Home » » Masa Kemajuan Peradaban Islam di Dunia

Masa Kemajuan Peradaban Islam di Dunia

Menurut Harun Nasution sejarah Islam dapat dibagi menjadi tiga periode besar, yaitu Periode Klasik (650-1250 M), Periode Pertengahan (1250-1800 M), dan Periode Modern (1800 M-sekarang).

Periode klasik meliputi masa ekspansi, integrasi (penyatuan wilayah), dan masa keemasan Islam (650-1000 M), dan masa disintegrasi (1000-1250 M). Periode pertengahan juga memuat dua masa, yaitu masa kemunduran I (1250-1500 M) dan masa Tiga Kerajaan Besar (1500-1800 M).

Masa Tiga Kerajaan Besar juga terdiri dari dua fase, yaitu Fase Kemajuan II (1500-1700 M) dan Fase Kemunduran II (1700- 1800 M).

Sedangkan Periode Modern (1800-sekarang) adalah periode kebangkitan umat Islam, terutama setelah ekspedisi Napoleon yang berakhir di Mesir tahun 1801 M. Mereka tersadar dari tidur panjangnya dan melihat bahwa kemajuan peradaban sudah berpindah dari umat Islam ke dunia Barat. Kebangkitan tersebut kemudian melahirkan gerakan modernisasi dalam Islam.

Pada tulisan ini berkisar pada awal masa klasik (650-1000 M), masa Tiga Kerajaan Besar bagian pertama (1500-1700 M), dan periode kebangkitan umat Islam (1800-sekarang).

A. Kemajuan Intelektual
Para ilmuwan muslim pada umumnya menguasai lebih dari satu bidang keahlian, sehingga karya mereka juga menghiasi berbagai bidang keilmuan. Berikut diuraikan secara singkat bidang-bidang keilmuan yang mengalami kemajuan di berbagai wilayah kekuasaan Islam beserta para pakar di bidang masing-masing.
Kemajuan Intelektual
BidangTokoh dan Peranannya
Filsafat
  1. Abu Bakar Muhammad ibnu Al-Sayigh/Ibnu Bajjah karya monumentalnya adalah Tadbir al-Mutawahhid.
  2. Abu Bakar ibnu Thufail dari Granada banyak menulis masalah kedokteran, astronomi, dan filsafat. Karya filsafatnya yang sangat terkenal adalah Hay ibnu Yaqzhan.
  3. Ibnu Rusyd (1126-1198 M) dari Cordova. Dia juga ahli fikih dengan karyanya Bidayah al-Mujtahid, AI Kindi (805-873 M), dan Al Ghazali (450-505 H).
Kedokteran
  1. Ibnu Sina (Avicenna) mewariskan sekitar 267 judul buku, al-Qânûn fi at-Tibb merupakan buku yang terkenal di bidang kedokteran.
  2. Ibnu Rusyd (Averous) dari Andalusia. Al-Kulliyat, adalah salah satu bukunya yang terpenting dalam bidang kedokteran.
  3. Az-Zahrawi dari Cordova, adalah orang pertama yang mengenalkan teknik pembedahan organ tubuh manusia. 
  4. Ummi Al-Hasan binti Abi Ja’far dan saudara perempuan Al-Hafidz adalah dua orang ahli kedokteran dari kalangan wanita. 
  5. Tokoh-tokoh lainnya di bidang kedokteran antara lain: Hunain Ibnu Ishaq (809-874 M), Abu Bakar Muhammad Ibnu Zakaria Ar Razi (866-909 M), Abu Marwan Malik Ibnu abil ‘Ala Ibnu Zuhr (1091-1162 M), dan Abdul Qasim Az Zahrawi
Astronomi
  1. Ibrahim ibnu Yahya Al-Naqqash. la dapat menentukan waktu terjadinya gerhana matahari, menentukan berapa lamanya, dan berhasil membuat teropong modern 
  2. Az-Zarkalli, dari Cordova, adalah salah seorang ahli astronomi yang pertama kali mengenalkan astrolobe, yakni istrumen yang digunakan untuk mengukur jarak sebuah bintang dari horison bumi.
  3. Ibnu al-Haitsam, menulis buku berjudul Al-Manazir yang berisi tentang ilmu optik.
  4. Islah al-Majisti menulis Pengantar kepada Risalah Astronomi, berisi tentang teori-teori trigonometrikal. 
  5. Hasan al-Marrakusyi telah melengkapi pada tahun 1229 di Maroko yang berisi tabel sinus untuk setiap setengah derajat, juga tabel untuk mengenal benar-benar sinus, arc sinus dan arc cotangen.
  6. Observatorium Maragha, didirikan oleh Nasirudin At-Tusi, pada tahun 1259 di Azerbaijan.
MatematikaAl-Khawarizmi, di samping sebagai pakar astronomi dan geografi, ia juga ahli matematika sekaligus penemu angka nol dan penemu salah satu cabang ilmu matematika, Algoritma.

Beberapa bukunya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada awal abad ke-12 oleh dua orang penerjemah terkemuka, yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmatikanya, seperti Kitab al-Jam’a wa at-Tafriq bi al-Hisab al-Hindi, Algebra dan Al-Maqal fî Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah hanya dikenal dari translasi berbahasa Latin.
Fisika
  1. Abdul Rahman al-Khazini menulis kitab Mizanul Hikmah (The Scale of Wisdom), pada tahun 1121 
  2. Al-Kindi mewariskan sekitar 256 jilid buku. Lima belas buku di antaranya khusus mengenai meteorologi, anemologi, udara  (iklim), kelautan, mata dan cahaya, dan dua buah buku mengenai musik.
Kimia
  1. Jabir Ibnu Hayyan, ide-ide eksperimen Jabir sekarang lebih dikenal sebagai dasar untuk mengklasifikasikan unsur-unsur kimia, utamanya pada bahan metal, non-metal dan penguraian zat kimia.
  2. Abbas ibnu Farnas termasyhur dalam ilmu kimia dan astronomi. Dialah orang pertama yang menemukan pembuatan kaca dari batu.
Sejarah dan Geografi
  1. Ibnu Batuthah dari Tangier (1304-1377 M) mencapai Samudera Pasai dan China. 
  2. Ibnu Al-Khatib (1317-1374 M) menyusun riwayat Granada,
  3. Ibnu Khaldun (1322-1406 M) dari Tunis adalah perumus filsafat sejarah. 
  4. Tokoh-tokoh sejarah yang lain di antaranya: Ibnu Qutaibah (213-276H), Muhammad Ibnu Ishaq Ibnu yasar (85-151 H), Ath Thabari.
  5. Zamakhsyari (wafat 1144) seorang Persia, menulis Kitabul Amkina waljibal wal Miyah (The Book of Places, Mountains and Waters). 
  6. Yaqut menulis Mu’jamul Buldan (The Persian Book of Places), tahun 1228.
  7. Al-Qazwini, tahun 1262 nenulis Aja’ib al-Buldan (The Wonders of Lands),
  8. Muhammad ibnu Ali az-Zuhri dari Spanyol, menulis satu risalah teori geografi setelah tahun 1140. 
  9. Al-Idrisi dari Sicilia, menulis untuk raja Normandia, Roger II, yang kemudian diketahui sebagai sebuah deskripsi geografi yang paling teliti di dunia. 
  10. Al-Mazini di Granada telah menulis geografi Islam Timur dan daerah Volga, keduanya didasarkan atas perjalanannya.
  11. Muhammad bin Ahmad al-Maqdisi. Bukunya, Ahsan at-Taqasim, merupakan buku geografi yang nilai sastra Arabnya paling tinggi. 
  12. Karman. Al-Khawarizmi, buku geografinya berjudul Kitab Surat al-Ard yang memuat peta-peta dunia pun telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
GeometriAl-Khawarizmi (780-850 M.), An Nuraizi (770 M-833 M.), Ali Hasan Ibnu Haitam (965 M.- 1023M), dan Umar Khayam.
Kesenian
  1. Seni suara Spanyol Islam mencapai kecemerlangan dengan tokohnya Al-Hasan ibnu Nafi yang dijuluki Zaryab. 
  2. Studi-studi musikal Islam, seperti telah diprakarsai oleh para teoritikus al-Kindi, Avicenna dan Farabi, telah diterjemahkan ke bahasa Hebrew dan Latin
  3. Instrumen-instrumen yang lebih terkenal adalah lute (al-lud), pandore (tanbur) dan gitar (gitara).
  4. Tarian Morris di Inggris berasal dari Moorish mentas (Morise). Spanyol banyak menerapkan model-model musikal untuk sajak dan rima syair dari kebudayaan Muslim.
  5. Risalah musikal ditulis oleh Nasiruddin Tusi dan Qutubuddin Asy-Syairazi yang lebih banyak menyusun teori-teori musik.
Bahasa dan Sastra
  1. Al-Qali (901-67 M) dan Muhammad bin Hasan AI-Zubaydi (928-989) berjasa atas penyusunan tata bahasa (orang) Yahudi (Hebrew) yang secara esensial didasarkan atas tata Bahasa Arab.
  2. Ibnu Abd Rabbih mengarang Al-’Iqd Al-Farid dan Al- Aghani. Ali bin Hazm (terkenal dengan nama Ibnu Hazm) juga menulis sebuah antologi sya’ir cinta berjudul Tawq Al-Hamamah.
  3. Abd AI-Wahid bin Zaydan (1003-1071) dan Walladah (meninggal
  4. 1087), muwashshah dan jazal merupakan karya monumental yang pernah mereka ciptakan.
  5. Tokoh-tokoh lain di antaranya: Ibnu Sayyidih, Ibnu Malik pengarang Alfiyah, Ibnu Khuruf, Ibnu Al-Hajj, Abu Ali Al-Isybili, Abu Al-Hasan Ibnu Usfur, dan Abu Hayyan Al-Gharnathi
KepustakaanPerpustakaan AI-Hakam yang jumlah bukunya mencapai 400.000 buah. Di samping itu bursa buku adalah kegiatan yang sering ditemui di dunia Islam, terutama Baghdad dan Cordova
Fikih
  1. Abu Hanifah, pendiri Mazhab Hanafi, Malik bin Anas, pendiri Mazhab Maliki, Imam Syafi’i, pendiri Mazhab Syafi’i, dan Ahmad bin Hambal, pendiri Mazhab Hambali. 
  2. Tokoh lainnya adalah Abu Bakr ibnu Al-Quthiyah, Munzir ibnu Sa’id Al-Baluthi, Ibnu Hazm, dan lain-lain yang terkenal.
TasawufTokoh tasawuf di antaranya adalah; Rabiah al Adawiyah (713-801 M), Al Hallaj atau Abdul Muqith al bin Mansyur al Hallaj (244-309 H), Al Ghazali, Abdul Farid Zunun Al Misri (773-860 M), Abu Yazid al Bustami (874-947 M).

Beberapa Ilmuwan Muslim dan Karyanya
Untuk mengenal lebih jauh para ilmuwan muslim yang telah berjasa dalam memberi pencerahan terhadap dunia, berikut ditampilkan biografi singkat beberapa ilmuwan muslim.
TokohKarya
Al-Battanni (858-929 M)Al Battani dikenal sebagai Albatenius seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab yang lahir di Harran dekat Urfa.
  1. Pencapaiannya yang terkenal dalam astronomi adalah tentang penentuan Tahun Matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik. 
  2. Sejumlah rumus matematika, seperti persamaan trigonometri, persamaan sin x = a cos x, mengembangkan persamaan-persamaan untuk menghitung tangen, cotangen dan menyusun tabel perhitungan tangen.
Ibnu Sina (980-1037M)Ibnu Sina / Avicenna seorang filsuf, ilmuwan, penulis, dan dokter kelahiran Persia. Beliau mengarang lebih dari 450 buku pada beberapa bidang, terutama pada
bidang filsafat dan kedokteran.  Karyanya yang paling terkenal, Al-Qanun fi al-Thib merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.
Ibnu Rusyd (1126-1198 M)Abu Walid Muhammad bin Rusyd/Averos lahir di Cordova (Spanyol) pada tahun 520 H/1126 M merupakan filsuf jenius yang pengetahuannya ensiklopedik (bagai kamus). Karya-karya Ibnu Rusyd yang monumental adalah; Bidayat Al-Mujtahid, Kulliyaat fi At-Tib (Kuliah Kedokteran), Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa Asy-Syari’at.

2. Kemajuan Kebudayaan dan Seni Arsitektur
Di bidang kebudayaan dan pembangunan fisik, banyak terdapat bukti kejayaan Islam pada masa silam yang mengagumkan, baik dalam bentuk arsitektur bangunan maupun kerajinan tangan lainnya
ArsitekturKeterangan
Masjid/MuseumSebuah masjid/museum Aya Sofia yang asalnya sebuah gereja yang bernama Hagia Sophia dirubah menjadi masjid ketika ditaklukkan tentara Islam. Di Aya Sofia dipamerkan surat-surat Khalifah (Usmans Fermans) yang menunjukkan kehebatan Khalifah Usmaniyah
Kincir AnginDi banyak negeri Timur Tengah, masih dijumpai kincir untuk menaikkan air yang dibangun berabad-abad yang silam, kincir-kincir ini masih berfungsi hingga sekarang
IrigasiDi beberapa kota gurun pasir juga masih dijumpai sistem distribusi air bawah tanah, yang disebut Qana.
MasjidMasjid Sultan Ahmet, yang berhadapan dengan Aya Sofia dan merupakan Ikon Istambul. Masjid ini dibangun pada Abad 16 dan satusatunya masjid yang punya enam menara
TajmahalTajmahal, sebuah bangunan makam yang sangat indah dan terkenal di seluruh dunia dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum
UniversitasBerbagai masjid dan universitas di Mesir, Damaskus, dan Istambul masih berfungsi hingga kini, seperti Universitas al-Azhar di Mesir, yang merupakan universitas tertua di dunia;
Dam/KanalDi Spanyol, dibangun dam-dam, kanal-kanal diantara bangunan megah yang lain adalah mesjid Cordova (Mezquita) yang kini menjadi Katedral, kota Al- Zahra, Istana Ja’fariyah di Saragosa, tembok Toledo, istana Al-Makmun, mesjid Seville, dan istana Al-Hamra di Granada.
PemandianDi Cordova juga terdapat sekitar 900 pemandian. Karena air sungai tak dapat diminum, penguasa muslim mendirikan saluran air dari pegunungan yang panjangnya 80 Km.
Dam/KanalDi Spanyol, dibangun dam-dam, kanal-kanal diantara bangunan megah yang lain adalah mesjid Cordova (Mezquita) yang kini menjadi Katedral, kota Al- Zahra, Istana Ja’fariyah di Saragosa, tembok Toledo, istana Al-Makmun, mesjid Seville, dan istana Al-Hamra di Granada.
DrainaseDi Cordova kota ini sudah memiliki drainase yang bagus sehingga jalan-jalan tampak bersih dan asri..
KeramikBarang-barang dari keramik juga ditemukan, di samping barang logam, dengan pusat industrinya di Valencia, yang imitasinya belakangan ini diketahui baru ada pada abad ke-15 di Belanda. Industri keramik ini akhirnya juga sampai ke Italy.
TekstilTekstil mewah berupa karpet-karpet Spanyol, dengan Cordova sebagai pusat industri tenunannya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.