Home » » Pembelajaran 4 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran 4 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Makanan dan Kesehatan
Pagi ini anak-anak SD Nusantara bermain tarik tambang. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri atas Udin, Lani, dan Beni. Kelompok kedua terdiri atas Edo, Dayu, dan Siti. Semua senang sekali.

Tiba-tiba terdengar suara Edo mengaduh kesakitan. Rupanya Edo terjatuh dan tertarik oleh kelompok Udin. Semua temannya merasa sedih dan kaget. Mereka kaget karena Edo terjatuh. Edo anak terkuat di antara mereka. Pada setiap perlombaan Edo selalu menang. Mereka pun membantu Edo berdiri dan menghiburnya.
Makanan dan Kesehatan
Ternyata, pagi ini Edo lupa sarapan sehingga badannya terasa lemas. Edo bangun kesiangan dan
terburu-buru berangkat ke sekolah. Untuk menjadi kuat kita harus banyak berlatih dan makan dengan cukup.

Makanan diperlukan makhluk hidup karena merupakan sumber energi. Makanan bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap tumbuh dan sehat. Makanan yang dibutuhkan tubuh adalah makanan yang bergizi. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat makanan dalam jumlah berimbang. Zat makanan yang diperlukan tubuh meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Fungsi makanan tersebut bagi tubuh yaitu Penghasil energi, zat pembangun, dan zat pengatur.

Makanan bergizi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Setiap zat tersebut memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber tenaga. Protein berfungsi sebagai zat pembangun. Air, mineral, dan vitamin berfungsi sebagi zat pengatur.

Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks yang kamu baca!
  1. Apa yang sedang dilakukan oleh anak-anak SD Nusantara? Anak SD Nusantara sedang bermain tarik tambang.
  2. Mengapa Edo mengaduh kesakitan?
  3. Apa yang dilakukan teman-teman Edo saat Edo kesakitan? Mereka pun membantu Edo berdiri dan menghiburnya.
  4. Apakah kamu sarapan sebelum berangkat ke sekolah? Ya.
  5. Jika kamu menjawab tidak, tuliskan alasannya! Bangun kesiangan sehingga tidak sempat sarapan.
  6. Jika kamu menjawab iya, tuliskan makanan yang kamu makan saat sarapan! Makanan yang saya makan saat sarapan yaitu nasi dan sayuran.
  7. Apakah makananmu saat sarapan sudah termasuk makanan sehat dan bergizi? Ya sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh,

Siti suka sayur bayam. Dayu lebih suka wortel. Kedua sayuran itu makanan sehat. Mereka saling
menghargai makanan kesukaan masing-masing.

Lani suka ikan. Udin lebih suka daging. Kedua lauk itu makanan sehat. Mereka saling menghargai
makanan kesukaan masing-masing.

Edo suka kentang. Beni lebih suka roti. Kedua makanan itu makanan sehat. Mereka saling menghargai makanan kesukaan masing-masing.

Ayo Bercerita
Apa makanan kesukaanmu? Apakah makanan kesukaanmu termasuk makanan yang sehat dan bergizi? Ayo tulis dan ceritakan makanan kesukaanmu!

Aku suka sayuran Brokoli. Sayur kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, C, E dan kalsium yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh.

Contohnya brokoli. Gizi yang terkandung dalam brokoli antara lain seperti serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral zat besi mineral, yang semuanya diperlukan untuk tubuh yang sehat.

Kandungan itu berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mencegah kanker, meningkatkan kesehatan tulang, membantu melawan depresi dan masih banyak lagi.

Ayo Mencoba
Kamu sudah mengetahui bahan makanan berpengaruh pada kekuatan dan daya tahan tubuh. Olahraga juga berpengaruh terhadap kekuatan tubuh.

Cobalah lakukan permainan Kijang dan Rusa di bawah ini untuk melatih kekuatan tubuhmu!
Kijang dan Rusa
Kijang dan Rusa
  1. Anak-anak berdiri dalam dua baris.
  2. Mereka berdiri saling berhadap-hadapan.
  3. Buatlah garis di depan kedua barisan tersebut.
  4. Ambil jarak agar tidak berdekatan.
  5. Deretan yang satu diberi nama Rusa.
  6. Deretan yang lainnya diberi nama Kijang. Apabila guru memanggil Kijang, maka deret Kijang melompat ke depan, sedangkan deret Rusa berjalan ke belakang.
  7. Apabila guru memanggil Rusa, maka deret Rusa melompat ke depan, sedangkan deret Kijang berjalan ke belakang.
  8. Kelompok yang selalu benar mengikuti instruksi adalah pemenangnya.

Bagaimana perasaanmu setelah bermain? Menyenangkan bukan? Apakah kamu dan teman-teman kuat melakukan gerakan tersebut? Makan dan berlatihlah secara teratur agar kekuatan dan daya tahan tubuhmu bertambah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.