Home » » Karyaku Prestasiku Membuat Papan Catur dan Menulis Hobiku

Karyaku Prestasiku Membuat Papan Catur dan Menulis Hobiku

Pada kegiatan literasi Tema 1 Kelas v Kegaiatan 1 akan mempelajari tentang membuat papan catur dan membuat dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran berdama Bapak/Ibu guru. Simak kegiatanya berikut ini.

Ada pepatah yang berbunyi “Langkah pertama menentukan seribu langkah ke depan”. Pepatah tersebut sangat cocok diterapkan dalam permainan catur. Dalam permainan catur tidak saja diperlukan ketelitian tetapi juga strategi dalam setiap langkahnya. Bisakah kamu bermain catur? Siapakah pecatur idolamu?

Kegiatan 1
Pada Tema 1, Penilaian Berbasis Proyek ( Karyaku Prestasiku ) Pembelajaran 1, Kegiatan satu. Terdapat tugas ( Proyek ) membuat papan catur dari kertas karton.

Buatlah papan catur dengan bentuk yang simetris.
Langkah Kerja
  1. Siapkan kertas karton, gunting, penggaris, pensil, penghapus, dan pensil warna.
  2. Buatlah ukuran sesuai dengan ukuran kertas karton yang tersedia.
  3. Buatlah kotak atau petak sejumlah 64 (8 x 8) yang sama ukurannya.
  4. Beri warna pada petak-petak yang sudah dibuat.
Papan Catur
Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mengandalkan kemampuan berpikir. Dalam catur, setiap pemain dituntut untuk selalu berpikir menentukan strategi baik ketika menyerang maupun bertahan. Catur bisa dijadikan sebagai olahraga prestasi maupun sebagai hobi untuk mengisi waktu luang. Bagaimanakah dengan kamu, apakah hobimu? Ayo ceritakan hobimu dalam bentuk tulisan.

Kegiatan 2
HobikuBuatlah tulisan yang berisi tentang hobimu. Namun sebelumnya, kamu harus menentukan terlebih dulu ide pokoknya.

Langkah Kerja
  1. Siapkan kertas dan pulpen untuk menulis cerita.Tentukan ide pokok cerita.
  2. Tulislah cerita tentang hobimu masing-masing.
  3. Bacakan cerita yang telah kamu tulis di depan teman-temanmu.

Kriteria Keberhasilan:
  1. Dapat menuliskan cerita secara sederhana,
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil tulisannya dengan bercerita, dan
  3. Dapat berbicara dengan sopan dan santun pada saat bercerita.

Ide Pokok Paragraf
ParagrafIde Pokok
1Aku sangat senang membaca
2Setiap hari waktu luangku kugunakan untuk membaca.
3Ketika aku memasuki tingkat Sekolah Dasar aku bertambah suka membaca
4Harapanku, anak-anak Indonesia seperti aku, dapat belajar lewat buku.

Hobiku Membaca Buku 
Aku sangat senang membaca. Entah apa itu buku yang kubaca. Aku terkadang membaca majalah, buku cerita anak, novel dan masih banyak lagi. Membaca banyak manfaatnya. Tergantung buku yang kita baca. Jika kita membaca buku cerita, kita bisa terhibur melalui jalan cerita yang ada dalam bacaan. Jika kita membaca majalah, ada pengetahuannya, ada ceritanya, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.
Hobi Membaca
Setiap hari waktu luangku kugunakan untuk membaca. Oh iya! Aku memiliki hobi membaca sejak usia Taman Kanak-Kanak (TK). Setiap aku ke TK, aku selalu membawa buku. Aku sering diminta guruku untuk bercerita di depan kelas. Temanku yang lain mendegarkanku. Senangnya jika mereka merasa terhibur oleh cerita yang aku bawakan !

Ketika aku memasuki tingkat Sekolah Dasar aku bertambah suka membaca. Aku lebih menyukai membaca buku cerita, masih ingat kan majalah Bobo, tentunya ingat dong yah. Majalah bobo, Donald Duck adalah buku bacaan yang aku suka. Dari cerita yang aku baca aku mendapatkan hiburan sekaligus pengetahuan.

Ternyata hobi membacaku turun dari ibuku. Ibuku juga hobi membaca novel dan majalah. Ibuku juga selalu berlangganan majalah Kartini, dan aku sering membacanya juga. Tetapi tetap yang kubaca adalah tentang cerita-cerita, baik yang fiksi atau nonfiksi. Namun sekarang bacaanku bertambah nih, bukan cuma cerita tapi ilmu pengetahuan juga, biar tambah pintar. Hehe…..toh membaca tidak mengenal batasan usia kan?

Harapanku, anak-anak Indonesia seperti aku, dapat belajar lewat buku. Kalau anak Indonesia pintar, generasi Indonesia tidak kalah kuat dengan negara lainnya. Aku juga ingin membuat perpustakaan pribadi di rumahku dan perpustakaan keliling. Dengan perpustakaan kelililng, anak-anak yang ingin membaca tidak perlu jauh-jauh ke tempat lain. Aku juga ingin menjadi penulis buku. Semoga impianku ini terwujud. Amiiiin..

Demikian kegiatan Karyaku Prestasiku Membuat Papan Catur dan Menulis Hobiku. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.