Home » » Pembelajaran 6 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran 6 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Ayo Menulis
Perhatikan gambar berikut di bawah ini! Buatlah suatu cerita berdasarkan gambar tersebut! Tuliskan ceritamu pada tempat yang tersedia!

Tidur termasuk faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan manusia. Setiap hari badan kita melakukan kegiatan. Tubuh kita menjadi lelah dan butuh istirahat. Salah satu cara istirahat tubuh kita adalah tidur. Saat tidur badan terasa lebih santai dan tidak tegang. Manusia juga mengalami pertumbuhan saat tidur.
Kegiatan Menjelang Tidur
Oleh karena itu, kita perlu tidur yang cukup untuk kesehatan tubuh kita, tidur juga tidak boleh terlalu lama, karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat. Ada hal yang dilakukan sebelum tidur. Mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa. Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.

Setiap hari kita melakukan kegiatan. Tubuh kita menjadi lelah dan butuh istirahat. Salah satu cara
tubuh kita beristirahat adalah tidur. Saat tidur badan terasa lebih santai dan tidak tegang. Manusia juga mengalami pertumbuhan saat tidur. Oleh karena itu, kita perlu tidur yang cukup untuk kesehatan tubuh kita. Tidur juga tidak boleh terlalu lama karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat.

Ada hal-hal yang dilakukan sebelum tidur, yaitu mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa. Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan tersebut.

Bagaimana caramu berdoa?
Ceritakan melalui tulisan!
Cara Berdoa
  1. Agama Islam : Dianjurkan menghadap kiblat. Mengangkat kedua tangannya dengan telapak tangan terbuka di depan dada, tepatnya di pertengahan dada. Tangan kembali seperti semula setelah selesai berdoa.
  2. Agama Kristen/Katolik : Doa dimulai dengan tanda salib (+) Dalam/Demi/Atas Nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus, Amin.
  3. Khonghucu : Umat Khonghucu pada pagi hari, sore, dan saat menerima rezeki melakukan sembahyang kepada Thian. Sembahyang ini mereka lakukan di depan meja sembahyang (altar) yang terdapat di rumahnya.  Hio dipegang tegak lurus, badan tegak lurus dan membungkuk mendalam secara sempurna.
  4. Agama Hindu : Sembah pertama tanpa bunga (sembah puyung) ucapkan mantra. Sembah ke dua yaitu Menyembah Sanghyang Widhi Wasa sebagai Sanghyang Aditya dengan sarana bunga. Sembah ketiga menyembah Sanghyang WIdhi Wasa sebagai Ista Dewata dengan Sara Kwangen atau Bunga. Sembah ke empat Menyembah Sanghyang Widhi Wasa sebagai pemberih anugerah, dengan sarana kwangen atau bunga.
  5. Agama Budha. Dengan tangan memegang hio/dupa, berlutut/ berdiri di atas lutut. Namaskara/pai kui pertama Saat dahi menyentuh bumi ucapkan: “aku berlindung kepada Buddha/Namo Buddhaya”. Namaskara/ pai kui kedua: Saat dahi menyentuh bumi ucapkan: “aku berlindung kepada Dharma/ Namo Dharmaya”. Namaskara/ pai kui ketiga: Saat dahi menyentuh bumi ucapkan: “aku berlndung kepada Sangha/Namo Sanghaya”. Ditutup dengan mengucapkan: “aku berlindung kepada Amitabha Buddha. Selesai berdoa, berdiri tancapkan hio sambil mengucapkan di dalam hati: semoga terjadilah hendaknya.
(Mohon koreksinya jika ada yang kurang tepat)

Ayo Berlatih
Udin mempunyai kegiatan lain sebelum tidur. Ia selalu mengaji, belajar, dan mengerjakan pekerjaan
rumah. Apakah kamu melakukan hal yang sama dengan Udin? Ayo, bantu Udin belajar mengerjakan latihan pengurangan! Pasangkan soal dan jawabannya!
Pengurangan

Dengan berolahraga tubuh kita menjadi sehat. Berolahraga akan membuat aliran darah lancar. Otot-otot tubuh pun menjadi lentur, padat, dan kuat. Akibatnya, tubuh pun menjadi kuat dan sehat. Olahraga harus dilakukan sesuai kemampuan. Anak-anak tidak boleh berolahraga terlalu berat. Hal ini dapat menyebabkan cidera. Olahraga juga dapat menyehatkan jiwa. Senam, lari, basket, dan renang merupakan contoh olahraga.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:55 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.