Home » » Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Bacalah dengan saksama informasi tentang gerhana bulan. Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan pada tiap paragraf! Selain gerhana matahari, gerhana bulan merupakan peristiwa alam yang menarik.

Gerhana Bulan
Gerhana bulan merupakan suatu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, sehingga bayangan Bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan Bulan. Proses terjadinya gerhana bulan ini dimulai saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan pada satu garis yang sama. Hal ini mengakibatkan sinar Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang oleh Bumi.

Gerhana bulan ini bisa terjadi karena pada saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan dalam posisi sejajar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada hal demikian Bumi akan menghalangi sinar Matahari yang menuju ke Bulan, sehingga permukaan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi.

Proses terjadinya gerhana bulan ini lebih lama jika dibandingkan dengan Matahari, meskipun perbedaan waktunya hanya beberapa menit saja. Seperti halnya gerhana matahari, proses terjadinya gerhana bulan ini sebagai berikut.
  1. Dimulai ketika Bulan yang bersinar terang tiba-tiba tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut adalah bayangan dari Bumi.
  2. Setelah itu lama-kelamaan Bulan yang bulat akan tertutup semakin banyak hingga Bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama Bumi akan terlihat menyabit.
  3. Setelah Bumi menyabit, lama-kelamaan Bulan akan tampak menghilang karena tertutup oleh bayangan Bumi. Saat inilah kita tidak dapat melihat Bulan, Bulan seperti menghilang.
  4. Setelah Bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian kita akan menyaksikan Bulan kembali muncul dari arah pertama kali Bulan menghilang. Munculnya Bulan ini dimulai dari bentuk Bulan sabit, setelah itu Bulan tersebut semakin lama akan semakin terlihat setengah, dan semakin lama akan semakin utuh sehingga tampak seperti semula.

Teks bacaan diatas terdiri dari tiga paragraf yang memiliki gagasan pokok yang berbeda. Bacalah kembali masing-masing paragraf. Carilah informasi penting dari paragraph tersebut yang bisa disajikan melalui gambar (visual) dan sajikan kembali informasi tersebut secara visual.
ParagrafInformasi PentingVisual
1Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari.
Gambar 1
2Bumi menghalangi sinar Matahari yang menuju ke Bulan, sehingga permukaan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi
Gambar 2
3Bulan tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan Bumi, semakin lama Bulan akan terlihat menyabit, Bulan akan tampak menghilang karena tertutup bayangan Bumi, Bulan akan muncul kembali dari arah pertama kali Bulan menghilang
Gerhana

Ayo Mencoba
Lakukan kembali pada halaman 96-98. Pada kesempatan ini, fokuskan pengamatanmu pada posisi Bulan. Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima siswa. Bagaimanakah kenampakan Bulan dari Bumi? Pilihlah salah satu kegiatan di bawah ini! Siapkan alat dan bahannya dan ikuti petunjuk kegiatan secara runut.

1. Kegiatan A
A. Alat dan Bahan
  1. Senter (model matahari)
  2. Bola plastik ukuran kecil / bola tenis (model bulan)
  3. Bola plastik ukuran besar /globe (model bumi)

B. Langkah Kegiatan
Percobaan Gerhana Matahari
  1. Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu :1 orang memegang senter (matahari), 1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan), 1 orang memegang bola plastik besar (Bumi), 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter, dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil dan bola besar mengikuti garis lurus., dan 1 orang mengamati dan mencatat
  2. Buat posisi seperti pada gambar!
  3. Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi.
  4. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap.
  5. Coba kamu perhatikan posisi Bulan. Bagaimanakah kenampakan Bulan dari Bumi?

2. Kegiatan B
A. Alat dan Bahan
  1. Senter
  2. Benang
  3. Globe/bola ukuran besar
  4. Bola tenis
  5. Dudukan bola

B. Langkah Kegiatan
Percobaan Gerhana Matahari B
  1. Letakkan globe/bola besar di atas meja.
  2. Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada dudukan bola.
  3. Letakkan bola tenis di belakang globe/bola besar.
  4. Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola besar/globe sehingga membentuk garis lurus.
  5. Amati dan catatlah apa yang kamu lihat.
  6. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.

Lakukan kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap anggota kelompok melakukan percobaan dan pengamatan. Catatlah hasil pengamatanmu dan sajikan dalam bentuk laporan.

Percobaan A
Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Matahari (A)
Kelompok :Kelompok 4
Tujuan Percobaan :Memahami proses terjadinya gerhana matahari dan penyebabnya.
Alat dan bahan :
  1. Senter (model Matahari)
  2. Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model Bulan)
  3. Bola plastik ukuran besar/globe (model Bumi)
Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
  2. Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu. 1 orang memegang senter (Matahari), 1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan), 1 orang memegang bola plastik besar (Bumi), 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter, dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil, dan bola besar mengikuti garis lurus. 1 orang mengamati dan mencatat Buat posisi seperti pada gambar!
  3. Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi.
  4. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap.
  5. Coba kamu perhatikan posisi Bulan. Bagaimanakah kenampakan Bulan dari Bumi?
Hasil Percobaan:Bulan menerima cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari. Penyebab kegelapan dari bola tenis (bulan) karena tidak mendapat sinar senter (matahari).
Kesimpulan:
    Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Penyebab kegelapan dari bola tenis (bulan) karena tidak mendapat sinar senter (matahari).
    Percobaan B
    Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Matahari (B)
    Kelompok :Kelompok 3
    Tujuan Percobaan :Memahami proses terjadinya gerhana matahari dan penyebabnya.
    Alat dan bahan :
    1. Senter
    2. Benang
    3. Globe/bola ukuran besar
    4. Bola tenis
    5. Dudukan bola
    Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
    1. Letakkan globe/bola besar di atas meja.
    2. Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada dudukan bola.
    3. Letakkan bola tenis di depan globe.
    4. Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola tenis sehingga membentuk garis lurus.
    5. Amati dan catatlah apa yang kamu lihat.
    6. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.
    7. Amati peristiwa yang terjadi pada percobaan yang dilakukan.
    Hasil Percobaan:Bulan menerima cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari. Bumi menerima cahaya matahari, namun sebagian permukaan bumi ada yang tertutup oleh bayangan bulan.
    Kesimpulan:
      Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Bulan menerma cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari saja, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari. Bumi menerima cahaya matahari, namun ada sebagain permukaan bumi yang tertutup oleh bayangan bulan.

      Presentasikan laporan pengamatan dan percobaan yang kamu lakukan. Perhatikan presentasi laporan kelompok lain yang melakukan kegiatan yang berbeda dengan kelompokmu. Bandingkan laporanmu dengan laporan kelompok tersebut.

      Apakah kamu menemukan hal yang sama?
      Bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap
      Apakah kamu menemukan hal yang berbeda?
      Tuliskan hasil perbandinganmu di kotak yang disediakan.
      Persamaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
      Bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap
      Perbedaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
      Tidak ada yang berbeda

      Ayo Berkreasi
      Kita sudah mendapatkan informasi-informasi penting dari kegiatan yang kita lakukan hari ini. Informasi tersebut dapat kita sajikan secara tertulis, lisan, dan visual. Pernahkah kamu melihat informasi yang disajikan dalam bentuk reklame?

      Reklame adalah media periklanan dan pemberitaan. Reklame bertujuan menyebabkan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau pesan lain. Reklame dibuat dengan maksud menarik perhatian masyarakat.

      Reklame yang baik bukan sekadar menarik perhatian khalayak ramai. Isi reklame harus dapat menggerakkan keinginan orang untuk membeli produk yang direklamekan. Beberapa contoh reklame adalah :
      Aneka Jenis Reklame
      1. Iklan. Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
      2. Spanduk. Spanduk adalah kain rentang yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui umum.
      3. Brosur. Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/target.
      4. Embalase. Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.
      5. Poster. Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel di tempat-tempat umum yang strategis.
      6. Baliho. Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen.

      Ayo Berkreasi
      Persiapkan sebuah kegiatan pameran informasi. Bentuklah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang. Sajikan kembali semua informasi yang telah kamu dapatkan dan pelajari sebelumnya tentang gerhana matahari dan gerhana bulan.

      Kamu boleh menggunakan catatanmu atau hasil-hasil belajar sebelumnya sebagai bahan yang akan kamu pamerkan dan presentasikan. Supaya menarik, buatlah reklame pameranmu dalam bentuk brosur, buatlah semenarik mungkin dan tempelkan di dinding kelas. Sajikan kalimat informasi dalam katalog yang kamu buat. Perhatikan komposisi huruf dan gambar, kontras warna dan tata letaknya.
      Pameran Informasi
      Ayo Renungkan
      Tuliskan hal-hal yang menurutmu sangat menarik yang kamu lakukan hari ini. Tuliskan hal-hal yang menurutmu kurang menarik yang kamu lakukan hari ini. Apa yang akan kamu lakukan untuk membuat hal yang kurang menarik menjadi lebih menarik?
      Posted by Nanang_Ajim
      Mikirbae.com Updated at: 4:44 PM

      0 komentar:

      Post a Comment

      Mohon tidak memasukan link aktif.