Home » » Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Bersyukur merupakan salah satu cara mengamalkan sila pertama Pancasila. Tuhan sangat menyayangi makhluk ciptaan-Nya. Tuhan juga sayang terhadap makhluk ciptaan-Nya yang saling menyayangi. Saling menyayangi sesama termasuk contoh pengamalan sila pertama Pancasila.

Cara bersyukur atas karunia kaki untuk berjalan bisa dilakukan dengan cara memelihara kaki. Menggunakan sepatu atau sandal agar terhindar dari benda berbahaya. Menggunakan untuk hal yang baik.

Mensyukuri badan yang tumbuh besar dengan cara menjaga asupan makanan. Badan yang kuat membuat energi makin kuat. Kekuatan digunakan untuk melindungi atau membantu yang lain.

Mensyukuri karena memiliki makanan dan minuman dengan cara berdoa sebelum dan sesudah makan.

Mensyukuri kemampuan bernapas dengan ikut menjaga lingkungan. Sehingga udara yang dihirup selalu bersih dan sehat untuk tubuh. Bersyukur atas keluarga yang menyayangi dengan cara menyayangi kembali semua anggota keluarga.

Ayo Menulis
Amati gambar berikut! Kemudian, sebutkan ciri makhluk hidup berdasarkan gambar tersebut. Tambahkan penjelasan mengenai sikap baik yang harus dilakukan berkaitan dengan gambar tersebut!
Aneka Kegiatan
  1. Gambar 1, keluarga Edo sedang makan bersama. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup perlu makanan untuk tumbuh. Makanan yang dibutuhkan adalah makanan yang bersih dan sehat. Sebelum dan sesudah makan sebaiknya kita berdoa sebagai tanda syukur kita kepada Tuhan.
  2. Gambar 2 keluarga Siti sedang berolahraga. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup dapat bergerak. Manusia bergerak dengan cara berjalan atau berlari. Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan alat gerak agar tetap sehat. Menggunakan sandal atau sepatu untuk menjaga dari benda-benda yang dapat melukai.
  3. Gambar 3 Beni menutup mata saat silau melihat cahaya matahari. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kemampuan spontan tersebut Tuhan berikan untuk menjaga organ tubuh kita. Salah satu cara mensyukurinya kita harus menjaga mata untuk tidak terlalu lama dan dekat saat menonton televisi karena itu akan sangat merusak mata.
  4. Gambar 4 keluarga Edo sedang berkumpul. Ada banyak saudara udin pada gambar. Artinya makhluk hidup berkembang biak. Berkembang biak untuk menjaga kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup.
  5. Gambar 5 keluarga Lani sedang menghirup udara di taman depan rumahnya. Gambar tersebut menunjukkan makhluk hidup bernapas. Manusia membutuhkan udara yang bersih. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga lingkungannya.
Menjaga kesehatan dengan cara menjaga makanan, makan sesuai kebutuhan, dan berdoa sebelum makan adalah bentuk syukur kita kepada Tuhan.

Menjaga tubuh agar tetap sehat dengan cara berolahraga juga merupakan cara kita bersyukur kepada Tuhan.

Bersyukur atas karunia keluarga yang diberikan oleh Tuhan dilakukan dengan cara bersikap saling menyayangi.

Bersyukur merupakan cara kita berterima kasih atas pemberian Tuhan. Bersyukur dilakukan dengan
cara berdoa dan melaksanakan perintah Tuhan dengan baik.

Bersyukur merupakan salah satu cara mengamalkan sila pertama Pancasila. Tuhan sangat menyayangi makhluk ciptaan-Nya. Tuhan juga sayang terhadap makhluk ciptaan-Nya yang saling menyayangi. Saling menyayangi sesama termasuk contoh pengamalan sila pertama Pancasila.

Amati gambar ikan berikut ini.
Gambar Ikan
Selesaikan soal yang ada pada gambar ikan tersebut.
  1. Warnai dengan warna merah bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan lebih dari 5.000.
  2. Warnai dengan warna kuning bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan kurang dari 5.000.
  3. Warnai dengan warna biru untuk hasil penjumlahan sama dengan 1.000.

Ayo Berlatih
Cobalah buat soal penjumlah dengan bahasamu sendiri! Mintalah temanmu untuk menyelesaikan soal tersebut!
  1. Lani memiliki 44 boneka binatang. Dia mendapat hadiah boneka dari paman sebanyak 32 boneka. Berapa jumlah boneka binatang Lani Sekarang?
  2. Jumlah buku pelajaran di kelas III ada 46 eksemplar. Pada tahun ajaran baru Sekolah membeli lagi sebanyak 78 eksemplar. Berapa jumlah buku pelajaran yang ada di kelas III ?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:34 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.