Home » » Pembelajaran 4 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Pembelajaran 4 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Dayu, Edo, Siti, dan Beni sedang mendiskusikan sebuah dongeng. Dongengnya menceritakan tentang bunga melati. Bunga melati ukurannya kecil dan berwarna putih. Baunya harum dan menyegarkan. Bunga melati digunakan dalam tradisi suku-suku di Indonesia. Berbagai suku menggunakan bunga melati dalam pernikahan dan tarian.

Bacalah dongeng berikut ini.
Diskusikan karakter yang ada dalam dongeng tersebut!

Bunga Melati yang Baik Hati
Di taman bunga kerajaan, tumbuh berbagai macam tanaman bunga yang bunganya sangat indah. Para putri senang sekali memandang dan menciumi bunga melati. Hal ini menimbulkan kecemburuan dari bunga-bunga yang lain.
Bunga Melati
Putri 1:“Wah………indah sekali bungabunga di taman istana ini.”
Putri 2:“Hei…..lihat bunga melati itu. Warnanya putih bersih dan harumnya semerbak memenuhi taman ini.”
Putri 1:“Mmmh……… aroma melati memang harum. Aku sangat menyukainya.”
Bunga Sedap Malam:”Aku tak habis pikir, mengapa para putri suka sekali dengan dirimu.”
Bunga Anggrek:“Iya, padahal dirimu berbunga kecil, berdaun besar, dan berbatang keras.”
Bunga Mawar Biru:”Walaupun engkau harum, namun mudah layu jika dijadikan pajangan di vas bunga. Karena pasti akan terlihat jelek sekali jika sudah layu dipajang di sana.”

Bunga Melati hanya diam dan tetap tersenyum. Senyumnya yang manis membuat keharuman
dirinya semakin merebak. Udara di taman bunga kerajaan bertambah wangi dan bertambah banyak kumbang yang datang.

Kedatangan para kumbang yang bertambah banyak, membuat semua bunga di taman bunga kerajaan menjadi senang. Mereka pun sibuk menyapa para kumbang dan mempersilakan mengisap sari madu yang ada pada setiap bunganya. Para bunga tentu tidak akan bisa berbunga lagi jika tidak ada kumbang yang datang dan mengisap sari madu mereka.

Bunga Sedap Malam dan bunga yang lainnya kini telah mengerti, kenapa Bunga Melati sangat wangi sekali. Bunga-bunga yang lain meminta maaf kepada Bunga Melati atas perasaan cemburu mereka. Kini mereka mengakui bahwa keberadaan Bunga Melati itu justru harus disyukuri.

Ayo Menulis
Tulislah 4 tokoh yang ada pada dongeng beserta dengan karakternya!
No.TokohKarakter
1.Putri 1 dan 2Suka pada bunga-bunga
2.Bunga AnggrekIri hati, berani meminta maaf
3.Bunga mawar biroIri hati, berani meminta maaf
4.Bunga sedao malamIri hati, berani meminta maaf
5.Bunga MelatiBaik hati, sabar, dan Pemaaf

Ayo Bermain Peran
Sekarang saatnya memerankan tokoh-tokoh yang ada pada dongeng “Bunga Melati yang Baik Hati”. Lakukanlah bersama kelompokmu!

Ayo Bercerita
Salah satu manfaat tumbuhan adalah untuk keindahan. Di rumah Dayu banyak bunga yang ditanam dalam pot. Dayu senang merawat bungabunga dalam pot.

Suatu hari Dayu sedang merasa bingung. Ia telah memecahkan pot bunga kesayangan ibu. Ia ingin meminta maaf kepada ibu, tetapi takut dimarahi. Bagaimana seharusnya Dayu bersikap?

Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Apa yang kamu lakukan saat setelah melakukan kesalahan? Benar, ketika kita melakukan kesalahan sebaiknya meminta maaf.

Dengan meminta maaf kita akan merasa lega. Hubungan dengan orang lain akan tetap baik. Untuk meminta maaf diperlukan keberanian. Anak-anak pemberani akan meminta maaf jika telah melakukan kesalahan.

Ceritakanlah pengalamanmu meminta maaf kepada teman!
Meminta maaf setelah melakukan kesalahan biasanya dilakukan kepada orang yang telah  disakiti. Misalnya saja saat bermain di halaman sekolah sering terjadi perseteruan dengan teman. Jika hal itu terjadi tentu harus segera meminta maaf. Dengan meminta maaf kita akan merasa lega dan hubungan dengan orang lain akan tetap baik.

Ayo Mencoba
Manfaat tumbuhan selain memberikan oksigen juga untuk tempat berteduh. Di bawah pohon yang rindang kita akan merasa segar dan sejuk. Kita dapat terlindung dari sengatan sinar matahari. Dayu dan teman-teman di kelas III melakukan kegiatan olahraga.

Lapangan di sekolah Dayu cukup teduh karena ada beberapa pohon rindang di sekitarnya. Mereka melakukan gerakan seperti gambar berikut ini. Yuk, kita ikuti gerakannya!
Meliuk
  1. Badan berdiri tegak.
  2. Merentangkan tangan ke samping.
  3. Memutar tangan ke depan 3 kali dan ke belakang 3 kali.
  4. Badan kembali berdiri tegak.
  5. Merentangkan kedua tangan ke atas.
  6. Meliukkan badan ke samping kanan dan kiri.
  7. Meliukkan badan ke kanan atas.
  8. Meliukkan badan ke kiri atas.
  9. Meliukkan badan ke atas (melentingkan badan).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:39 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.