Home » » Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu melihat gerhana matahari? Kapan gerhana matahari dapat dilihat? Ayo, kita cari informasi tentang gerhana matahari.

Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari, bayangan Bulan akan menutupi Bumi. Oleh karena Bulan lebih kecil daripada Bumi, hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.
Gerhana Matahari
Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan. Adapun gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari. Buatlah tiga kartu informasi yang menjelaskan tiga hal berikut.
  1. Kapan gerhana matahari terjadi?
  2. Apa yang menyebabkan gerhana matahari?
  3. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaanya?
Kartu Informasi Gerhana Matahari
Kapan gerhana matahari terjadi?Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus.
Apa yang menyebabkan gerhana matahari?Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.
Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaanya?Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.
  1. Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.
  2. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan.
  3. Gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.

Ayo Mencoba
Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima siswa. Pilihlah salah satu kegiatan di bawah ini! Siapkan alat dan bahannya dan ikuti petunjuk kegiatan secara runut.

1. Kegiatan A
Alat dan Bahan:
  • Senter (model Matahari)
  • Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model Bulan)
  • Bola plastik ukuran besar/globe (model Bumi)
Percobaan Gerhana Matahari
Langkah Kegiatan:
  • Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu. 1 orang memegang senter (Matahari), 1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan), 1 orang memegang bola plastik besar (Bumi), 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter, dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil, dan bola besar mengikuti garis lurus. 1 orang mengamati dan mencatat Buat posisi seperti pada gambar!
  • Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi.
  • Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap.
  • Perhatikan posisi Bulan. Apakah menurutmu Bulan menerima cahaya dari Matahari? Apakah Bumi menerima cahaya dari Matahari?

2. Kegiatan B
Alat dan Bahan:
  • Senter
  • Benang
  • Globe/bola ukuran besar
  • Bola tenis
  • Dudukan bola
Percobaan Gerhana Matahari B
Langkah Kegiatan:
  • Letakkan globe/bola besar di atas meja.
  • Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada dudukan bola.
  • Letakkan bola tenis di depan globe.
  • Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola tenis sehingga membentuk garis lurus.
  • Amati dan catatlah apa yang kamu lihat.
  • Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.

Lakukan kegiatan ini secara bergantian. Pastikan setiap anggota kelompok mendapatkan kesempatan yang sama dalam melakukan percobaan dan pengamatan.

Catatlah percobaan dan hasil pengamatanmu, kemudian sajikan dalam bentuk laporan. Gunakan format laporan pengamatan yang pernah kamu gunakan di pembelajaran sebelumnya.

Percobaan A
Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Matahari (A)
Kelompok :Kelompok 3
Tujuan Percobaan :Memahami proses terjadinya gerhana matahari dan penyebabnya.
Alat dan bahan :
  1. Senter (model Matahari)
  2. Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model Bulan)
  3. Bola plastik ukuran besar/globe (model Bumi)
Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
  2. Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu. 1 orang memegang senter (Matahari), 1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan), 1 orang memegang bola plastik besar (Bumi), 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter, dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil, dan bola besar mengikuti garis lurus. 1 orang mengamati dan mencatat Buat posisi seperti pada gambar!
  3. Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi.
  4. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap.
  5. Perhatikan posisi Bulan. Apakah menurutmu Bulan menerima cahaya dari Matahari? Apakah Bumi menerima cahaya dari Matahari?
Hasil Percobaan:Ketika senter dinyalakan, cahaya yang terpancar dari senter ke bola plastik besar (Bumi) tertutup oleh bola tennis (Bulan). Akibatnya, ada bagian dari bola plastik besar (Bumi) yang tertutup oleh bayangan bola tennis. Saat bola tenis digerakkan ke kiri dan ke kanan, bentuk bayangan yang ada pada bola plastik besar(Bumi) akan tampak berubah-ubah.
  1. Bulan menerima cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari.
  2. Bumi menerima cahaya matahari, namun sebagian permukaan bumi ada yang tertutup oleh bayangan bulan.
Kesimpulan:
    Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Bulan menerma cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari saja, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari. Bumi menerima cahaya matahari, namun ada sebagian permukaan bumi yang tertutup oleh bayangan bulan.
    Percobaan B
    Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Matahari (B)
    Kelompok :Kelompok 3
    Tujuan Percobaan :Memahami proses terjadinya gerhana matahari dan penyebabnya.
    Alat dan bahan :
    1. Senter
    2. Benang
    3. Globe/bola ukuran besar
    4. Bola tenis
    5. Dudukan bola
    Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
    1. Letakkan globe/bola besar di atas meja.
    2. Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada dudukan bola.
    3. Letakkan bola tenis di depan globe.
    4. Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola tenis sehingga membentuk garis lurus.
    5. Amati dan catatlah apa yang kamu lihat.
    6. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.
    7. Amati peristiwa yang terjadi pada percobaan yang dilakukan.
    Hasil Percobaan:Ketika senter dinyalakan, cahaya yang terpancar dari senter ke globe tertutup oleh bola tennis (Bulan). Akibatnya, ada bagian dari globe yang tertutup oleh bayangan bola tennis. Saat bola tenis digerakkan ke kiri dan ke kanan, bentuk bayangan yang ada pada globe akan tampak berubah-ubah.
    1. Bulan menerima cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari.
    2. Bumi menerima cahaya matahari, namun sebagian permukaan bumi ada yang tertutup oleh bayangan bulan.
    Kesimpulan:
      Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Bulan menerma cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari saja, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari. Bumi menerima cahaya matahari, namun ada sebagain permukaan bumi yang tertutup oleh bayangan bulan.

      Presentasikan laporan percobaan dan pengamatan yang kamu lakukan. Perhatikan presentasi kelompok lain yang melakukan kegiatan berbeda dengan kelompokmu. Bandingkan laporanmu dengan laporan kelompok tersebut.

      Apakah kamu menemukan hal yang sama?
      Ya, bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap
      Apakah kamu menemukan hal yang berbeda?
      Tuliskan hasil perbandinganmu di kotak yang disediakan.
      Persamaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
      Bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap
      Perbedaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
      Tidak ada yang berbeda

      Ayo Berlatih
      Buatlah sebuah buklet yang berisi informasi dan gambar tentang gerhana matahari. Sebelum membuat buklet, kumpulkan informasi-informasi yang akan kamu cantumkan dalam bukletmu nanti.
      1. Informasi tentang pengertian gerhana matahari.
      2. Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari.
      3. Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari.
      4. Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari.
      Infografis Gerhana Matahari
      1. Informasi tentang pengertian gerhana matahari.
      Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

      2. Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari.
      Gerhana Matahari total
      Gerhana Matahari sebagian
      Gerhana Matahari cincin 

      3. Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari.
      1. Jangan melihat langsung saat proses terjadinya gerhana matahari
      2. Jangan terlalu lama melihat gerhana matahari
      3. Jangan sekadar gunakan kacamata hitam, tapi gunakanlah kacamata hitam khusus.
      4. Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari.
      Kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari dengan menggunakan senter (model Matahari), Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model Bulan), Bola plastik ukuran besar/globe (model Bumi)

      Ayo Renungkan
      1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
      2. Apa yang masih belum kamu pahami?
      3. Apa dampak gerhana matahari bagi kehidupan?
      Posted by Nanang_Ajim
      Mikirbae.com Updated at: 10:02 AM

      0 komentar:

      Post a Comment

      Mohon tidak memasukan link aktif.