Home » » Pembelajaran 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup. Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri manusia sebagai makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi hingga dewasa. Setelah dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun, perkembangan emosi dan pikiran manusia terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi beberapa faktor.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar Udin berikut ini! Apa kamu dapat menemukan perubahan yang dialami Udin berdasarkan gambar tersebut?
Contoh Perkembangan
Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah tinggi dan berat badan udin bertambah.
Contoh Perkembangan1
Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah ketika bayi udin kesulitan memegang botol susu, namun sekarang udin sudah mahir menggunakan sendok dan garpu saat makan.

Proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya yang terjadi pada diri kita, kalau diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan saat ini.

Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal. Contohnya bayi yang baru lahir ukurannya + 45 cm dengan berat badan + 3 kg. Setelah mengalami pertumbuhan, tinggi badan dapat mencapai lebih dari 150 cm dan berat badan lebih dari 30 kg.

Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada manusia perkembangan juga menyebabkan perkembangan psikis dari usia bayi, anak-anak, dan menjadi dewasa. Kalau diperhatikan saat bayi kita kesulitan memegang botol susu, namun setelah dewasa bukan hanya memegang botol susu memegang sendok dan garpu pun dapat dilakukan dengan mudah.

Ayo Menulis
Apakah kamu mengalami pertumbuhan dan perkembangan seperti Udin?
Cobalah mencari tahu dari orang tuamu tentang pertumbuhan dan perkembanganmu dari sejak lahir sampai saat ini. Informasi yang dapat kamu tanyakan tentang pertumbuhan dan perkembangan misalnya berat dan tinggi badan saat lahir. Selain itu kamu juga dapat mencari informasi mengenai kemampuanmu dalam merangkak dan berjalan.
  1. Berapa berat badanku saat lahir?
  2. Berapa tinggi panjang badanku saat beru lahir?
  3. Pada usia berapa bulan aku mulai bisa merangkak?
  4. Pada usia berapa tahun aku mulai bisa berjalan?
  5. Pada usia berapa aku mulai dapat berbicara?

Lakukan kegiatan wawancara kepada orang tua di rumah untuk mendapatkan informasi tersebut! Tuliskan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.

Manusia sebagai makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Bertambah berat serta tinggi badan merupakan salah satu contoh pertumbuhan.

Kekuatan tangan manusia juga mengalami perkembangan. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar. Edo saat masih kecil kesulitan untuk memegang botol susu. Akan tetapi, setelah tubuh Edo bertambah besar dan kuat Edo dengan mudah dapat memegang tempat minum yang lebih berat dari botol susu.

Kekuatan tangan dapat dilatih melalui kegiatan olahraga dan menari. Kuat dan lemah dari gerakan tangan digunakan dalam menari. Coba lakukan gerakan kuat dan lemah pada tangan sesuai perintah berikut ini!
1. Lakukan gerakan kuat seperti orang yang sedang mendorong meja.
2. Lakukan gerakan lemah seperti orang memegang kapas.

Dapatkah kamu merasakan perbedaan dari kedua gerakan tersebut?

Ayo Menari
Mari mencoba berbagai contoh gerakan kuat dan lemah tangan pada saat menari.
Menari
  1. Gerakan pertama Gerakan pertama adalah mengangkat tangan kanan, lalu tangan kiri. Angkat tangan dengan kuat seperti sedang mengangkat beban.
  2. Gerakan kedua Gerakan kedua adalah turunkan kedua tangan secara perlahan. Kedua tangan diturunkan sambil menggerakkan jari-jari tangan menirukan air hujan turun.
  3. Gerakan ketiga. Gerakan ketiga adalah rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu, bengkokkan sehingga membentuk huruf “U”.
  4. Gerakan keempat. Gerakan keempat adalah gerakan memutar pergelangan tangan secara perlahan-lahan.
  5. Gerakan kelima. Gerakan kelima adalah mengacungkan tangan ke depan dengan kuat. Lalu, membalikkan kedua telapak tangan dengan arah yang berbeda.
  6. Gerakan keenam. Gerakan keenam adalah bertepuk tangan. Tepuk tangan dapat divariasikan dari gerakan yang lemah sampai kuat. Misalnya bertepuk dengan dua jari, empat jari, enam jari, delapan jari, dan terakhir sepuluh jari.

Lakukan kegiatan tersebut secara berulang. Ikuti kegiatan sesuai instruksi guru atau temanmu dalam sebuah permainan! Berdasarkan pengalamanmu berlatih menari, dapatkah kamu menunjukkan gerakan mana saja yang termasuk gerakan kuat dan lemah dari tangan?

Ayo Berlatih
Badan kita mengalami pertumbuhan. Kemampuan kita pun mengalami perkembangan. Pada saat kelas satu, kalian baru belajar nama dan lambang bilangan sampai bilangan puluhan. Lalu, berkembang menjadi bilangan ratusan dan ribuan bahkan puluh ribuan. Kalian juga sudah belajar penjumlahan dan pengurangan.

Mari kita coba pelajari penjumlahan bilangan ribuan menggunakan teknik menyimpan untuk meningkatkan pemahaman.

Contoh penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
2.653 + 3.302 = ...
Penjumlahan
Jadi, 2.653 + 3.302 = 5.955
Contoh penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Penjumlahan menyimpan
Angka 2 pada bilangan 1.200 ada pada tempat ratusan dan bernilai 200.
Angka 9 pada bilangan 2.900 ada pada tempat ratusan dan bernilai 900.
Jadi 200 + 900 = 1.100
1 ribuan pada bilangan 1.100 berpindah tempat ke tempat ribuan sehingga ditulis angka satu pada gambar di atas.

Cobalah menyelesaikan soal penjumlahan berikut ini!
Soal

Proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya yang terjadi pada diri kita, kalau diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan saat ini. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal. Contohnya bayi yang baru lahir ukurannya + 45 cm dengan berat badan + 3 kg. Setelah mengalami pertumbuhan, tinggi badan dapat mencapai lebih dari 150 cm dan berat badan lebih dari 30 kg. Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada manusia perkembangan juga menyebabkan perkembangan psikis dari usia bayi, anak-anak, dan menjadi dewasa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.