Wawan. "Iya, sudahlah Din, Do" kata Budi. Akhirnya Udin dan Edo pun saling meminta maaf atas kejadian tadi di lapangan. Mereka berempat pun pulang ke rumah bersama-sama.

Kegiatan menggambar dan menulis merupakan kegiatan yang juga memanfaatkan organ gerak dan terlebih lagi dilakukandengan posisi duduk. Jadi, apabila kita tidak berhati-hati dalam mengambil sikap duduk, kita bisa mengalami gangguan pada organ gerak kita. Masih ingatkah kamu dengan organ gerak? Ya, ada otot dan tulang.

Sekarang coba buatlah model sederhana organ gerak manusia dan hewan dari bahan kertas karton. Namun model ini berbeda dengan model-model yang telah kamu buat sebelumnya. Model yang sekarang ini harus bisa digerakkan untuk menunjukkan pola gerak organ-organ gerak.

Kegiatan 3
Membuat Boneka Gerak
Buatlah boneka yang bisa digerakkan dengan tali. Gerakan-gerakan boneka tersebut akan menujukkan cara kerja beberapa organ gerak. Lakukan secara berkelompok.

Langkah Kerja
  1. Siapkan kertas, tali, batang kayu, pulpen, pensil warna, dan gunting.
  2. Gambarlah pola pada kertas tiap-tiap bagian.
  3. Guntinglah kertas sesuai dengan pola yang telah dibuat.
  4. Satukan bagian-bagian tersebut dnegan tali. Longgarkan ikatan talinya.
  5. Pasangkan tali antara bagian-bagian boneka dengan dahan kayu sebagai peganggan.
  6. Peragakan boneka tersebut dengan menggerak-gerakkan batang kayu peganggannya.
Gambar Gerak
Kriteria Keberhasilan
  1. Mengetahui kerja organ gerak,
  2. Mampu bekerja sama dalam mengerjakan tugas, dan
  3. Memiliki kreativitas
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.