Home » » Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku

Ayo Membaca
Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat benda-benda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!

Bacalah informasi berikut ini!

Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

Benda dari Logam
Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.
Aneka Benda
Benda dari Karet
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.

Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama temanmu!
Karet bersifat kuat dan lentur. Karet juga bersifat elastis, artinya, karet dapat ditarik memanjang dan jika dilepaskan akan kembali ke bentuk semula. Oleh karena itu, karet dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya membuat ban, alas sepatu, dan pembungkus kabel. Meskipun karet bersifat kuat dan lentur, tetapi tidak tahan api. Ingatlah, jangan sampai peralatan di rumahmu yang terbuat dari karet terkena api! Karet yang terkena api akan meleleh.

Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang terbuat dari bahan kaca, logam, atau karet Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!
No.Nama BendaBahan Pembentuk
1.GelasKaca
2.Pagar SekolahLogam/Besi
3.Daun JendelaKaca
4.Ban SepedaKaret
5.SpionKaca

Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Lengkapilah bagan berikut ini!
Sifat Bahan
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan
untuk membuat tempat sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?

Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut!
  1. Selalu membuang sampah yang telah kita gunakan pada tempatnya.
  2. Melakukan kegiatan Jumat bersih secara rutin.
  3. Melaksanakan piket kelas.
  4. Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah

Ingatlah kembali saat kamu melakukan musyawarah bersama teman-teman! Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah? Setiap anak boleh memberikan pendapat saat musyawarah.
  2. Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah? Karena dengan pendapat yang kita berikan akan membantu memberi masukan dalam musyawarah.
  3. Apa yang terjadi jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat? Jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat maka hasil keputusan hanya bersumber dari kedua orang tersebut.
  4. Apakah kita boleh memaksakan pendapat saat musyawarah? Kita tidak boleh memaksakan pendapat kepada orang lain.
  5. Tuliskan pengalamanmu tentang musyawarah. Apakah menurutmu musyawarah sudah berjalan lancar? Musyawarah berjalan dengan lancar.

Ayo Mencoba
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris? Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Satuan Panjang
Panjang mobil ayah Dayu adalah 410 cm Panjang mobil ayah Dayu dalam satuan m adalah
410 cm = 400 cm + 10 cm
= 4 m + 10 cm
= 4 m 10 cm

Ayo Berlatih
Ubahlah sesuai satuan yang diminta!
  1. 200 cm = 200 cm : 100 cm = 2 m
  2. 500 cm = 500 cm : 100 cm = 5 m
  3. 6 m = 6 x 100 cm = 600 cm
  4. 400 cm = 400 cm : 100 cm = 4 m
  5. 7 m = 7 x 100 cm = 700 cm
  6. 2 m 45 cm = 2 x 100 cm + 45 cm = 200 cm + 45 cm = 245 cm
  7. 4 m 32 cm = 4 x 100 cm + 32 cm = 400 cm + 32 cm = 432 cm
  8. 8 m 79 cm = 8 x 100 cm + 79 cm = 800 cm + 79 cm = 879 cm
  9. 4 m 8 cm = 4 x 100 cm + 8 cm = 400 cm + 8 cm = 408 cm
  10. 70 m 9 cm = 70 x 100 cm + 9 cm = 7.000 cm + 9 cm = 7.009 cm

Ayo Berlatih
Lakukanlah aktivitas berikut ini!
Pengukuran
  1. Perhatikan gambar benda yang harus kamu ukur!
  2. Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
  3. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
  4. Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
  5. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:26 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.