Home » » Kegiatan Literasi 4 Ikrar Toleransi

Kegiatan Literasi 4 Ikrar Toleransi

Bangsa kita adalah bangsa besar dengan keragaman sosial dan budayanya. Keragaman tersebut terikat dalam semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Itulah yang menjadi dasar bagi kita untuk hidup rukun dengan mengedepankan sikap persatuan. Diperlukan juga kesadaran diri dari setiap warga negara Indonesia untuk berjiwa besar menerima perbedaan dengan mengedepankan sikap toleransi.

Toleransi adalah sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat. Contoh sikap toleransi antara lain : menghargai pendapat dan/atau pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita serta saling tolong-menolong untuk kemanusiaan tanpa memandang suku , ras, agama / kepercayaannya.

Indonesia terkenal dengan berbagai agama dan suku bangsa sehingga sikap toleransi sangatlah penting dalam hidup bermasyarakat. Berikut ini beberapa manfaat dari sikap toleransi di masyarakat:
  1. Menghindari peperangan atau perpecahan karena dengan belajar menghargai antar warga masyarakat dapat terhindar dari perpecahan.
  2. Mempererat hubungan antar manusia karena dengan adanya toleransi masyarakat sudah bisa menjalankan hidup berdampingan.
  3. Memperkuat persatuan dan kesatuan karena dengan adanya sikap toleransi masing-masing akan saling menghormati dan saling menghargai.
  4. Menimbulkan rasa cinta tanah air karena landasan utama Indonesia untuk menjadi negara besar dan kuat adalah adanya sikap rasa toleransi antarwarganya.
  5. Dapat menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah tanpa ada kekerasan.
  6. Dapat mengendalikan sikap egois karena kurangnya sikap toleransi bisa diakibatkan adanya rasa egois yang terlalu tinggi.
Keragaman Budaya
Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Namun keunggulan tersebut bisa menjadi masalah karena tidak adanya sikap toleransi. Untuk itu kita dapat melakukan hal-hal berikut agar tolerasnsi tetap terjaga.
  1. Belajar dan bermain dengan teman dan sahabat pena dari macammacam daerah.
  2. Berlatih menari macam-macam tarian, seperti Kecak, Gending Sriwijaya, tari Baris, Serimpi.
  3. Mengajak tetangga untuk bermain congklak, petak umpet, engklek, enggrang, gobak sodor, dan permainan lainnya.
  4. Mengajak teman yang baru pindah dari daerah lain untuk bercerita dan bermain bersama.
  5. Mengajak teman untuk tidak mengatakan “ih” terhadap budaya lain.
  6. Meminjam buku dari perpustakaan tentang macam-macam budaya.
  7. Membaca cerita-cerita daerah dan bermain dengan teman-teman.
  8. Mengajak teman untuk menyapa dan bermain dengan teman baru.

Nah, sekarang bacakan IKRAR TOLERANSI berikut! Bacakan di depan Guru dan teman-temanmu. Pada akhir kegiatan, jangan lupa meminta pendapat dan saran dari Guru dan teman-temanmu!

Ikrar Toleransi
  1. Saya tahu Indonesia memiliki suku dan budaya yang beraneka ragam. Oleh karena itu, saya akan mempelajarinya.
  2. Saya tahu setiap budaya memiliki ciri pembeda. Oleh karena itu, saya berjanji akan menghargainya.
  3. Setiap suku bangsa mempunyai, kesenian, bahasa, teknologi, pengetahuan, dan sistem kepercayaan yang wajib saya hargai dan hormati.
  4. Pengetahuan saya tentang kebudayaan orang lain masih sedikit. Oleh karena itu, saya berjanji akan mempelajarinya.
  5. Saya pun belum banyak mengetahui budaya milik sendiri. Oleh karena itu, saya berjanji akan mempelajarinya.
  6. Saya tahu ada masalah, bahwa orang lebih senang pada budayanya sendiri. Oleh karena itu, saya berjanji akan menghormatinya.
  7. Saya tahu ada masalah, bahwa orang sering merasa budaya daerahnya lebih baik. Oleh karena itu, saya berjanji akan menghargainya.
  8. Saya tahu banyak kebudayaan asing masuk ke negeri kita. Oleh karena itu, saya berjanji akan lebih waspada dalam menerima kebudayaan tersebut. Saya juga berjanji untuk lebih memperhatikan kebudayaan negeri kita sendiri

Negara kita ini adalah negara dengan beribu-ribu pulau dan beragam budaya, adat, ras, etnis, bahasa, agama dan lainnya. Semua itu dicantumkan ke dalam semboyan kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Sikap toleransi akan semakin dibutuhkan ketika perubahan zaman terjadi. Generasi di masa depan akan mengalami budaya baru yang lahir dari perilaku manusia itu sendiri, maka sikap toleransi tetap sangat dibutuhkan agar tidak menimbulkan pertikaian dan kesalahapahaman.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.