Home » » Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Tahukah kamu bahwa keadaan alam Indonesia banyak menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia? Apa saja yang membuat wisatawan tertarik datang ke Indonesia ? Ayo, kita baca artikel menarik tentang wisata di Labuan Bajo..

Ayo Membaca
Labuan Bajo
Labuan Bajo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Labuan Bajo merupakan tempat yang sering dikunjungi wisatawan. Banyak tempat wisata di Labuan Bajo. Selain memiliki panorama yang indah, Labuan Bajo merupakan pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat-tempat wisata unggulan di Provinsi NTT. Tempat yang dimaksud antara lain pulau Komodo dan Rinca.

Labuan Bajo memang dipersiapkan sebagai pintu masuk wisatawan. Fasilitas dan akomodasi, infrastruktur utama seperti pelabuhan hingga bandara telah dibangun. Hotel berbintang dan losmen mudah ditemukan. Para wisatawan sering menjadikan Labuan Bajo sebagai (base camp) titik persinggahan ketika menyusuri berbagai objek wisata di lokasi lain. (diolah dari berbagai sumber)

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan Labuan Bajo. Bersama dengan temanmu identifikasilah informasi penting dari bacaan tersebut. Tuliskan informasi yang kamu dapat dalam format yang disediakan.
Lima Informasi Penting dari Bacaan
1.Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat
2.Banyak tempat wisata di Labuan Bajo
3.Labuan Bajo pintu gerbang bagi para wisatawan di Provinsi NTT
4.Wisata unggulan NTT. antara lain pulau Komodo dan Rinca.
5.Fasilitas dan akomodasi, infrastruktur telah dibangun

Berdasarkan informasi dari bacaan, cobalah untuk menyajikannya kembali secara visual. Tuliskan informasi penting di kolom yang disediakan dan tambahkan gambar visual yang sesuai dengan informasi yang disampaikan.
Visual Informasi Labuan Bajo
Ayo Mengamati
  1. Carilah informasi yang lebih lengkap tentang Labuan Bajo dari berbagai sumber.
  2. Analisislah informasi-informasi tersebut untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh kegiatan pariwisata di Labuan Bajo terhadap perekonomian masyarakat sekitar.
  3. Tulislah hasil analisismu dan presentasikan ke depan kelas.

Pengaruh Kegiatan Pariwisata terhadap Kehidupan Perekonomian Masyarakat Labuan Bajo
Perkembangan pariwisata dunia sangat berpengaruh terhadap aktivitas pariwisata di Labuan Bajo. Jumlah kunjungan wisatawan yang semakin meningkat setiap tahun menandakan bagaimana pariwisata berkembang di Labuan Bajo. Kawasan Labuan Bajo sebagai pariwisata prioritas, bisa memberikan dampak ekonomi yang cukup besar.

Pengaruh kegiatan pariwisata terhadap kehidupan perekonomian masyarakat Labuan Bajo adalah meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar Labuan Bajo, serta meningkatkan investasi yang masuk ke sektor pariwisata. sehingga dapat membuka peluang-peluang usaha lainnya yang berkaitan dengan pariwisata.

Semakin banyak turis yang datang ke Labuan Bajo dan belanja banyak di sini pendapatan asli daerah akan meningkat. Hotel-hotel yang ada di sekitar kawasan wisata ini tentunya membutuhkan bahan-bahan makanan. Para petani yang nantinya akan diuntungkan karena bisa memasok langsung hasil panennya kepada hotel. Seluruh produk-produk lokal atau ekonomi kreatif di pulau Flores tentunya akan semakin laris dengan datangnya para turis..

Ayo Mengamati
Salah satu faktor yang memengaruhi banyaknya wisatawan di Labuan Bajo adalah lingkungan yang bersih dan nyaman. Setiap wisatawan berhak untuk menikmati kenyamanan dan kebersihan tempat wisata yang dikunjunginya.

Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk hidup di lingkungan yang baik dan sehat. Apakah kamu tahu makna hak?

Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya bergantung pada kita sendiri.

Bersama dengan temanmu, ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!
  1. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini. Deskripsikan gambar tersebut.
  2. Analisislah apa yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi.
  3. Dalam gambar tersebut, apakah hak masyarakat sudah terpenuhi?
Gambar 1
Gambar 2
Deskripsi gambar:Deskripsi gambar:
Penumpukan sampah sepanjang aliran sungai. Sungai menjadi kotor,menyebabkan banjir dan penyebaran penyakit.Pencemaran/polusi udara di sepanjang jalan, yang menyebabkan ketidaknyamanan para pengguna jalan.
Hak masyarakat yang tidak terpenuhi:Hak masyarakat yang tidak terpenuhi:
Hak untuk hidup pada lingkungan yang sehat dan  Hak untuk memanfaatkan lingkunganHak untuk hidup pada lingkungan yang sehat dan  Hak untuk memanfaatkan lingkungan.
Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?
Wajib menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnyaMenggunakan kendaraan ramah lingkungan dan menggunakan transportasi umum.
Gambar 3
Gambar 4
Deskripsi gambar:Deskripsi gambar:
Poster ajakan untuk menghijaukan kembali lingkungan sekitarBaliho ajakan menyelamatkan bumi dari perubahan iklim
Hak masyarakat yang tidak terpenuhi:Hak masyarakat yang tidak terpenuhi:
Hak pada kelangsungan hidup, Hak untuk meningkatkan kualitas hidup,Hak untuk hidup pada lingkungan yang sehat dan Hak untuk memanfaatkan lingkungan.
Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?
Memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidupMemelihara kelestarian lingkungan serta mencegah pencemaran dan perusakan lingkungan hidup

Ayo Renungkan
Menurutmu apakah setiap hak yang kita miliki sebagai warga Negara akan secara otomatis kita dapatkan? Apa yang akan terjadi apabila masyarakat hanya menuntut haknya tanpa memperhatikan pelaksanaan kewajibannya?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.