Home » » Pembelajaran 2 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pembelajaran 2 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Ayo Menulis
Apakah kamu masih ingat dengan tugas mewawancara orang tua pada pertemuan sebelumnya Gunakan informasi yang sudah kamu peroleh untuk menulis cerita tentang perkembangan dirimu!

Menurut cerita ibuku aku dilahirkan dengan panjang 49 cm dan berat 2,8 kg. Aku selalu diberi susu oleh ibu sehingga aku tumbuh semakin besar.. Ibu sangat menyayangi aku serta anggota keluarga yang lainnya.

Pada usia 7 bulan aku sudah mulai merangkak. Aku  merangkak maju dengan menggerakkan lengan kanan dan kaki kiri, kemudian lengan kiri dan kaki kanan secara bergantian. Aku terus tumbuh dan  berkembang.

Masih menurut ibuku aku mulai mengucapkan kata pertamanya pada usia 14 bulan. Selanjutnya pada usia 18 bulan saya sudah dapat mengucapkan beberapa kata. Tak semua bayi kecepatan perkembangannya sama dan setiap anak belajar berbicaranya bervariasi.
Perkembangan

Bagaimana perasaanmu setelah mendengar informasi tentang perkembanganmu? Apakah kamu juga mendapat informasi kapan kamu mulai bisa merangkak dan berjalan?

Ayo Mencoba
Ayo berlomba adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari dengan teman-temanmu!
Lomba Lari
Ikuti langkah-langkah kegiatan seperti berikut!
  1. Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
  2. Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
  3. Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish. Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
  4. Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.

Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.

Ayo Mengamati
Menghargai Perbedaan
Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua.

Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!
  1. Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi. Sikap yang akan kamu lakukan adalah. membantu mengambilkan benda.
  2. Kamu melihat temanmu yang kesulitan membawabarang bawaan. Sikap yang akan kamu lakukan adalah. membantu membawa barang bawaan.
  3. Kamu melihat temanmu yang kesulitan mengikuti gerakan tari. Sikap yang akan kamu lakukan adalah membantu mempelajari gerakan tari.

Ayo Berlatih
Ceritakan pendapatmu mengenai gambar tersebut di depan teman-temanmu!

Sikap saling menghormati antarsesama termasuk pengamalan sila kedua Pancasila. Kemanusiaan yang adil dan beradab Sila kedua berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Simbol sila kedua Pancasila adalah rantai. Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilainilai kemanusiaan. Saling menghormati, saling menyayangi, dan juga memperlakukan manusia lainnya dengan baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:43 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.