Home » » Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer Demi Air Bersih

Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer Demi Air Bersih

Perhatian dan peranan manusia terhadap lingkungan semakin meningkat pada zaman teknologi maju. Manusia meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya. Di sisi yang lain hasil pemanfaatan sumber daya alam menimbulkan penurunan kualitas lingkungan hidup.

Manusia selalu terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya tempat hidupnya dalam sebuah suatu hubungan timbal balik baik secara positif maupun negatif. Untuk lebih memahami hubungan antara manusia dan lingkungan, perhatikan gambar-gambar di bawah ini.
Siklus Air
  1. Fakta-fakta apa yang ditunjukkan gambargambar tersebut? Gambar atas menunjukkan lingkungan yang indah berupa areal persawahan yang subur. Gambar bawah menunjukkan anakanak usia SD sedang menanam bibit tanaman.
  2. Apakah lingkungan berguna bagi manusia? Mengapa? Lingkungan berguna bagi manusia, karena lingkungan menyediakan semua kebutuhan hidup manusia.
  3. Keuntungan apa yang diperoleh manusia jika menjaga lingkungan? Jika manusia menjaga lingkungan, semua kebutuhan hidup manusia dapat tercukupi.
  4. Apa akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan? Jika manusia tidak menjaga lingkungan, lingkungan menjadi rusak dan tidak memberikan manfaat bahkan dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia.
  5. Bagaimana kondisi lingkungan di sekitarmu? Lingkungan sekitarku terawat dengan baik.

Salah satu unsur penting dalam lingkungan adalah air. Air sangat diperlukan bagi kehidupan di bumi. Apa saja manfaat air?

Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer
Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru,

Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.

Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.

Setelah membaca bacaan ”Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”. Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta pikiran berikut.
Air
Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer
  1. Peristiwa apa yang terjadi? Warga di sebuah desa harus menempuh perjalanan jauh untuk memenuhi kebutuhan air bersih.
  2. Di mana peristiwa itu terjadi? Peristiwa itu terjadi di Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara
  3. Apa penyebab peristiwa itu terjadi? Peristiwa itu terjadi karena Kelurahan Waborobo terletak di  dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat.

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di bumi. Apa fungsi penting air bagi manusia dan kehidupan di bumi? Ayo, diskusikan.

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama
kelompokmu (4-5 orang).
1. Apa fungsi air bagi manusia?
2. Apa fungsi air bagi hewan?
3. Apa fungsi air bagi tumbuhan?
Manfaat Air
  1. Fungsi air bagi tumbuhan Air diperlukan oleh tanaman dalam proses fotosintesis.
  2. Fungsi air bagi hewan : Minum, Membersihkan diri, Sebagai tempat hidup hewan air
  3. Fungsi air bagi manusia : Minum, Memasak, Membersihkan tubuh, Mencuci bahan makanan dan pakaian
Diskusikan dengan orang tuamu, kegiatan-kegiatan yang menggunakan air dalam keluarga. Kegiatan-kegiatan itu dapat ditulis berdasarkan urutan peristiwa, misalnya dari bangun tidur sampai saat akan tidur lagi. Kegiatan yang Membutuhkan Air dalam Keluargaku antara lain
  1. wudhu
  2. mandi dan menggosok gigi
  3. mencuci bahan makanan
  4. memasak
  5. menyiram tanaman
  6. mencuci mobil
  7. minum
  8. mencuci pakaian
  9. mencuci sepatu
  10. membersihkan kaca jendela
  11. membersihkan kandang hewan peliharaan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....