Home » » Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Persatuan akan memperkuat tekad sehingga menghasilkan tujuan yang ingin dicapai. Hari ini kamu akan belajar tentang persatuan yang membuahkan hasil sesuai harapan.

Ayo Membaca
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras. Sebagai pelajar, kamu dapat bersatu dalam diskusi saat belajar di dalam kelas. Persatuan yang memperteguh tekad dalam mencapai tujuan telah dicontohkan oleh para pejuang.

Proklamasi Indonesia, sebagai tonggak kemerdekaan Indonesia, merupakan wujud dari persatuan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia dicapai setelah melalui perjalanan panjang para pejuang bangsa melawan penjajah. Persatuan yang kuat memperteguh tekad mereka untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur.

Keteguhan hati dalam mewujudkan persatuan dapat dicontoh dari seorang pemuda di masa Proklamasi Kemerdekaan

Amatilah tulisan berikut!
Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu! 
Teks proklamasi ini dirumuskan oleh 3 bapak bangsa yakni Soekarno, Hatta dan Mr. Soebardjo. Naskah yang memuat isi dari teks proklamasi ditulis oleh Ir. Seokarno kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Isi teks proklamasi hanya memuat beberapa baris kalimat saja yang dibagi menjadi dua paragraf. Paragraf pertama memuat pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sementara paragraf kedua memuat mengenai pemindahan kekuasaan.
Bacalah teks berikut dalam hati!
Teks Proklamasi

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi
Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki
sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku? Tulis alasanmu dan diskusikan dengan teman!
Ada beberapa kata tidak baku pada bacaan BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi. Beberapa diantaranya adalah : Bangsa Indonesia seharusnya bangsa Indonesia. BM Diah seharusnya B.M. Diah (karena B.M. singkatan dari Burhanuddin Mohammad). Menyerahkannya melalui Presiden Soeharto, seharusnya menyerahkannya kepada Presiden Soeharto. Disimpan oleh Arsip Nasional seharusnya disimpan di Arsip Nasional (karena Arsip Nasional adalah nama tempat, bukan nama orang). Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 (Selasa pagi bukan nama tempat sehingga tidak menggunakan koma)
Tahukah kamu tentang kata baku? Bacalah penjelasan singkat berikut!
Kata Baku adalah kata yang digunakan dalam situasi resmi, penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
Dengan menggunakan buku EYD, tentukanlah apakah kata-kata yang terdapat pada bacaan adalah kata baku. Jelaskan jawabanmu!
  1. Selasa pagi (nama hari ditulis dengan huruf kapital)
  2. 46 tahun 9 bulan 19 hari (penulisan angka secara berurutan)
  3. Soekarno, (nama orang menggunakan huruf kapital)
  4. diketik (di digandeng karena bukan kata depan)
  5. disimpan (di digandeng karena bukan kata depan)
  6. pukul 10.30 (tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu)
  7. Sayuti Melik (menggunakan huruf kapital karena nama orang)
  8. ke tempat sampah (penulisan ke dipisah karena kata depan)
  9. Proklamasi Kemerdekaan (menggunakan huruf kapital karena huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama peristiwa sejarah)
  10. Presiden Soeharto (huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang)
  11. dari tong (penulisan dipisah karena dari adalah kata depan)

Bacalah teks sekali lagi. Temukan informasi penting dan tulis pada peta pikiran berikut! Kembangkan informasimu dengan memperhatikan kata baku. Jangan lupa menggunakan kalimat efektif.
Apa :
Peristiwa B. M. Diah menyerahkan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
Mengapa :
B. M. Diah menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.
Siapa :
B. M Diah, Soekarno, Sayuti Melik, dan Soeharto
BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi
Bagaimana :
Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi
Di Mana :
Di  Jakarta
Kapan :
19 Mei 1992

Bacakan tulisanmu di depan kelompokmu! Mintalah mereka untuk memperhatikan kata baku dan kalimat efektifnya!

Ayo Mengamati
Hari libur, Dayu dan teman-temannya berjalan mengelilingi perumahan. Mereka melihat sekelompok orang sedang menanam pohon di lingkungannya. Banyak tanaman yang harus mereka tanam. Dalam waktu singkat, seluruhnya tertanam dengan rapi. Dayu dan teman-temannya kagum dengan warga tersebut. Mereka bersatu menjaga lingkungan dengan menanam pohon.

Tanaman sangat berguna bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah untuk membersihkan udara. Banyak penduduk Indonesia memanfaatkan tanaman sebagai pagar. Berikut adalah salah satu contohnya

Bacalah teks berikut dalam hati!
Beluntas adalah tumbuhan semak. Tumbuhan ini bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu banyak. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering, tanah keras, dan berbatu. Tingginya bisa mencapai tiga meter. Dengan habitat dan ciri fisiknya tersebut, beluntas banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Banyak rumah-rumah menggunakan beluntas sebagai pagar hidup.

Selain tumbuhan, hewan juga berguna bagi kehidupan manusia. Bacalah teks berikut! Kamu akan mendapat informasi manfaat suatu hewan terkait habitatnya.
Keong sawah atau tutut hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur. Keong sawah banyak hidup di sawah, rawa-rawa, pinggir danau, dan pinggir sungai kecil.

Keong sawah berguna untuk membersihkan lumut di kolam ikan. Keong membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air.

Bacalah informasi berikut!
Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan
1. Penghasil bahan pangan
Manusia memanfaatkan hewan untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.

2. Penghasil bahan sandang
Hewan memiliki manfaat terkait kebutuhan sandang, seperti kain sutra yang berasal dari serat kepompong ulat sutra. Domba dapat menghasilkan wol. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.

3. Penghasil bahan kerajinan
Kulit sapi dan kerbau dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan wayang kulit. Selain itu, bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok.

4. Penghasil pupuk organik
Kotoran berbagai jenis hewan, seperti sapi dan kambing dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan.

5. Penghasil tenaga
Tenaga gajah dimanfaatkan untuk mengangkut kayu.Tenaga kuda dimanfaatkan untuk menarik delman. Tenaga kerbau dimanfaatkan untuk membajak sawah.

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan
1. Bahan makanan
Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah batang, daun, bunga, buah, dan biji.

2. Bahan sandang
Serat kapas dapat dimanfaatkan untuk membuat kain katun.

3. Bahan bangunan
Kayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan untuk bahan bangunan.
4. Bahan obat
Banyak tanaman dimanfaatkan untuk obat. Jahe untuk mengobati batuk. Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal. Daun jambu biji untuk mengobati diare.

5. Bahan baku indsutri
Industri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan manusia. Getah karet digunakan dalam pembuatan ban. Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat. Kayu pinus digunakan dalam industri kertas. Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.

6. Bahan perwarna alami
Tanaman dapat digunakan sebagai pewarna: sawi dan pandan untuk warna hijau, wortel pewarna jingga, dan kunyit pewarna kuning.

7. Menjaga kualitas air
Tanaman bakau menjadi penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.

Dalam kelompok, berjalanlah mengelilingi halaman atau lingkungan sekolah. Pilihlah satu jenis tanaman dan hewan! Amatilah habitatnya! Tulislah manfaat hewan dan tumbuhan tersebut bagi kehidupan manusia!
Nama Hewan dan TumbuhanHabitatManfaat
Hewan AyamDaratSumber protein, bahan konsumsi makanan Habitat : habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.
Hewan SapiDaratSumber protein, diambil tenaganya, diambil daging dan susunya Habitat : Habitat asli di padang rumput dan hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.
Cacing IkanAIrSebagai sumber protein sangat tinggi bisa menjadi bahan makanan yang lain. Habitat : Ada di dalam air tawar maupun asin.
Hewan KudaDaratSebagai protein tinggi di ambil susu nya dan sebagai pembantu alat transportasi (delman/dokar/andong). Habitat : Habitat asli di padang rumput dan hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.
Hewan KucingDaratSebagai penjaga (rumah,kebun,ternak) Habitat : Habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.
Tumbuhan SambilotoDaratUntuk menekan sel kanker dan menjaga fungsi hati selain itu sebagai obat Tuberculosis., penyakit malaria, penyakit kencing manis, dan penyakit disentri. Tanaman ini biasanya hidup di darat.
Tumbuhan JatiDaratDaun sebagai pakan hewan dan kayu nya dimanfaatkan manusia untuk bahan industri meubel seperti meja,kursi,lemari hingga bahan bangun rumah. Jati hidup di daerah pegunungan berkapur.
Tumbuhan PadiAirPadi merupakan penghasil makanan pokok penduduk Indonesia. Padi ditanam di daerah persawahan.
Tumbuhan PisangDaratBuah mengandung vit. C, bunga jantung dan batangnya bisa di konsumsi makhluk hidup dan digunakan sebagai olahan bahan obat. Pisang tumbuh dengan baik pada dataran rendah.
Tumbuhan KangkungAirKangkung mengandung Iodium dan seng yang tinggi, membantu sistem pencernaan, banyak mineral untuk menjaga kesehatan ginjal.Kangkung biasanya hidup di daerah perairan

Diskusikanlah hasil pengamatanmu dengan teman sebelahmu! Apa yang kamu temukan berbeda dengan hasil pengamatanmu? Tulislah informasi pada tabel dalam bentuk tulisan!
Tumbuhan dan hewan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan. Misalnya ayam merupakan sumber protein, bahan konsumsi makanan. Tumbuhan sambiloto digunakan untuk menekan sel kanker dan menjaga fungsi hati selain itu sebagai obat Tuberculosis.

Ayo Berdiskusi
Amatilah gambar berikut! 
Rakyat Sejahtera

Gambar tersebut mencerminkan rakyat yang sejahtera. Mereka menikmati kemerdekaan dengan memperoleh kebebasan dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh pendidikan. 

Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang? 
Dengan adanya kemerdekaan para pedagang memperoleh kebebasan dalm melakukan pekerjaan.
Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar? 
Dengan adanya kemerdekann para pelajar memiliki kebebsan untuk menuntut ilmu dan memperoleh pendidikan
Apa yang harus dilakukan rakyat agar sejahtera? 
Agar sejahtera, kita wajib bahu-membahu melaksanakan kewajiban kita agar tujuan tercapai. 
Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai pelajar! 
  1. Selalu belajar dan berdoa dengan tekun.
  2. Berusaha sekuat tenaga meraih cita-cita.
  3. Berpikiran terbuka dan mau berubah
Negara yang besar adalah negara yang rakyatnya sejahtera. Agar sejahtera, kita wajib bahu-membahu melaksanakan kewajiban kita agar tujuan tercapai. Negara yang sejahtera dapat terwujud apabila rakyatnya bersatu bekerja keras mencapai tujuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.