Home » » Hal-hal yang Berkaitan dengan Lingkaran

Hal-hal yang Berkaitan dengan Lingkaran

Lingkaran juga merupakan suatu bentuk bangun datar. Contohnya roda, jam dinding, permainan bianglala, holahop dan alat-alat musik berbentuk lingkaran. Pada permasalahan sehari-hari, banyak contoh penerapan lingkaran seperti menghitung luas taman bentuk lingkaran, menghitung keliling roda sepeda, menghitung panjang lintasan roda bianglala, dan luas meja berbentuk lingkaran.

Benda benda di sekitar seperti holahop, roda, jam dinding, dan permainan bianglala. Holahop merupakan gambaran dari keliling lingkaran. Roda sepeda juga merupakan gambaran keliling lingkaran. Jeruji sepeda merupakan jari-jari pada lingkaran. Poros roda merupakan titik pusat lingkaran. Jam dinding merupakan gambaran dari luasan lingkaran. Permainan bianglala merupakan lingkaran dimana poros sebagai titik pusat lingkaran.

Beberapa alat musik berbentuk lingkaran. Rebana dan simbal merupakan contoh luasan lingkaran. Tamborin merupakan contoh keliling lingkaran. Alat musik rebana yang berasal dari daerah Timur
Tengah. Alat ini digunakan untuk melantunkan khosidah dan hadrah. Alat musik simbal yang berasal dari Turki. Alat ini digunakan pada sebuah grup marching band. Alat musik tamborin yang berasal dari Eropa dan digunakan pada permainan orkestra.

Lingkaran merupakan kumpulan titik-titik pada bidang datar yang jaraknya sama terhadap suatu titik tertentu. Hal-hal yang berkaitan dengan lingkaran adalah jari-jari, busur, tali busur, diameter, apotema, dan sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang berhubungan dengan lingkaran.
  1. Titik pusat lingkaran ialah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran.
  2. Jari-jari adalah segmen garis yang menghubungkan titik pusat dengan suatu titik pada lingkaran. Panjang jari-jari (r) sepanjang segmen garis tersebut.
  3. Busur adalah garis lengkung bagian tertutup pada lingkaran.
  4. Tali busur merupakan segmen garis yang ujung-ujungnya pada lingkaran.
  5. Diameter merupakan tali busur yang melalui pusat lingkaran. Diameter membagi lingkaran menjadi dua bagian yang sama besar.
  6. Apotema merupakan garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.
  7. Keliling (K) merupakan busur terpanjang pada lingkaran.
  8. Juring merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan dua jari-jari.
  9. Tembereng merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur.
  10. Luas merupakan daerah dalam yang dibatasi lingkaran.

Untuk dapat menyelesaikan soal matematika, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Tulis apa yang diketahui.
  2. Tulis apa yang ditanya.
  3. Tulis cara penyelesaian.
  4. Lakukan pengecekan kembali.
  5. Tulis kesimpulan jawabannya.
Dayu memesan pizza berbentuk lingkaran. Pizza tersebut memiliki diameter 30 cm. Pizza dipotong dan dimakan oleh Dayu. Dari gambar pizza tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan bentuk potongan pizza! Potongan pizza berbentuk juring. Karena dibatasi oleh busur dan dua jari-jari.
  2. Berapa panjang jari-jari pizza?  Jika diameternya dua kali panjang jari-jari atau d = 2 r, maka r =1/2 x d. Jika panjang diameter 30 cm, maka panjang jari-jarinya 1/2 x 30 sama dengan 15. Jadi, panjang jari-jari pizza 15 cm.
  3. Dapatkah kamu menyebutkan hal-hal lain yang berkaitan dengan lingkaran?
Piza

Ayo Mencoba
1. Apakah yang kamu ketahui tentang:
  • apotema,(Apotema merupakan garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.)
  • jari-jari,( Jari-jari adalah segmen garis yang menghubungkan titik pusat dengan suatu titik pada lingkaran. Panjang jari-jari (r) sepanjang segmen garis tersebut.
  • busur?(Busur adalah garis lengkung bagian tertutup pada lingkaran).

2. Apa yang kamu ketahui tentang hal-hal yang berkaitan dengan lingkaran? Perhatikan gambar di bawah ini!
Lingkaran
Dengan gambar di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Jari-jari adalah segmen garis yang menghubungkan titik pusat dengan suatu titik pada lingkaran. Panjang jari-jari (r) sepanjang segmen garis tersebut.
  • Busur adalah garis lengkung bagian tertutup pada lingkaran.
  • Tali busur merupakan segmen garis yang ujung-ujungnya pada lingkaran.
  • Diameter merupakan tali busur yang melalui pusat lingkaran. Diameter membagi lingkaran menjadi dua bagian yang sama besar.
  • Keliling (K) merupakan busur terpanjang pada lingkaran.
  • Juring merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan dua jari-jari.
  • Tembereng merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur.
  • Luas merupakan daerah dalam yang dibatasi lingkaran.
Simak Video Tentang Hal-hal yang Berhubungan dengan Lingkaran berikut ini.
3. Sebutkan banyak jari-jari pada gambar roda di bawah ini!
Roda
Banyak jari-jari roda ada 22 buah.

4. Jelaskan perbedaan tentang:
  • talibusur dengan diameter, Diameter melewati titik pusat, sedangkan tali busur tidak melalui titik pusat
  • tembereng dengan juring,Tembereng dibatasi oleh busur dan tali busur sedangkan juring dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur.
  • busur dengan keliling lingkaran, Luas merupakan daerah dalam yang dibatasi lingkaran sedangkan busur garis lengkung bagian tertutup pada lingkaran.
  • d. apotema dan jari-jari,jari jari ialah garis dari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran sedangkan apotema adalah garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran.

5. Dayu pergi ke sebuah supermarket untuk membeli teflon. Perhatikan gambar teflon berikut. Pada teflon tertulis 24 cm. Apakah artinya? Dapatkah kamu menentukan panjang jari-jari teflon tersebut?
teflon
Sesuai gambar wajan teflon tersebut berbentuk lingkaran. Ukuran wajan teflon biasanya dinyatakan dalam centimeter (cm) dan melambangkan diameter dari wajan teflon tersebut. Jari jari lingkaran adalah setengah dari diameter sehingga jari jari teflon adalah 12 cm.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.