Home » » Pembelajaran 5 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Pembelajaran 5 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Tahukah kamu? Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan. Ada berbagai jenis sayuran, buah, tanaman obat, dan tanaman hias. Tanaman hias terdiri dari berbagai jenis tanaman berbunga maupun tanaman tidak berbunga. Tanaman hias dimanfaatkan untuk penghias taman-taman, rumah, kantor, dan tempat umum. Hari ini kegiatan di sekolah melanjutkan bermain peran.

Ceritanya berasal dari dongeng “Bunga Melati yang Baik Hati”. Ada beberapa kelompok yang belum tampil dalam bermain peran, termasuk kelompok Dayu. Bekerja sama merupakan salah satu sikap baik yang perlu kita lakukan.
Bunga Melati
Ayo Menulis
Dalam dongeng “Bunga Melati yang Baik Hati” terdapat pesan yang patut kita contoh. Tulislah pesan yang terkandung dalam dongeng tersebut!
Bersikap baik kita lakukan karena dengan bersikap baik, kita pun akan mendapatkan kebahagiaan.

Ayo Mencoba
Bersikap baik sangat dianjurkan. Bersikap baik kita lakukan kepada manusia, tumbuhan, dan hewan. Dengan bersikap baik, kita pun akan mendapatkan kebahagiaan.

Jika kita bersikap baik terhadap tumbuhan maka tumbuhan akan memberikan banyak manfaat pada kita. Salah satu sikap baik yaitu mendoakan yang baik untuk orang lain. Misalnya saat Edo sakit, teman-temannya mendoakan Edo agar cepat sembuh.

Apakah kamu memiliki pengalaman mendoakan orang lain? Tulislah pengalamanmu pada tempat yang tersedia.

Ayo Berlatih
Salah satu contoh sikap baik adalah bersikap jujur. Dayu berusaha mengamalkan sikap baik ini. Saat mengerjakan tes, Dayu tidak pernah menyontek. Yuk, kita coba praktikkan sikap jujur saat mengerjakan soal-soal berikut!

Contoh soal
Dayu mengumpulkan biji kacang merah sebanyak 500 butir. Biji kacang merah ia letakkan pada kotak berwarna hijau. Siti mengumpulkan biji kacang merah sebanyak 610 butir. Ia meletakkannya pada kantong plastik. Berapakah jumlah kacang merah Dayu dan Siti?
500 + 610 = 1.110
Jumlah kacang merah Dayu dan Siti 1110 butir.

Jika tempat menyimpan kacang merah Dayu diletakkan dalam plastik. Kacang merah Siti diletakkan pada kotak berwarna hijau. Berapakah jumlah kacang merah Dayu dan Siti?
610 + 500 = 1.110
Jumlah kacang merah Dayu dan Siti tetap 1.110 butir.
610 + 500 = 500 + 610

Selesaikanlah soal-soal cerita berikut ini seperti contoh!
1. Edo mengumpulkan 530 helai daun nangka. Ia menyimpannya dalam kantong plastik hitam. Beni mengumpulkan 720 helai daun nangka. Ia meletakkannya dalam kantong plastik merah.

a. Berapakah jumlah daun yang dikumpulkan Edo dan Beni?
530 + 720 = 1250
Jumlah daun yang dikumpulkan Edo dan Beni 1.250 helai.

Tempat menyimpan daun milik Edo dan Beni ditukar. Daun Edo diletakkan pada kantong plastik merah. Daun Beni diletakkan pada kantong plastik hitam.
b. Berapakah jumlah daun milik Edo dan Beni?
720 + 530 = 1.250
Jumlah daun yang milik Edo dan Beni 1250 helai.

c. 530 + 720 = 720 + 530

2. Di rumah Lani sedang panen rambutan. Ayah memetik rambutan. Lani dan adiknya mengumpulkan rambutan yang dipetik ayah. Lani berhasil mengumpulkan 840 buah rambutan. Ia meletakkan rambutan pada bakul bambu. Adik Lani mengumpulkan 420 buah rambutan. Ia meletakkannya pada bakul plastik.

a. Berapakah jumlah rambutan yang dikumpulkan Lani dan adiknya?
840 + 420 = 1.260
Jumlah rambutan yang dikumpulkan Lani dan adiknya 1260 buah.

Jika tempat menyimpan rambutan ditukar, Lani meletakkan rambutan dalam bakul plastik. Rambutan adik Lani disimpan pada bakul bambu.
b. Berapakah jumlah rambutan Lani dan adiknya?
420 + 840 = 1.260
Jumlah rambutan Lani dan adiknya 1.260 buah.

c. 840 + 420 = 420 + 840
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:33 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.