Home » » Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan

Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan

Pada pembelajaran di Subtema 1 kamu telah mengetahui jenis-jenis usaha ekonomi. Ada usaha ekonomi yang memanfaatkan alam, seperti pertanian, perikanan, dan perkebunan. Berbagai jenis usaha dapat dikelola sendiri tau berkelompok. Apa saja jenis saha yang dikelola sendiri?

Ayo Membaca
Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri
Amatilah kegiatan ekonomi di lingkungan sekitarmu! Bagaimana engelolaan kegiatan ekonomi tersebut? Jika dicermati, kegiatan ekonomi ersebut ada yang dikelola sendiri. Ada pula kegiatan ekonomi yang dikelola ecara berkelompok. saha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ni memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.

Contoh saha ekonomi perorangan ebagai berikut.
1. saha Pertanian
Sebagian besar usaha ertanian dikelola secara erorangan. Usaha ini emiliki modal terbatas. ahan yang digarap petani iasanya terbatas, lahan ersawahan dan tegalan. amun, ada juga usaha ertanian yang dilakukan ecara besar-besaran.
Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri
2. Usaha Perdagangan
Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan edang. Contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

3. Usaha Jasa
Perhatikan usaha jasa perorangan di daerah sekitarmu! Coba sebutkan saha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang dikelola secara erorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

4. Industri Kecil
\Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. ontoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

Ayo Mengamati matilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi ang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan alam bentuk tabel seperti contoh berikut.(ini hanya contoh)
No.Jenis UsahaMacam UsahaBanyaknya
1.PertanianPertanian padi, perkebunan sayur, perkebunan palawija, peternakan ayam, peternakan lele15
2.PerdaganganPedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong9
3.JasaSalon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa4
4.Industri kecilPpembuatan keramik, genting, batu bata, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel3

Ayo Berkreasi
Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola perorangan. 
1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis. 
2. Carilah gambar dari buku, surat kabar, atau majalah lama. 
3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu tempelkan pada buku gambar atau buku tulis. 
4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar: 
a. Nama jenis usaha 
b. Sumber gambar
Usaha Yang Dikelola Sendiri
Usaha masyarakat banyak dipengaruhi oleh kondisi geografis tempat tinggalnya. Sebagai contoh di Bali. Keindahan alam dan keunikan budaya di pulau Bali menjadikan industri pariwisata berkembang pesat. Akibatnya, banyak jenis usaha jasa di Bali. Tahukah kamu keunikan budaya di Bali?

Ayo Membaca
Desa Unik di Bali
Bali merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak hal yang membuat Bali menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu daya tarik Bali adalah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu? Apa keunikannya? Bacalah penjelasan berikut.

Desa Tenganan
Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di sebelah timur Pulau Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali. Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa asli suku Bali). Desa ini terkenal dengan kesederhanaannya.

Desa Trunyan
Desa Trunyan terletak di pinggir Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Keunikan desa ini adalah tradisi pemakamannya. Pada masyarakat Hindu Bali, jenazah orang meninggal akan dibakar atau yang disebut ngaben. Namun, di Desa Trunyan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah.

Desa Penglipuran
Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, lebih kurang 45 km dari Kota Denpasar. Desa ini memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi. Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan adat dan budaya yang berlaku turun-temurun. Oleh karena itu, masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.

Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?
Desa Tenganan terkenal dengan kesederhanaannya. Desa Trunyan memiliki keunikan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon, masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.
2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?
Salah satu keunikan desaku adalah adanya upacara adat sedekah bumi.
3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?
Kita harus saling menghargai walaupun saling berbeda suku/budaya/adat istiadat,tidak saling menghina.
Tuliskan hasil diskusi kalian, lalu bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain.

Ayo Renungkan
Apa yang telah aku pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang sikap menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain, dan sikap cermat. Pengetahuan yang saya pelajari antara lain : peristiwa atau tindakan dalam bacaan., keragaman jenis-jenis usaha di Indonesia, keunikan adat istiadat di Indonesia. Sedangkan keterampilan yang saya pelajari adalah membuat kliping
Pengetahuan apa yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupanku sehari-hari?
Pengetahuan yang ingin kumanfaatkan adalah pengetahuan tentang keragaman jenis-jenis usaha di Indonesia. Dengan memahami keragaman jenis usaha akan meningkatkatkan rasa persatuan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bagaimana bentuk sikap toleransi atas keragaman jenis budaya di lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan.
Bentuk bentuk sikap toleransi atas keragaman budaya di lingkungan tempat tinggal adalah:
  1. Menghormati perbedaan agama dan suku bangsa dari warga yang berada di sekitar tempat tinggal.
  2. Tidak memenedakan terhadap warga setempat yang berbeda agama atau suku bangsanya.
  3. Tidak mengganggu kegiatan ibadah pemeluk agama lain
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.