Home » » Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Poster adalah salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat. Umunya poster dipasang di tempat-tempat yang ramai dan strategis seperti sekolah, pasar, kantor, mall, puskesmas, dan lain-lain. Sifat informasi yang di sampaikan dalam poster umumnya bersifat mengajak.

Poster berfungsi untuk memberi tambahan pemahaman tentang suatu informasi kepada banyak orang atau para pembaca tentang apa yang ingin di sampaikan oleh pembuat poster melalui gambar dan kalimat yang singkat dan jelas. Poster juga digunakan sebagai media publikasi supaya masyarakat dapat membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Poster dibuat tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, misalnya untuk tujuan komersial, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus dipromosikan agar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya melalui poster. Ayo, kita mengenal poster sebagai bagian dari reklame.

Ayo Mengamati
Amati poster berikut
Poster
Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok
1. Bagaimana pendapatmu tentang poster tersebut? Jelaskan!
Poster tersebut di atas menyajikan informasi mengenai Pameran Batik dan Pameran Gerabah. Poster tersebut  dapat memikat para pembaca dan informasi yang disampaikan pun dapat dicerna lebih baik.
2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster?
Keterampilan yang dibutuhkan dalam membuat poster adalah kemampuan membuat desain dan penggunaan kalimat yang efektif.
3. Bisakah kamu menduga langkah-langkah cara membuat poster tersebut? Jelaskan.
Memilih kertas dan ukurannya, membuat garis, membuat sketsa, memberi warna.

Ayo Berkreasi

Proses Mendesain Poster dengan Tangan
Langkah 1
Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Merancang poster dengan tangan bisa sangat menyenangkan. Kamu akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak
indah dan menarik.

Langkah 2
Pilih kertas polos sesuai keinginan. Ketika kamu merancang poster dengan tangan, kamu dapat menentukan ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Langkah 3
Buatlah 3 garis tipis. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul postermu pada bagian ini. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari bawah halaman kertas). Kamu akan menulis informasi tentang hal-hal yang kamu ingin supaya orang lain mengetahuinya, misalnya mencantumkan tempat, tanggal, nomor telepon, seperti “Kunjungilah pameran kami!”
Membuat Poster
Langkah 4
Buatlah judul. Buatlah judul pada bagian atas kertas. Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis.
Kamu dapat menyesuaikan besar huruf dengan ukuran kertas.

Langkah 5
Buatlah catatan kaki. Gambar dan buat tulisan secara tipis pada bagian bawah kertas.

Langkah 6
Isi bagian tengah. Isi bagian tengah dengan gambar yang berkaitan dengan gagasan utama postermu. Untuk poster pameran seni, kamu akan membuat gambar yang berkaitan dengan pameran, misalnya
gerabah. Kamu dapat membuat satu atau beberapa gambar. Buatlah sketsa dengan tipis.

Langkah 7
Warnailah Postermu. Sekarang, setelah poster yang kamu rancang selesai dan kamu yakin dengan tampilannya, dengan hati-hati, gambarlah huruf-huruf dengan menggunakan spidol, pensil warna, atau krayon.

Langkah 8
Lakukan Eksperimen Silakan bereksperimen sesuai kreativitasmu.

Sekarang, saatnya kamu merancang poster dengan menggunakan tangan. Tuliskan rencanamu terlebih dahulu pada kolom berikut berdasarkan langkahlangkah di atas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.