Home » » Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Ayo Membaca
Masih ingatkah kamu tentang keadaan perekonomian negara Singapura? Sebelumnya, kita telah belajar tentang hubungan kondisi geografis dan kondisi perekonomian di negara tersebut. Sekarang, kita akan mencari informasi tentang negara lainnya, yaitu Laos dan Filipina.

Laos
Keadaan Alam
Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah.

Hasil Utama
Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesin-mesin, dan beras.
Peta Laos dan Philipina
Filipina
Keadaan Alam
Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekitar 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.

Hasil Utama
Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula.

Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan?

Persamaan:
  1. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.
  2. Tanaman utama kedua negara adalah tanaman padsi dan jagung.

Perbedaan:
  1. Laos tidak memiliki laut sementara Philipina merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lauit.
  2. Hasil hutan Laos berupa kayu jati, sementara hasil hutan Philipina kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni.

Ayo Mengamati
  • Carilah informasi tambahan dari berbagai sumber tentang kondisi geografis Laos dan Filipina.
  • Bacalah informasi tentang kehidupan perekonomian dan hasil utama di kedua Negara tersebut.
  • Analisislah dan carilah hubungannya.

Tuliskan hasil analisismu dalam bentuk uraian . Tentukan kata kunci dan gagasan utamanya terlebih dahulu sebelum kamu menguraikan hasil analisismu.
Hasil Analisisku

Kata Kunci : Kondisi geografis dan perkonomian
Gagasan utama : Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Perekonomian.

Keadaan alam negara Laos :
Wilayah Laos terkurung daratan dan bergunung-gunung. Laos memiliki barisan pegunungan lipatan yang membujur dari Barat Laut ke Tenggara dengan puncak gunung tertinggi adalah Gunung Bia (2.819 m). Pegunungan Annam membujur di sebelah Timur, dan Plato Boloven terdapat di bagian Selatan. Lembah sungai Mekong di bagian Barat yang mengalir di wilayah Laos dan bermuara di Teluk Tonkin, merupakan daerah yang subur, dan merupakan penghasil beras.

Perekonomian Laos :
Laos merupakan negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah sektor pertanian yang banyak diusahakan di sekitar sungai Mekong. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah perkebunan, peternakan, dan pertambangan.

Keadaan Alam Filipina :
Filipina adalah negara yang mendiami rangkaian kepulauan yang terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi. Daratan Filipina bagian dari pegunungan vulkanis. Puncak-puncak pegunungan tersebut sebagian besar berada di bawah permukaan laut. Kepulauan Filipina termasuk rangkaian Sirkum Pasifik. Maka dari itu, negara ini memiliki banyak gunung api seperti Gunung Mayon di Pulau Luzon, dan Gunung Apa di Pulau Mindanao.

Perkomoian Philipina
Sekitar 45 persen wilayah darat negara Filipina dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Filipina adalah negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah bidang pertanian. Kegiatan penduduk yang lain adalah di bidang perdagangan, industri, dan pertambangan.

Keadaan geografis Filipina hampir sama dengan keadaan geografis Indonesia. Hasil perkebunan dan pertaniannya pun hampir sama. Petani adalah mata pencaharian yang ditemukan di Filipina dan Indonesia. Banyak sekali petani yang sukses dan berhasil. Ayo, kita baca kisah salah

Ayo Membaca
Bacalah teks bacaan di bawah ini!
Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan

Jawa Pos.com – Pensiun dari pekerjaan sebagai aparatur sipil Negara (ASN) tak membuat Imam Kusno berhenti berusaha untuk hidupnya. Pria yang sebelumnya berstatus guru ini justru sukses bertani cabai. Hasilnya bahkan melebihi penghasilan tetapnya tiap bulan. Berikut kisahnya.

Sudah 4 tahun ini Imam bergelut dengan tanaman cabai lokal. Dia menanam komoditas yang kini harganya selangit itu di atas tanah seluas sekitar 1 hektare di Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.

Dalam satu tahun, Imam mengaku bisa meraih untung hingga Rp 100.000.000,00 dengan masa dua kali panen. Itu dilakoninya sendiri tanpa dibantu petani lainnya. Harga cabai yang kian mahal membuat penghasilannya bertambah. Harga cabai saat ini sekitar Rp150.000,00 per kilogram.

”Yang kita tanam ini hanya seperempat hektare, sekitar lima batang saja. Kalau pakai tenaga sendiri hanya Rp3.000,00 per batang biaya perawatan hingga masa panen," ujar Imam, Senin (20/2) saat dikunjungi di kebun cabai miliknya.

Menurut Imam, bertani cabai seperti merawat bayi. Harus tekun dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ketika dipanen, para pedagang yang datang mengambil cabai ke rumahnya. Dia menjual sebesar Rp125.000,00 per kilogram.

”Tergantung kualitas bibitnya, biasanya harga normal dulu sebelum naik Rp20.000,00 hingga Rp40.000,00 per kilogramnya," ujarnya.

Imam menuturkan, penyebab harga cabai naik di pasaran adalah cuaca yang tidak menentu. Hal itu menyebabkan beberapa penyakit cabai, seperti jamur, hama, dan lainnya mudah menyerang. Hal yang ditakutkan petani cabai adalah apabila hujan siang hari karena jamur akan bermunculan. Karena itu, setelah hujan, tanaman cabai harus disemprot.

”Menentukan berhasil atau tidak itu kan cuaca. Lebih baik musim kemarau sekalian lebih bagus. Dampaknya cuaca seperti ini, jamur yang banyak, patek juga banyak. Makanya, dua kali sehari disemprot tidak menutupi gagal panen," katanya.

Sementara itu, Kasi Produksi Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Kobar, Legiman mengatakan, petani cabai di Kobar paling banyak berada di Kecamatan Pangkalan Lada dan Arut Selatan. Cabai lokal di Kobar sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar.

”Sebagian dipasok dari jawa, sekarang ini rata-rata cabai di pasaran sudah disuplai petani lokal dan kualitasnya juga bagus," tandasnya.

Sumber: https://www.jawapos.com/features/22/02/2017/kisah-petanicabai- sukses-untungnya-menggiurkan

Ayo Mencoba
Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan di atas. Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan.
Bagian-Bagian Cerita “Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan“Nama : Udin
Tanggal : 21 April 2020
Kapan cerita itu terjadi? :
Saat pensiun dari pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)

Di mana peristiw itu terjadi?
Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.
Deskripsi tentang tokoh yang diceritakan:
Imam Kusno seorang pensiunan pegawai, pekerja keras, ulet, pantang menyerah, tekun, cinta dengan pekerjaannya, penuh kasih sayang dalam merawat tanaman cabainya
Masalah/tantangan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita:
Kondisi cuaca yang tidak menentu, penyakit yang menyerang tanaman
Penyelesaian masalah :
Perawatan secara rutin, seperti dua kali sehari disemprot untuk menghindari penyakit
Gagasan utama cerita :
Kisah sukses petani cabai
Bagian cerita yang aku sukai :
Hal yang ditakutkan petani cabai adalah apabila hujan siang hari.

Karena :
jamur akan bermunculan sehingga tanaman cabai harus disemprot.

Ayo Mengamati
Keberhasilan petani Imam Kusno tidak luput dari upaya dan kerja keras yang ia lakukan. Pak Imam Kusno sangat memperhatikan tanaman cabai yang ia tanam. Ia memperhatikan dan mengamati pengaruh cuaca terhadap keberhasilan pertaniannya.

Keberhasilan pertanian sangat bergantung pada faktor-faktor alam seperti cuaca, ketersediaan air, kesuburan tanah dan lainnya. Alam sudah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Setiap warga negara pasti menginginkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 menyatakan bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara. Hak asasi adalah hak-hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah Tuhan yang dibawa sejak lahir. Hak asasi dimiliki oleh setiap manusia tanpa membedakan jenis kelamin, usia, agama, dan status sosial.

Carilah contoh-contoh hak warga negara yang dikategorikan sebagai hak asasi. Carilah informasi dari berbagai sumber dan sajikan informasi yang kamu temukan dalam bentuk informasi visual atau infografis.
Hak Asasi Warga Negara
Hak-hak warga negara yang dikategorikan sebagai hak asasi :
  1. Setiap orang berhak untuk hidup, mempertahankan hidup dan meningkatkan taraf kehidupannya.
  2. Setiap orang berhak hidup tenteram, aman, damai, bahagia, sejahtera lahir dan batin.
  3. Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.
  4. Setiap orang bebas untuk memilih dan mempunyai keyakinan politiknya.
  5. Setiap orang bebas untuk mempunyai, mengeluarkan dan menyebarluaskan pendapat sesuai hati nuraninya,
  6. Setiap orang berhak untuk berkumpul, berapat, dan berserikat untuk maksud-maksud damai.
  7. Setiap orang berhak dengan bebas memilih pekerjaan yang disukainya
  8. Setiap warga negara, sesuai dengan bakat, kecakapan, dan kemampuan, berhak atas pekerjaan yang layak.
  9. Setiap warga negara berhak atas jaminan sosial yang dibutuhkan untuk hidup layak serta untuk perkembangan pribadinya secara utuh.(Sumber : https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt58e0c8234493e/konsep-hak-asasi-manusia-yang-digunakan-di-indonesia/)

Ayo Berdiskusi
Petani Imam Kusno adalah salah satu contoh petani yang berhasil. Petani merupakan salah satu profesi yang ditekuni oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Bekerjalah dalam kelompok yang terdiri atas lima siswa. Bersama dengan kelompokmu, identifikasikan macam-macam mata pencaharian yang dapat kamu temukan di lingkungan sekitarmu. Carilah sedikitnya lima jenis mata pencaharian yang berbeda.

Analisislah setiap jenis mata pencaharian tersebut dan identifikasikan bagaimana seseorang dengan menjalani mata pencaharian tersebut berinteraksi dengan lingkungan alamnya. Lalu, tentukan beberapa aksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.
No.Jenis Mata PencaharianInteraksi dengan Lingkungan AlamAksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup
1.PetaniPetani yang menyesuaikan musim hujan sebagai waktu menanam padiMenggunakan pestisida sesuai aturan dan menggunakan pupuk organik
2.NelayanNelayan menyesuaikan waktu berlayar agar didapat hasil tangkapan yang maksimalMenggunakan jaring dengan lobang besar dan tidak menggunakan bahan peledak
3.Penambang PasirPenambang pasir mengambil pasir setelah banjirTidak mengambil pasir berlebihan dan mengambil pasir jauh dari jembatan
4.PetambakIkan bandeng diberi makan sehingga menjadi besarTidak merusak hutan bakau dan dan tidak menggunakan bahan kimia dalam mengolah tambak
5.Peternak SapiSapi dipelihara dan dirawat sehingga menjadi gemukMenanami lahan dengan tanaman rumput gajah

Ayo Renungkan
Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Nilai-nilai apa saja yang dapat kamu pelajari hari ini? satu petani di Indonesia yang berhasil.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:43 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.