Home » » Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pada Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia akan mempelajari tentang menjelaskan isi pantun dan tulisan berdasarkan jenis pantunnya, membandingkan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain, membuat tabel perbandingan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya, mengidentifikasi akibat-akibat yang timbul karena tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti krgiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Pulang sekolah Lina menonton televisi. Lina melihat berita prosesi pernikahan adat Melayu yang menggunakan pantun. Lina terpana melihat serunya berbalas pantun dalam prosesi pernikahan tersebut. Selesai nonton televisi, Lina membuka kembali bukunya yang berisi tentang jenis-jenis pantun. Lina ingin tahu, jenis pantun yang disajikan dalam prosesi pernikahan adat Melayu yang baru saja dia tonton di televisi.

Ayo Menulis
Kamu telah mengetahui bermacam-macam jenis pantun. Termasuk jenis pantun apakah pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan? Coba kamu cari informasi melalui berbagai sumber literatur, bisa melalui buku bacaan, majalah, surat kabar, atau melalui internet. Tuliskan hasil pencarianmu untuk dinilai Bapak/Ibu Guru.
Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan termasuk jenis pantun tua.
Alasannya:
Pantun tua adalah pantun yang berhubungan dengan orang tua. Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya, agama, dan nasihat. Karena pantun tersebut disajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakan adat dan budaya suatu daerah, pantun tersebut berjenis pantun tua.
Pantun Pernikahan
Ayo Membaca
Perbedaan adat pernikahan merupakan contoh perbedaan budaya. Pengenalan budaya daerah dengan daerah lain terjadi karena adanya interaksi antarwarga masyarakat. Interaksi antarwarga masyarakat terjadi dalam berbagai bidang seperti sosial dan ekonomi. Interaksi antarwarga masyarakat terjadi karena beberapa faktor seperti berikut.

1. Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah
Perbedaan kandungan sumber daya alam jelas akan memengaruhi kegiatan produksi pada daerah bersangkutan. Daerah dengan kandungan sumber daya alam cukup tinggi ,akan dapat memproduksi barang-barang tertentu dengan biaya relatif murah dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki kandungan sumber daya alam lebih rendah. Kondisi ini mendorong pertumbuhan ekonomi daerah bersangkutan menjadi lebih cepat.

2. Perbedaan Kondisi Demografis
Perbedaan kondisi demografis adalah perbedaan tingkat pertumbuhan dan stuktur kependudukan, perbedaan tingkat pendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenagakerjaan, dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan, serta etos kerja yang dimiliki masyarakat daerah bersangkutan. Kondisi demografis ini dapat memengaruhi ketimpangan pembangunan antar wilayah karena hal ini akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja masyarakat pada daerah bersangkutan.

Daerah dengan kondisi demografis yang baik akan cenderung memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi.. Sebaliknya, bila suatu daerah yang kondisi demografisnya kurang baik maka dapat menyebabkan rendahnya produktivitas kerja masyarakat setempat.

3. Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa
Mobilitas barang dan jasa ini meliputi kegiatan perdagangan antar daerah dan migrasi baik yang disponsori pemerintah (transmigrasi) atau migrasi spontan. Alasannya, apabila mobilitas tersebut kurang lancar maka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijual kedaerah lain yang membutuhkan. Demikian pula halnya migrasi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membutuhkannya.

4. Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah
Terjadinya konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup tinggi pada wilayah tertentu, jelas akan memengaruhi ketimpangan pembangunan antarwilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akan cenderung lebih cepat pada daerah dengan konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup besar.

5. Alokasi Dana Pembangunan Antardaerah/Wilayah
Alokasi investasi pemerintah ke daerah, lebih banyak ditentukan oleh sistem pemerintahan daerah yang dianut. Bila sistem pemerintahan daerah yang dianut bersifat sentralistik, maka alokasi dana pemerintah
akan cenderung lebih banyak dialokasikan pada pemerintah pusat sehingga ketimpangan pembangunan antarwilayah akan cenderung tinggi. Sebaliknya, jika sistem pemerintahan yang dianut adalah otonomi atau federal, maka dana pemerintah akan lebih banyak dialokasikan ke daerah sehingga ketimpangan pendapatan akan cenderung rendah.

Alokasi dana pemerintah yang antara lain akan memberikan dampak pada ketimpangan pembangunan antarwilayah, adalah alokasi dana untuk sektor pendidikan, kesehatan, jalan, irigasi, dan listrik. Semua sektor ini akan memberikan dampak pada peningkatan produktivitas tenaga kerja, pendapatan per kapita, dan pada akhirnya dapat meningkatkan pergerakan ekonomi di daerah tersebut.

Berdasarkan faktor pendorong terjadinya interaksi antarwarga masyarakat dalam berbagai bidang, dapat dipahami pengaruh interaksi terhadap pembangunan di segala bidang. Tentu saja, interaksi yang terjadi bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di berbagai bidang tersebut. Dengan demikian, kepentingan masyarakat yang belum bisa terpenuhi di daerah yang satu akan bisa terpenuhi dengan berinteraksi dengan masyarakat dari daerah lain. Jadi, interaksi yang terjalin untuk menutupi kekurangan masing-masing sehingga pada akhirnya semua kebutuhan akan bisa terpenuhi dengan baik.

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, coba kamu buat kesimpulan tentang pentingnya interaksi antarwarga masyarakat terhadap pembangunan di segala bidang.

Tuliskan dalam kolom berikut!
Interaksi antarwarga masyarakat dapat meningkatkan pembangunan di segala bidang. Dalam bidang budaya, masyarakat dapat mengenal budaya daerah yang satu dengan budaya daerah yang lain sehingga memperkaya wawasan nusantara dan kebudayaan nasional. Dalam bidang sosial, dengan interaksi masyarakat dapat memenuhi kodratnya sebagai makhluk sosial, yaitu dalam kegiatan tertentu, manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi hidupnya. Dalam kegiatan ekonomi, masyarakat dapat bekerja sama untuk meningkatkan taraf hidupnya sehingga tercapai kesejahteraan sosial.

Ayo Mengamati
Kelompok pertama, bertugas melakukan pengamatan terhadap upaya pembangunan ekonomi di daerah pantai. Kelompok kedua, bertugas melakukan pengamatan terhadap upaya pembangunan ekonomi di daerah pegunungan.
Pegunungan dan Pantai
Tuliskan hasil pengamatan kelompokmu dan buat laporan secara tertulis. Presentasikan hasil pengamatan kelompok pertama dan kelompok kedua. Benarka ada perbedaannya? Tulis kesimpulan pada kolom berikut.
Upaya Pembangunan Ekonomi
Di Daerah PantaiDi Daerah Pegunungan
  1. Membangun dan mengembangkan pariwisata pantai
  2. Melestarikan hutan bakau yang bisa dijadikan juga sebagai objek wisata
  3. Modernisasi peralatan tangkap nelayan agar lebih mudah saat menangkap ikan
  4. Pelestarian terumbu karang sehingga banyak ikan yang hidup di daerah tersebut.
  5. Membangun tempat pengolahan ikan untuk menampung hasil tangkapan nelayan
  1. Memperbaiki infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata pegunungan.
  2. Membangun sarana wisata pegunungan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan
  3. Melestarikan hutan pegunungan sehingga semakin menarik wisatawan
  4. Memperbaiki jalan akses ke wilayah pegunungan
  5. Peremajaan tanaman yang ada di pegunungan agar selalu hijau

Interaksi antarmanusia pasti selalu terjadi. Dalam keluarga kecil pun sering terjadi. Sebagai contoh, saat Lina menonton televisi tiba-tiba Ibu Lina meminta tolong kepada Lina untuk menjaga adiknya yang sedang tidur. Ibu Lina akan berbelanja untuk persiapan pertemuan warga RT 01 nanti malam di rumahnya. Lina pun siap menjaga adiknya.

Ibu Lina sudah sampai di rumah. Ibu Lina dibantu Lina mempersiapkan jamuan untuk warga masyarakat. Warga masyarakat mengadakan pertemuan guna membuat peraturan jam belajar masyarakat. Semua warga RT 01 bertanggung jawab atas ketenangan lingkungan setempat pada saat jam belajar masyarakat. Oleh karena itu, semua warga RT 01 berhak ikut serta menentukan jam belajar masyarakat. Keputusan bersama atas jam belajar masyarakat mengikat semua warga masyarakat RT 01 dan orang-orang yang berada di lingkungan setempat. Artinya, semua warga wajib mematuhi peraturan yang dibuat bersama.

Dalam uraian di atas terdapat kata hak, kewajiban, dan tanggung jawab. Apa perbedaan dari ketiga kata tersebut?

Ayo Membaca
Perbedaan Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang berbeda satu sama lain, tetapi saling berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan. Hak dan kewajiban bersifat kodrati dan harus dilaksanakan secara bertanggung jawab.

1. Hak sebagai Warga Masyarakat
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.
  • Mendapatkan perlindungan hukum.
  • Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Menikmati lingkungan bersih.
  • Hidup tenang dan damai.
  • Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.
  • Berpendapat dan berorganisasi.
  • Mengembangkan kebudayaan daerah.

2. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat
Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.
  • Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  • Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  • Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau Desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  • Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
  • Membantu tetangga yang terkena musibah.
  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

3. Perbedaan antara Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat
Hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Adapun kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. 

Sementara itu, tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan seseorang dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Jadi, hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara bertanggung jawab. Sebaliknya, tanggung jawab tecermin dari terlaksananya hak dan kewajiban dengan baik.

Ayo Menulis
Tahukah kamu hak dan kewajibanmu terhadap kesehatan di lingkunganmu? Apakah kamu memiliki kewajiban menciptakan lingkungan sehat di sekitar tempat tinggalmu? Apa kewajibanmu itu? Apa hakmu terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalmu? 
Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan
KewajibanHak
  1. Membersihkan lingkungan dari sampah. 
  2. Melestarikan lingkungan melalui reboisasi.
  3. Menjaga kelestarian lingkungan dengan memakai kendaraan yang ramah lingkungan.
  4. Memelihara lingkungan dengan membangun gedung ramah lingkungan,
  5. Mengurangi penyebab polusi dengan menggunakan energi alternatif.
  1. Menikmati lingkungan sehat dan segar. 
  2. Memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam untuk kebutuhan sehari-hari
  3. Memperoleh sumber makanan dari hewan dan tumbuhan
  4. Memperoleh lahan untuk tempat tinggal
  5. Bebas dari pencemaran lingkungan sehingga terbebas dari berbagai penyakit.

Apakah ada pengaruh lingkungan sehat dengan cara mencegah penyakit pada organ peredaran darah? Tuliskan pendapatmu dalam kolom berikut!

Pengaruh lingkungan sehat terhadap pencegahan penyakit pada organ peredaran daran adalah sebagai berikut.
  1. Pencemaran udara disebabkan oleh asap, zat kimia, bau tidak sedap, dan debu. Debu dan zat kimia yang masuk ke saluran pernapasan dapat menyebabkan paru-paru terganggu dengan terganggunya paru-paru penyerapan oksigen yang dibutuhkan tubuh melalui darah menjadi tidak maksimal.
  2. Bahan makanan yang sudah tercemar oleh bahan pestsida dapat mengganggu kerja jantung. Jika kerja jantung terganggu maka proses peredaran darah akan menjadi terhambat.
  3. Pembuluh darah dapat tersumbat. Pola hidup yang tiadk sehat seperti misalnya sering makan-makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak trans itu bisa menyebabkan anda menimbun kolesterol di dalam tubuh sehingga bisa membuat saluran darah jadi tersumbat.

Ayo Renungkan
Kamu sebagai warga masyarakat tentunya sudah memahami hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang harus kamu emban. Kamu pun tentu sudah melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang coba kamu renungkan dan tuliskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab kamu sebagai warga masyarakat! Tuliskan juga hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat yang sudah kamu kerjakan!

Sebagai warga masyarakat beberapa kewajiban, hak dan tanggung jawab yang sudah saya lakukan antara lain sebagai berikut.
  1. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat misalnya dengan berbicara sopan kepada semua orang
  2. Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat dengan cara tidak membunyikan musik dengan keras.
  3. Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT,misalnya gotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal
  4. Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal dengan cara menyapa jika bertemu
  5. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. denganh menyapu halaman setiap hari

Kerja Sama dengan Orang Tua
Melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab dalam masyarakat memiliki arti penting dalam kehidupan bermasyarakat. Coba kamu tanyakan kepada orang tuamu tentang pentingnya melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Selain itu, tanyakan akibat yang akan terjadi jika warga masyarakat tidak melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat. Tulislah jawabanmu pada kolom berikut!
Pentingnya melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat sebagai berikut. 
Pentingnya melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat agar terciptanya kenyamanan, dan keamanan semua warga masyarakat.

Akibat jika tidak ada kesadaran warga masyarakat dalam melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.
Akibat jika tidak ada kesadaran warga masyarakat dalam melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat, maka masyarakat akan berlaku seenaknya tanpa memperdulikan orang lain sehingga sering muncul masalah dan hidup menjadi tidak nyaman.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:51 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.