Home » » Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Pembelajaran 4 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Ayo Membaca
Plastik: Solusi dan Masalah

Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kemasan dan botol air minum juga terbuat dari plastik.

Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang dibutuhkan plastik untuk terurai secara alami.
Sampah Plastik
Jadi, kamu dapat membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
3R
Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.

Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.

Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi. Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan. Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah.

Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!

Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca wacana di atas. Kamu harus dapat mengurangi dan membatasi penggunaan bahan-bahan dari plastik. Untuk itu, lakukan kegiatan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Diskusikan dengan temanmu! Apa yang dapat dilakukan untuk reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang)? Tulis hasilnya pada tabel berikut!
No.KegiatanTindakan
1.Reduce
  1. Ketika berbelanja membawa tas sendiri.
  2. Menggunakan produk yang dapat diisi ulang misalnya minuman isi ulang.
  3. Menghindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah plastik.
2.Reuse
  1. Memilih wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. 
  2. Menggunakan tas belanja dari kain dari pada menggunakan kantong plastik.
  3. Menggunakan botol plastik air minum sebagai pot bunga.
3.Recycle
  1. Memberikan sampah plastik kepada pemulung atau petugas kebersihan
  2. Membawa sampah plastik ke tempat daur ulang sampah plastik.
  3. Memisahkan sampah plastik dari sampah jenis lainnya.

Ayo Mengamati
Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman? Catatlah hasil pengamatanmu! Berikan tanda centang ( √) jika kamu menemukannya!
No.LokasiSampah Plastik
Kemasan Makanan
Sampah Plastik
Kemasan Minuman
1.Halaman belakang
2.Kantin-
3.Lapangan
4.Ruang Kelas--
5.Perpustakaan--
6.Halaman depan-
Ayo Menulis
Kamu telah melakukan pengamatan sampah plastik di lingkungan sekolahmu. Ceritakan hasil pengamatanmu secara tertulis. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!

Setelah melakukan pengamatan sampah plastik di lingkungan sekolah ternyata masih ada beberapa bagian dari sekolah yang masih terdapat sampah plastik. Di halaman belakang sekolah, di depan kantin, dan lapangan masih ada sampah plastik. Hal tersebut menunjukan kesadaran warga sekolah akan kebersihan masih kurang.

Ayo Berdiskusi
Bermusyawarahlah bersama seluruh teman di kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah. Tuliskan hasil musyawarah pada kolom di bawah ini!
No.Nama SiswaPendapat
1.UdinMengisi kembali botol minuman bekas dengan air matang dari rumah jika ke sekolah (reuse).
2.BudiMemanfaatkan ulang botol/wadah plastik untuk pot tumbuhan atau bentuk pekerjaan tangan yang lain.(reuse)
3.SitiKemasan botol plastik digunakan lagi sebagai wadah minyak goreng bekas atau tempat sabun cair.(reuse)
4.DayuPilih produk dalam kemasan kertas dibandingkan plastik. Kertas bisa terurai secara alami dibandingkan plastik (reduce)
5.EdoTidak menggunakan kemasan apapun berbahan dasar plastik untuk membawa atau membungkus nasi atau makanan lain. Gunakan daun pisang atau rantang.(reduce)
6.WawanTidak membuang sampah plastik di sembarang tempat, melainkan membuangnya ditempat yang telah disediakan bagi sampah plastik. (recycle)
7.SantiMengumpulkan dan memberikan sampah plastik kepada pemulung, tidak membuang dan membakarnya.(recycle)

Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).

Selain itu, penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. 3R terdiri dari Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Jawablah pertanyaaan di bawah ini!
  1. Apakah pendapatmu disampaikan di depan kelas?
  2. Apakah kamu mempunyai kesempatan untuk menyampaikan pendapat di depan kelas?
  3. Apakah hasil musyawarah sesuai pendapatmu?
  4. Apakah kamu akan menjalankan hasil musyawarah di kelas?
  5. Pentingkah bagi kamu memberikan pendapat saat musyarawah dilakukan? Tuliskan alasanmu!

Ayo Berlatih
Plastik tidak hanya digunakan untuk membuat perlengkapan dapur dan kantong kemasan. Plastik juga digunakan untuk membuat bola. Seperti bola pingpong dan bola sepak. Banyak permainan yang menggunakan bola. Contohnya antara lain bola tangan.

Kita akan bermain bola tangan menggunakan bola plastik. Lakukan pemanasan sebelum memulai permainan. Caranya dengan berlari keliling lapangan. Kemudian, lanjutkan kegiatan mengoper bola sebagai berikut.
Bola Tangan
Ayo, bermain bola tangan. Bacalah aturan permainannya.
  1. Permainan dimainkan di lapangan.
  2. Permainan dilakukan oleh dua kelompok.
  3. Setiap pemain harus memasukkan bola ke gawang lawan.
  4. Bola harus dioperkan pada teman satu tim. Setiap pemain harus mengoperkan bola setelah melangkah paling banyak lima langkah.
  5. Kelompok yang dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang dengan melempar, itulah pemenangnya!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:42 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.