Home » » Mengenal Jenis Jenis Karya Seni Patung

Mengenal Jenis Jenis Karya Seni Patung

Patung adalah pemaparan ekspresi, gagasan, dan ide dalam bentuk karya seni rupa tiga dimensi yang merupakan tiruan dari bentuk manusia dan alam dengan menggunakan berbagai teknik khusus (pahat, cetak, membutsir dan kontruksi). Orang yang menciptakan seni rupa patung disebut dengan pematung. Jenis seni patung juga sudah berkembang di zaman modern ini. Tidak jarang ada orang yang tertarik untuk belajar membuat patung dengan berbagai teknik. Patung pun bisa dibuat dengan berbagai bahan yang diinginkan.

A. Ciri-Ciri Patung
Sebagai sebuah karya seni patung memiliki beberapa ciri yang dapat membedakan dengan karya seni yang lainnya. Beberapa ciri karya seni patung antara lain sebagai berikut :
  1. Memiliki volume (panjang, lebar dan tinggi).
  2. Memiliki tekstur. Tekstur adalah sifat permukaan yang memiliki karakter halus, licin, polos, kasap, mengkilap, berkerut, dan sebagainy
  3. Memiliki warna. Unsur warna yang ada pada patung dapat dimanfaatkan sebagai salah satu nilai estetis pada karya seni patung.
  4. Memiliki bentuk. Bentuk (form) adalah wujud fisik yang dapat dilihat.
  5. Berbentuk manusia, hewan, maupun tumbuhan.

B. Jenis-jenis Patung
Jenis-jenis patung dapat dibedakan menurut bentuk, jenis, fungsi, dan coraknya. Berikut ini beberapa pengelompokkan jenis patung.

1. Berdasarkan Bentuk
Jenis seni patung yang pertama bisa dilihat berdasarkan bentuknya. Berdasarkan bentuknya, karya seni patung dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu Figuratif dan Nonfiguratif.
Fuguratif dan Nonfiguratif
  1. Pertama Patung Figuratif merupakan bentuk patung yang dibuat dengan meniru bentuk secara alamiah, Misalnya : manusia, hewan atau tumbuhan. Bentuk karya ini dibuat secara utuh sesuia dengan keasliannya.
  2. Kedua Patung Nonfiguratif merupakan karya seni rupa patung yang dibuat tidak seperti bentuk figuratif, yaitu dibuat diluar bentuk aslinya. Bentuk ini biasanya menampilkan garis-garis melintang atau memanjang, lubang, lekukan, benda dll.

2. Jenis Seni Patung Berdasarkan Posisinya
Jenis seni patung berikutnya dilihat berdasarkan posisinya, yang juga dibagi 2 yaitu Zonde Bossed an Relief.
Jenis Seni Patung Berdasarkan Posisinya
  1. Zonde Bosse (bentuk patung yang berdiri sendiri dan terlepas di kanan kirinya). Relief adalah bentuk patung yang menempel pada permukaan dinding. Relief dibagi menjadi 3 yaitu :
  2. Baserelief (menampilkan bentuk-bentuk yang timbul kurang dari setengahnya, Demirelief (menampilkan bentuk persis setengah dari bentuknya), Hautrelief (menampilkan bentuk yang sama dengan bentuknya).

3. Berdasarkan Fungsi
Secara umum fungsi seni patung tidak terlepas dari tujuan diciptakannya patung itu sendiri .berdasarkan tujuan pembuatannya, patung ada enam macam, yaitu sebagai berikut :
Patung Berdasarkan Fungsi
  1. Pertama Patung Religi Patung religi adalah jenis-jenis patung yang dibuat untuk tujuan patung untuk sarana beribadah Patung-patung pada zaman dahulu seringkali di buat untuk kepentingan keagamaan. Misalnya, pada era kejayaan Hindu dan Budha, patung di buat untuk menghormati dewa atau untuk mengenang orang-orang yang yang diagungkan. Misalnya raja atau pimpinan keagamaan atau komunitas mereka.
  2. Kedua Patung Monumen Patung monumen adalah jenis-jenis patung yang kedua. Patung monumen biasa dibuat untuk peringatan sebuah peristiwa atau kejadian yang bersejarah. Patung monumen juga dibuat untuk mengenang jasa seorang pahlawan besar dalam sebuah bangsa atau kelompok kenegaraan.
  3. Ketiga Patung Arsitektur Patung arsitektur adalah patung yang memiliki nilai estetika, dan berfungsi untuk menopang suatu konstruksi bangunan. Patung arsitektur mengutamakan kekokohan dan detil-detil keindahan guna memanjakan mata bagi yang memandangnya.
  4. Keempat Patung Dekorasi Patung dekorasi adalah patung yang biasanya berfungsi untuk menghias suatu bangunan atau suatu tempat. Patung dekorasi juga bisa Anda temukan terletak di sebuah taman baik taman pribadi maupun taman umum. Tujuannya untuk mempercantik atau memperindah pemandangan di sekitarnya. 
  5. Kelima Patung Seni. Patung seni adalah patung yang dibuat dengan tujuan murni untuk estetika. Artinya, fungsi patung seni murni untuk dinikmati keindahannya dari segi bentuk Kelima dan makna bagi yang memahaminya. Patung seni bisa Anda temukan dalam pameran-pameran kesenian, di museum, atau di sebuah gedung dan tempat penting.
  6. Keenam Patung Kerajinan Patung kerajinan adalah jenis patung yang murni diproduksi untuk tujuan konsumerisme. Artinya, patung kerajinan adalah patung yang diperjual-belikan secara bebas, dengan berbagai tujuan. Baik untuk hiasan rumah, taman dan lain sebagainya.

4. Berdasarkan Corak
Berdasarkan coraknya, jika dilihat dari perwujudannya ragam seni patung modern dapat dibedakan menjadi 3 corak :
Berdasarkan Corak
  1. Corak Imitatif/realis/representatif adalah patung berdasarkan tiruan dari bentuk alam, berdasarkan bentuk fisik, baik anatomi, proporsi maupun gerak.
  2. Corak Deformatif adalah patung yang telah mengalami perubahan dari tiruan alam, diubah menjadi bentuk baru berdasarkan imajinasi pematung.
  3. Corak Nonfiguratif/abstrak adalah patung yang secara umum sudah meninggalkan bentuk-bentuk alam untuk perwujudannya. Corak abstrak dipengaruhi oleh aliran konstruksi. Patung dipandang sebagai bentuk konstruksi, yaitu besi, kayu, plat, plastik, kawat, dan lain-lain.

C. Bahan Pembuat Patung
Setelah mengenali jenis-jenis seni patung selanjutnya adalah bahan pembuat karya seni patung. Bahan pembuat seni patung dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan karya patung:
  1. Bahan lunak yaitu bahan yang digunakan lunak dan mudah dibentuk. Seperti tanah liat, plastisin, sabun dan lainnya.
  2. Bahan sedang yaitu bahan yang digunakan tidak lunak dan tidak keras. Misal kayu sengon, kayu waru, kayu mahoni, kayu randu dan lainnya
  3. Bahan keras yaitu bahan yang dapat berupa kayu atau batu-batuan. Misal kayu jati, kayu ulin, batu andesit, batu granit, batu marmer dan lainnya.
  4. Bahan campuran yaitu bahan yang bukan berasal dari 3 jenis bahan di atas. Misal dari semen, pasir, perunggu, kuningan, emas dan lainnya.

D. Teknik Pembuatan Patung
Dalam proses pembuatan patung dikenal beberapa teknik pembuatan karya seni patung. Teknik pembuatan karya seni patung dapat dikelompokkan menjadi 6 kelompok. Berikut ini beberapa teknik dalam pembuatan karya seni patung.
  1. Teknik pahat adalah pembuatan patung dengan mengurangi bagian-bagian tertentu pada bahan dasar keras.
  2. Teknik cor adalah pembuatan patung dengan memanaskan logam hingga mencair kemudian dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnya.
  3. Teknik butsir adalah pembuatan patung dengan mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips dan bahan yang berstruktur lunak lainnya.
  4. Teknik modeling adalah pembuatan patung dengan membuat model terlebih dahulu dan setelah itu dibentuk patung sebenarnya.
  5. Teknik merakit adalah pembuatan patung dengan cara merakit bahan dasar patung kemudian merangkainya.
  6. Teknik membentuk adalah pembuatan patung dengan cara membentuk patung secara bertahap sehingga tercipta patung yang diinginkan.

Demikian beberapa jenis patung yang merupakan bagian pembelajaran Muatan SBdP pada kelas VI sekolah dasar semester 2. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.