Home » » Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Wah, senang sekali ya bisa menjadikan lingkungan sekitar menjadi sumber informasi dan inspirasi dalam belajar. Ternyata dalam kehidupan sehari-hari kita banyak memanfaatkan sumber daya energi dan perubahannya.Benar sekali. Oleh karena itu, kita harus lebih menghargai sumber daya alam, termasuk sumber energi dan perubahannya.

Ayo Membaca
Banyak sekali contoh perubahan energi dan pemanfatannya yang ada di sekitar kita. Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi. Macam-macam energi sebagai berikut:
Perubahan Energi
1. Energi Bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong.

2. Energi Panas
Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor.

3. Energi Listrik
Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak. Nah, dari bentuk-bentuk energi yang kita kenal ada beberapa contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.
  • Energi Listrik-Energi Panas. Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika.
  • Energi Listrik-Energi Gerak. Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender.
  • Energi Gerak-Energi Panas. Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas.
  • Energi Cahaya-Energi Listrik. Contohnya penggunaan panel surya.
  • Energi Gerak-Energi Bunyi. Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan.

Begitu banyak contoh perubahan energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Sekarang bersama kelompokmu, temukan contoh-contoh lain perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari kita. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut
Bentuk Perubahan EnergiContoh dalam Kehidupan Sehari-hari
Energi Listrik-Energi PanasSetrika, microwafe, solder, oven, rice cooker, Kompor listrik, Pemanggang listrik, Pemanas air listrik
Energi Listrik-Energi GerakKipas angin, blender, mesin bor, lift/elevator, tangga berjalan, Mixer, Motor listrik, Mesin jahit, Penyedot debu, Mesin cuci
Energi Gerak-Energi PanasMenggosokan telapak tangan, berjalan kaki yang jauh, bermain prosotan, ban sepeda dan aspal saat mengerem, membuat api dengan batu.
Energi Cahaya-Energi ListrikPanel surya
Energi Gerak-Energi BunyiBertepuk tangan, Getaran pita suara manusia, Drummer memukul drum, Memetik gitar, Lebah berdengung, Derap langkah sekelompok orang berbaris di jalan.

Ayo Membaca
Organisasi wahana lingkungan hidup Indonesia (WALHI) kepulauan Bangka memberikan satu contoh pengembangan teknologi ramah lingkungan. Krisis listrik di Kepulauan Bangka Belitung dijawab WALHI dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya ini berada di Desa Rebo, Sungai Liat Bangka. Kini Listrik dari tenaga surya ini sudah mampu mengaliri rumah-rumah warga 24 jam penuh..

Pembangkit listrik tenaga surya terdiri atas panel-panel surya. Panel-panel surya inilah yang akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya ini mengambil cahaya matahari yang merupakan sumber cahaya.

Pembangkit listrik yang dikembangkan oleh WALHI dan organisasi dari Korea Selatan ini dirakit dengan melibatkan peran serta warga. Tujuannya agar warga dapat sambil belajar. Dalam pengoperasiannya, pembangkit listrik tenaga surya ini dikelola oleh Koperasi Hijau.

Koperasi Hijau mengelola mulai dari menarik biaya listrik ke rumah warga, manajemen keuangan, sampai perawatan dan hal-hal teknis lainnya . Anggota koperasi adalah warga masyarakat. Dengan demikian warga pun akan aktif berperan dalam menggunakan dan merawatnya. Meskipun demikian, WALHI juga tidak lepas dan melakukan pembinaan.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas.
1. Apakah pembangkit listrik tenaga surya itu?
Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik.
2. Apakah penel surya itu?
Panel-panel surya adalah alat yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik.
3. Perubahan energi apakah yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga surya?
Perubahan yang terjadi pada PLTS adalah perubahan energi cahaya menjadi energi listrik

Ayo Mengamati
Amatilah lingkungn sekitar tempat tingglmu. Identifikasikan perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari orang-orang di sekitarmu.

Ceritakan secara tertulis pada kolom berikut :
Di sekitar kita banyak sekali contoh perubahan energi. Misalnya saja perubahan energi listrik menjadi energi panas digunakan pada penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika. Perubahan energi listrik-menjadi energi gerak dimanfaatkan pada penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender. Perubahan energi gerak menjadi energi panas dimanfaatkan pada ban sepeda. Perubahan nnergi cahaya menjadi energi listrik dimanfaatkan pada panel surya. Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dimanfaatkan oleh pemain drum.

Ayo Mencoba
Banyak contoh pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mainan pun ada yang memanfaatkan adanya perubahan energi.

Kapal Otok-Otok, Mainan Kapal Uap
Kapal otok-otok merupakan mainan tradisional berbahan baku seng dan merupakan mainan kebanggaan anak-anak Indonesia. Cara kerjanya menggunakan prinsip tekanan uap untuk menggerakkan atau mendorong kapal.

Alat dan Bahan
  1. Seng
  2. Gunting seng
  3. Spidol
  4. Tang
  5. Cat besi
  6. Kuas
Membuat Kapal Otok-Otok
Langkah kerja
  1. Buat gambar pola badan kapal pada seng menggunakan spidol.
  2. Buat pola ruang pembakar.
  3. Potong semua pola menggunakan gunting seng.Mintalah bantuan orang tua, guru, atau orang dewasa yang mendampingi untuk melakukannya. Jangan melakukannya sendiri!
  4. Buat saluran pipa panjang knalpot dari seng yang digulung.
  5. Rangkailah kapal dan rekatkan tiap tiap bagian dengan membuat tekukan pada seluruh bagian tepinya
  6. Warnailah kapal mennggunakan cat besi. Warnai sesuai seleramu

Cara memainkan sebagai berikut.
  1. Isi air pada dua pipa yang ada di bagian depan perahu.
  2. Masukkan minyak goreng dan sedikit kapas ke wadah pembakaran yang berfungsi sebagai pembakar.
  3. Nyalakan pembakar yang sudah diisi kapas dan minyak goreng.
  4. Setelah kapal panas akibat pembakaran, maka kapal mainan akan mulai bergerak dan akan mengeluarkan bunyi otok-otok...otok-otok.
Kesimpulan:
1. Perubahan energi apakah yang mampu mendorong kapal untuk bergerak?
Perubahan energi yang mampu mendorong kapal bergerak adalah perubahan energi panas menjadi energi gerak
2. Apakah fungsi kapas dan minyak goreng?
Kapas berfungsi untuk menyerap minyak goreng dan juga sebagai sumbu, sedangkan minyak goreng berfungsi sebagai bahan bakar kapal.
3. Apa yang akan terjadi jika tidak ada kapas dan minyak goreng?
Jika tidak ada kapas dan minyak goreng maka tidak ada pembakaran sehingga tidak ada perubahan energi. Hal tersebut mengakibatkan kapal tidak bisa bergerak

Ayo Berlatih
Sumber energi akan dapat memberikan manfaat yang lebih optimal jika diolah dengan baik. Dalam proses pengolahan sumber energi untuk bisa digunakan oleh manusia seringkali mengalami proses perubahan energi.

Coba carilah informasi mengenai contoh perubahan energi dan manfaatnya. Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu uru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Tips dan Saran:
Sebelum wawancara, guru mengarahkan siswa melakukan diskusi untuk menentukan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan untuk menggali informasi (indikator mata pelajaran Bahasa Indonesia). Pertanyaanpertanyaan itu misalnya sebagai berikut.
  1. Maaf, Bapak/Ibu. Kami melakukan tugas dari Bapak/Ibu Guru untuk bertanya kepada Bapak/Ibu. Boleh kami minta waktu sebentar?
  2. Siapa nama Bapak/Ibu?
  3. Apa pekerjaan Bapak/Ibu?

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama :Udin
Pertanyaan yang diajukan: Apakah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil Wawancara:

No.Nama NarasumberJawaban
1.Orang TuaPerubahan energi listrik menjadi energi panas misalnya rice cooker digunakan untuk memasak nasi
2.Ketar RTPerubahan energi listrik menjadi energi gerak misalnya mesin bor kayu digunakan untuk membuat lubang pada kayu.
3.KeponakanPerubahan energi cahaya menjadi listrik misalnya pada panel surya yang digunakan sebagai sumber energi listrik
4.TetanggaPerubahan energi listrik menjadi energi gerak misalnya kipas angin yang digunakan untuk menyejukkan ruangan
5.Teman SekelasPerubahan energi kimia menjadi energi panas pada oven yang digunakan untuk memanggang roti
6.Anak tetanggaPerubahan energi listrik menjadi energi gerak pada mesin blender yang digunakan untuk menghaluskan bahan makanan
7.KakakPerubahan energi listrik menjadi energi cahaya pada lampu yang digunakan sebagai sumber penerangan
8.AdikPerubahan energi listrik menjadi energi gerak pada mainan mobil-mobilan yang digunakan untuk bermain
9.PamanPerubahan energi gerak menjadi energi bunyi pada kegiatan tepuk tangan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan.
10.BibiPerubahan energi gerak menjadi energi bunyi misalnya saat memainkan drum yang digunakan untuk mengiringi lagu

Kesimpulan:
Banyak pemanfaatan perubahan energi yang ada di sekitar kita. Perubahan energi tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar mengenai perubahan energi dan membuat kapal mainan
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Pembelajaran hari ini bermanfaat menambah pengetahuanku tentang berbagai bentuk perubahan energi
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Keterampilan yang saya pelajari hari ini adalah melakukan wawancara
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Setelah pembelajaran kali ini saya akan belajar lebih mendalam tentang perubahan energi di sekitar kita
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.