Home » » Pembelajaran 5 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran 5 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Ayo Mengamati
Saat kecil Udin menggunakan sepeda roda tiga. Sekarang Udin sudah dapat menggunakan sepeda roda dua dengan lancar. Rajin berolahraga sepeda membuat kaki Udin menjadi lebih kuat dan badannya lebih tinggi.

Saat kecil Edo hanya dapat menendang bola. Sekarang, Edo sudah menjadi pemain bola yang hebat. Rajin berolahraga membuat badan Edo menjadi lebih kuat dan lebih tinggi.

Udin suka bermain sepeda. Edo suka bermain bola. Meskipun olahraga kesukaan mereka berbeda, tetapi mereka tetap rukun. Mereka saling menghargai perbedaan.
Pertumbuhan dan Perkembangan
Saat kecil Udin menggunakan sepeda roda tiga. Sekarang Udin sudah dapat menggunakan sepeda roda dua dengan lancar. Artinya Udin mengalami proses perkembangan.

Karena rajin berolah raga, kaki Udin jadi lebih kuat dan badannya tinggi. Artinya Udin mengalami pertumbuhan.

Saat kecil Edo hanya bisa bermain bola. Kini Edo sudah jadi pemain bola yang hebat. Berdasarkan gambar tersebut, Edo mengalami proses perkembangan.

Karena rajin berolahraga, badan Edo menjadi kuat dan badannya tinggi. Artinya Edo mengalami proses pertumbuhan.

Siti senang berolahraga lari di pagi hari. Dayu senang olahraga renang. Lani senang bermain lompat tali. Olahraga kesukaan mereka berbeda-beda. Walaupun kesukaan mereka berbeda, namun mereka tetap rukun bermain bersama.

Mereka juga suka saling membantu jika melihat teman yang mengalami kesulitan. Mereka saling menghibur pada saat sedih. Jika ada pekerjaan yang harus dikerjakan bersama, mereka selalu bekerja sama.

Ayo Menulis
Tuliskan pendapatmu mengenai beberapa hal berikut ini!
  1. Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan? Supaya tercipta kedamaian, dapat mempererat kesatuan, terwujudnya negara yang tentram dan aman.
  2. Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun? Dengan hidup rukun tali persatuan dan kesatuan terpupuk dengan baik
  3. Mengapa kita perlu bekerja sama? Agar pekerjaan yang berat akan menjadi lebih mudah jika kita melakukannya secara bersama-sama.

Ayo Berdiskusi
Apakah kamu dan teman-teman selalu hidup rukun? Apakah kamu dan teman-teman memiliki kesukaan olahraga? Coba tanyakan olahraga kesukaan teman-temanmu.
No.Nama TemanOlahraga Kesukaan
1.SitiKasti
2.BudiSepakbola
3.WawanRenang
4.DayuBola Voley
5.EdoSepakbola

Apa olahraga kesukaanmu? Ceritakan olahraga kesukaanmu dan manfaatnya terhadap tubuhmu di depan teman-temanmu!

Olah raga kesukaanku adalah bermain sepak bola. Bermain sepak bola sangat menyenangkan. Bermain sepakbola dapat menjalin kerja sama dengan sesama teman. Selain itu bermain sepak bola juga sangat baik untuk kesehatan.

Olahraga dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan manusia. Olahraga dapat membuat tubuh sehat. Tubuh yang sehat tidak mudah sakit. Dengan tubuh yang sehat kita dapat tumbuh dengan baik.

Rekreasi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Dengan rekreasi bersama teman, guru, atau keluarga kita semua menjadi lebih santai. Memberikan kesempatan beristirahat pada tubuh dan pikiran agar tetap segar.

Di tempat rekreasi biasanya dapat kita temui penjual tiket masuk dan para pedagang asongan. Harga tiket masuk dan harga barang atau makanan biasanya ada yang ribuan, puluh ribuan, bahkan ratus ribuan.

Kamu tentu pernah melakukan jual beli di tempat rekreasi. Salah satu pengetahuan yang diperlukan dalam jual beli adalah pengurangan. Selanjutnya coba kamu pelajari pengurangan dengan bilangan ribuan.

Ayo Berlatih
Contoh pengurangan tanpa teknik meminjam.
5.478 – 1.254 = ..
Pengurangan
.Cobalah menyelesaikan soal pengurangan berikut ini.
Soal Latihan
Manfaat dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Bagi anak-anak olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga memamncing organ pencernaan juga aktif bergerak. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi bagi tubuh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:46 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.