Home » » Mengklasifkasi Teks Rekaman Percobaan

Mengklasifkasi Teks Rekaman Percobaan

Klasifikasi teks adalah proses memahami suatu teks sesuai dengan karakteristik dari teks tersebut. Pada tulisan ini jenis teks yang akan dipahami adalah teks rekaman percobaan. Teks rekaman percobaan merupakan sebuah teks yang berisi tentang percobaan yang dilakukan. Dalam sebuah percobaan tentunya ada tujuan, alat dan bahan, hasil, dan simpulan percobaan. Untuk dapat mengklasifikasi sebuah teks termasuk rekaman percobaan atau teks yang lain dilakukan dengan cara membaca teks tersebut dengan cermat. Jika diperlukan bacalah lebih dari satu kali sehingga dapat memahami teks tersebut dengan baik. Catatlah kata-kata sulit dan data yang ada dalam teks rekaman percobaan tersebut.

Klasifikasi Teks Rekaman percobaan
Langkah pertama klasifikasi teks rekaman percobaan dilakukan dengan menentukan struktur teksnya. Struktur teks adalah struktur yang menjadi bangunan teks rekmanan percobaan. Teks rekaman percobaan memiliki empat bagian struktur, yaitu tujuan serta alat dan bahan^langkah-langkah^hasil^kesimpulan. Kelompokanlah kalimat-kalimat yang membangun struktur teks tersebut. Klasifikasilah kalimat-kalimat yang membangun struktur teks rekaman percobaan Jebakan Tikus Sederhana. Setelah struktur teks terbentuk langkah selanjutnya adalah klasifikasi kata-kata sulit, carilah kata-kata sulit dalam teks tersebut lalu temukan definisinya menggunakan kamus. Selanjutnya setelah definisi teks ditemukan buatlah kalimat menggunakan kata-kata sulit tersebut. Perhatikan teks rekaman percobaan di bawah ini.

Jebakan Tikus Sederhana
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, harus ada cara untuk membasminya. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana. Sebenarnya, saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun atau memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
jebakan tikus
Untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas, bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya
Langkah-langkahKalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya! Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya! Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
HasilSetelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan. Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membun*h tikus tersebut.
SimpulanJebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.

Klasifikasi Kata Sulit
Teks rekaman percobaan “Jebakan Tikus Sederhana”  terdapat beberapa kata yang dianggap sulit.. Selanjutnya, buatlah kalimat dengan menggunakan kata atau frasa yang dianggap sulit!
No.Kata-kata SulitDefinisiContoh Kalimat
1.Pengeratorang atau hewan yang mengerat;Kehadiran Hewan pengerat di rumah tidak hanya menimbulkan risiko kesehatan yang serius tapi juga bisa merusak struktur bangunan.
2.Jebakanjebak; perangkap;Anda dapat juga menggunakan ranting yang kokoh dalam membuat jebakan ini, sesuaikan panjang yang diperlukan.
3.Elektronikalat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika;Komponen-komponen Elektronika makin bervariasi dan jenisnya pun bertambah banyak
4.Selaibubur dari buah-buahan yang dimasak dengan gula sampai kentalSelai kacang ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang telah disangrai.
5.Racunzat (gas) yang dapat menyebabkan sakit atau mati (kalau dimakan, dihirup):Racun bereaksi pada tubuh sedemikian rupa sehingga menyebabkan gangguan pada aktivitas normal tubuh, yang kita katakan sebagai keracunan sampai dapat menyebabkan kematian.
6.Kimiailmu tentang susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat;Zat kimia yang umum ditemukan sehari-hari antara lain adalah air, garam (natrium klorida), dan gula (sukrosa).
7.Membasmimemberantas; memusnahkan:Jika tanaman kita terserang hama atau penyakit tanaman, maka hal pertama yang terfikir di dalam benak kita yaitu membasminya menggunakan pestisida.
8.Diametergaris lurus melalui titik tengah lingkaran dari satu sisi ke sisi lainnya; garis tengahDiameter rata-rata bulatan Bumi adalah 12.742 km, atau kira-kira setara dengan 40.000 km /π.
9.Balokbarang yang menyerupai bentuk balok:Iglo adalah rumah atau tempat tinggal sementara, berbentuk kubah dan dibangun dari balok-balok salju.
10.Ramahbaik hati dan menarik budi bahasanya; manis tutur kata dan sikapnya;Praktek dan filosofi umum dari hidup ramah lingkungan sangat terkait dengan prinsip-prinsip keseluruhan pembangunan berkelanjutan.

Mengklasifikasi Data dalam teks
Di samping bisa memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks, diharapkan juga dapat mengklasifikasi data yang ada di dalam teks tersebut. Perlu diketahui bahwa teks terdiri atas sekumpulan data dan informasi yang membangun teks tersebut. Dalam teks “Jebakan Tikus Sederhana” dapat ditemukan data banyak , kemudian menentukan pada kalimat mana data tersebut ditemukan.
No.DataSumber data dalam KalimatStruktur Teks
1.tikus, hewan pengerat, sangat mengganggu, cara untuk membasminyaTikus merupakan hewan pengerat yang sangat membantu. Oleh karena itu, harus ada cara membasminya.Tujuan serta
alat dan bahan
2.cara membuat, jebakan tikus, sederhanaSalah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana.
3.membasmi tikus, menggunakan racun, alat elektronikSebenarnya, saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun atau memakai alat elektronik.
4.membuat jebakan tikus, ramah lingkunganNamun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
5.jebakan tikus, ramah lingkungan, Untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas, bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah.
6.bahan-bahan, membuat jebakan tikus, Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya
7.bahan, langkah pertama, melubangi emberKalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember.Langkah-langkah
8.ember, lubang pertama, lebih besarKedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya.
9.jalan dari balok, lubang lebih besarKetiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya!
10.kaleng bekas, ditengah-tengahKeempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya!
11.masukan kawat, lubang ember, kaleng bekas, selai kacangKelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
12.langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhanaSetelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan.Hasil
13.meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapurKamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. 
14.jebakan, menjerat atau menjebak, ember, tidak membun*hJebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membun*h tikus tersebut.
15.langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhanaJebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia.Simpulan
16.meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapurSelain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:50 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.