Home » » Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Pernahkah kamu mendengar pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh?”. Pepatah "Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh" merupakan ajakan moral agar kita senantiasa membangun persatuan untuk mewujudkan kekuatan dalam menghadapi segala rintangan. Bahwa ikatan dalam sebuah persatuan adalah kekuatan dan dan berdiri sendiri/berpisah/bercerai-berai adalah sebenar-benarnya kelemahan. Apa makna pepatah tersebut bagi bangsa Indonesia? Ayo, kita diskusikan!

Ayo Berdiskusi
Amati gambar berikut!
Bersatu Kita Teguh

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.

Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Jawab pertanyaan berikut!
1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?
Bersatu Kita Teguh bmakna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.
2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia karena dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan
3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan diantaranya adalah (1) menghormati teman yang berbeda agama, daerah, suku, golongan maupun ras. (2) Saling bergotong royong misalnya mebersihkan lingkungan. dan (3)Tidak mengejek teman yang berbeda status ekonomi.

Diskusikan jawaban-jawabanmu dengan teman di kelompokmu! Tulislah suatu cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan berdasarkan pengalamanmu. Ceritamu harus memuat:
  1. Kejadian yang menimpamu
  2. Manfaat persatuan dan kesatuan
  3. Tempat kejadian dan waktu

Persatuan dan kesatuan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh sikap yang menerapkan tentang persatuan dan kesatuan adalah saat membersihkan rumah bersama-sama. Pada hari minggu kemarin saya, ayah, ibu dan adik bergotong royong membersihkan lingkungan rumah.

Kegiatan berogotng-royong membersihkan rumah memberi beberapa manfaat seperti: lingkungan rumah menjadi bersih sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita/ Selain itu lingkungan sekitar menjadi indah dan enak untuk dipandang. Dengan adanya gotong royong tersebut juga dapat mempererat hubungan dalam satu keluarga.

Sikap yang menerapkan persatuan dan kesatuan juga dapat diterapkan dilingkungan mana saja selain dirumah seperti disekolah,di jalan raya, di lingkungan masyarakat dan masih banyak lagi. Kita diwajibkan untuk menerapkan sikap dan sifat persatuan dan kesatuan dimana saja.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tetap kita pertahankan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. Zaman boleh berganti, pemerintahan boleh berubah, namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap terjaga utuh.

Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu dapat membaca informasi tentang Tari Indang.

Pola Lantai Tari Indang
Pola lantai tari indang adalah horizontal (lurus) Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. Tari indang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari Indang berasal dari kata Indang atau disebut juga Badindin. Tari indang menyerupai tari Saman yang berasal dari Aceh.

Ayo Mencoba
Saat membersihkan halaman sekolah bersama teman-temannya, Edo menemukan selembar koran bekas dan ia membaca informasi berikut.
Pesta Buku Diskon 30%
Edo kemudian mendiskusikan pengumuman tersebut dengan Dayu. Mereka mencoba membahasnya.
Apa yang dimaksud dengan 30%? Bantulah Edo untuk memahami informasi tersebut. Diskusikan dugaanmu dengan temanmu!
Persen adalah angka dalam bentuk perbandingan atau juga rasio yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase dilambangkan dengan tanda “%”.

Pehatikan contoh berikut!
Kotak ratusan berikut mewakili keseluruhan.
Pecahan Desimal
Tulislah bagian kotak yang berwarna biru dalam empat cara.
Perhatikan keterangan berikut!
  1. Membandingkan jumlah 55 kotak biru dengan jumlah keseluruhan kotak.
  2. 55 dari 100 keseluruhan kotak adalah biru
  3. Menulis pecahan 55/100 kotak adalah biru
  4. Menulis desimal 0,55 kotak adalah biru
  5. Menulis persen 55% dari kotak adalah biru
Perhatikan kotak ratusan berikut!
Kotak Ratusan

Tulislah berapa persen kotak berwarna biru untuk masing-masing kotak ratusan di atas!
  1. Kotak A semuanya berjumlah 100. dan kotak warna biru didalamnya berjumlah 35. Penulisan bagian warna biru dibandingkan dengan semua kota adalah karena penyebutnya sudah 100 maka kita bisa langsung menulisnya dalam bentuk persen = 35%
  2. Karena jumlah semua kotaknya sama 100 buah maka langsung saja hitung kotak biru nya. kotak biru di bagian B terdapat 32/100  buah jadi persentase nya adalah 32%
  3. Sama seperti bagian bagian sebelumnya langsung hitung kotak birunya.. kotak biru terdapat 16 /100 buah. maka persentase nya 16%

Jelaskanlah jawabanmu kepada teman sebelahmu!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Sembilan puluh tujuh persen air bumi adalah air asin. Berapa persen air bersih yang ada di bumi?
Air bersih yang ada di bumi adalah 100% - 97% = 3%
Jelaskan jawabanmu!
Untuk menentukan prosentase air bersih dipermukaan bumi dilakukan dengan mengurangkan jumlah seluruh air dipermukaan bumi dikurangi air asin.97% bagian bumi terdiri dari air asin dan sisanya adalah 3% bagian bumi terdiri atir bersih
2. Temukan jawabannya!
Santi membeli buku di toko diskon. Harga satu paket buku adalah Rp.400.000,00. Santi harus membayar Rp. 320.000,00. Berapa persen Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar?
Jawaban:

Diketahui:
Harga awal 1 paket buku = Rp 400.000,00
Harga ahir 1 paket buku setelah diskon = Rp 320.000,00

Ditanyakan : berapa persen diskon atau potongan harga buku ?
Untuk menjawab soal seperti ini, dapat kita gunakan rumus
Prosentase diskon = besar diskon (Rp) / harga awal x 100%
Kita cari terlebih dahulu diskon yang didapat Santi
Harga diskon = harga awal - harga ahir
                      = Rp400.000,00 - Rp320.000,00
                      = Rp80.000,00

Prosentase diskon = harga diskon / harga awal x 100%
                      = Rp80.000,00 / Rp400.000,00 x 100%
                      = 1/5 x 100%
                      = 20%

Jadi prosentase diskon yang diterima Santi adalah 20%
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.